√ 2019 – 5 Tips Membuat Toko Online Yang Pasti Berhasil

Tips Membuat Toko Online – Dari tahun ke tahun, dunia online terutama dalam bidang bisnis akan terus berkembang. E-commerce dan marketplace kini menjadi salah satu fakotr yang menggerakan roda perekonomian di Indonesia. Baik pembeli dan penjual, semua pelaku ekonomi gencar beraktivitas melalui genggaman tangannya.

Sebagai seorang pengusaha, ada baiknya kita juga tahu mengenai trend bisnis yang berkembang di masyarakat. Banyaknya toko online yang bermunculan di internet membuat kita perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai toko online terbaik dan terpercaya sehingga nantinya kita tidak zonk. Sebagai pembeli : Sudah transfer uang untuk pembelian, eh barangnya tidak datang – datang. Sebagai penjual : calon pembeli udah tanya ini – itu, eh ga jadi beli. Kan kezel. Dengan menggunakan platform toko online terbaik dan terpercaya, pembeli dan penjual sama – sama diuntungkan.

Setelah kita menyadari bahwa toko online mempunya peran penting dalam kesuksesan bisnis kita, tentunya kita akan semakin memperhatikannya bukan. Terlebih lagi untuk kita yang baru mengenal dunia online dan ingin mengembangkan bisnis melalui toko online. Yuk simak artikel berikut untuk tips membuat toko online :

Baca juga : √ Terbaru (2019) | Ide Nama Olshop yang Bagus/Keren/Islami

Tips Membuat Toko Online Terpercaya :

#1 Fokus pada Pengguna

20190520 - Tips Membuat Toko Online - Fokus Pada Pengguna-min

Saat Anda mulai beralih ke dalam bisnis online, maka orientasi Anda bukanlah hanya pelanggan, tetapi pengguna dan pengunjung website Anda. Hal ini dikarenakan toko online memiliki perlakukan yang sama dengan toko fisik.

Sama halnya dengan seseorang yang ingin mengunjungi toko fisik Anda, mereka yang ingin membeli produk dari Anda pasti akan berfikir kembali ketika melihat toko competitor lebih baik dari toko Anda. Karena pengunjung adalah mereka yang datang dan INGIN MEMBELI, bukan PASTI MEMBELI.

Calon pelanggan bisa datang dari mana saja loh, jadi pastikan admin dari tokomu memiliki itikad dan sikap yang baik dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan dari pengunjung toko online Anda.

Baca juga : Peluang Bisnis Tanpa Modal untuk Anak Muda

#2 Mempromosikan Toko Online Anda

20190520 - Tips Membuat Toko Online - Promotion-min

Setelah kita memiliki toko online, tentunya kita ingin mengisi dengan produk dan jasa yang kita miliki bukan. Beberapa toko online terbaik yang ada adalah : (1) ngurusduit.com yang akan membantu Anda untuk management keuangan; (2) mydashboard.tech yang memberikan jasa pembuatan dashboard excel; (3) Akademi Bisnis Digital (ABDI) yang menyediakan produk sehingga Anda dapat langsung berjualan online.

Produk dan jasa yang kita miliki tentunya perlu kita tawarkan kepada pasar. Hal ini disebut dengan PROMOSI! Dan promosi adalah salah satu tips membuat toko online yang penting.

Satu hal yang paling penting dalam mempromosikan olshop adalah : JANGAN ASAL COPY PASTE.

Untuk materi dan konten yang ada di dalam toko online Anda, tidak harus yang terlalu sempurna ataupun sophisticated. Sebisa mungkin perlu memuat beberapa informasi penting seperti :

  • Logo Usaha atau Bisnis (Belum punya? Bikin logomu di canva.com)
  • Profil Usaha
  • Galeri Produk dan Harga
  • Cara dan Formulir Pemesanan
  • Kontak Anda

Apabila informasi – informasi tersebut sudah ada, sekarang tinggal mempromosika toko online Anda. Tentunya adalah untuk mendapatkan kunjungan dan trafik ke website kita. Kita bisa menarik traffic dari media social seperti Facebook, Twitter, Instagram ataupun situs social media lainnya. Pastikan Anda juga menggunakan caption ig keren sehingga banyak orang yang tertarik!

#3 Mendapatkan LEADS Sebanyak Mungkin

20190520 - Tips Membuat Toko Online - Mendapatkan LEADS sebanyak mungkin-min

Apa itu LEADS? Mungkin banyak dari Anda yang masih merasa asing dengan kata LEADS. Mungkin juga Anda sudah pernah mendengar tetapi masih kurang paham dengan artinya.

Kata lain yang mungkin sering Anda dengar adalah prospek atau potential buyer. Pada dasarnya LEADS = PROSPECT = POTENTIAL BUYER. Jadi secara definisi, LEADS adalah orang yang menunjukkan niat untuk membeli produk dan jasa yang kita tawarkan.

Di dunia nyata, kita dapat dengan sangat mudah mengetahui LEADS ini. Apabila saya mempunyai sebuah toko furniture, maka orang yang masuk ke dalam toko adalah LEADS kita.

Hal yang berbeda terjadi di dunia online. Kita tidak dapat berinteraksi dengan LEAD secara langsung karena kita tidak dapat melihat mereka. Namun, bukan berarti kita tidak dapat mengenali mereka. Ciri – ciri LEADS adalah :

  • Orang yang comment, like dan subscribe channel facebook kita.
  • Orang yang mengunjungi website baik secara organic ataupun non organic
  • Orang yang memfavoritkan lapak online kita di Tokopedia ataupun Bukalapak

Kita bisa mulai dengan mengumpulkan setiap data pengunjung yang datang ke dalam toko online/fanspage/website kita. Caranya? Cukup mudah! Kita dapat menggunakan fitur newsletter untuk pelanggan. Pelanggan akan diminta untuk memasukkan nama dan alamat email mereka sehingga nantinya dapat kita gunakan untuk mengirimkan penawaran produk. Dengan cara ini tentunya database pelanggan dan pengunjung kita akan jauh lebih banyak.

#4 Terus Lakukan Pengembangan

20190520 - Tips Membuat Toko Online - Mengembangkan Diri Sendiri-min

Setelah kita lakukan tips membuat toko online dari yang pertama sampai yang ketiga. JANGAN MERASA PUAS. Pengembangan toko online dan website perlu kita lakukan secara terus menerus.

Alasannya simple. Perkembangan teknologi mengenai website dan SEO terus terjadi setiap saat. Saat kita mulai merasa puasa dan hanya mengandalkan yang sekarang ini. Kita akan segera menjadi dinosaurus.

Kita harus terus mengupgrade diri kita dengan mencari referensi, mulai dari fitur, tampilan sampai dengan proses promosi.

Kata Kata Motivasi Diri : “Investasi yang tidak akan pernah rugi adalah investasi pada diri sendiri!”

 

#5 Mentor dan Komunitas yang POSITIF

20190520 - Tips Membuat Toko Online - Mentor dan Komunitas yang Positif-min

nomor 5 dari daftar tips membuat toko online ini adalah yang terpenting. Bagis Anda yang hendak mengembangkan bisnis online dengan serius, saya menyarankan Anda untuk mulai mencari mentor. Tentunya dialah yang akan membimbing dan menunjukkan Anda jalan di masa – masa awal, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Mentor ini bisa jadi teman, guru, atau pelaku bisnis yang Anda anggap sudah jauh lebih berhasil dalam bidang bisnis yang ingin kita geluti.

Selain itu, bergabunglah dengan komunitas – komunitas bisnis yang memiliki visi sama dengan Anda. Ini akan mendukung proses belajar Anda menjadi lebih terarah dan kondusif.

Dengan kehadiran mentor dan komunitas yang positif, Anda bisa mempercepat perjalanan Anda sampai ke puncak! Akselerasi sukses! Itu dia kata kuncinya. Hal ini menjadi BISA karena kita tidak memerlukan proses trial and error lagi.

Semakin sering Anda bertemu dan berdiskusi dengan orang – orang yang memiliki vibrasi sama, maka akan semakin besar peluang Anda untuk sukses. Mentor dan Komunitas adalah aset yang penting untuk Anda dapat melangkah maju.

Tentunya, untuk dapat berhasil kita perlu memiliki niat baik untuk membantu orang lain. Jangan hanya mementingkan diri sendiri. GIVE and TAKE. Artinya berikan dulu apa yang kita punya sehingga kita akan mendapatkan hikmah dari apa yang kita berikan. Jangan terbalik.

Akademi Bisnis Digital adalah salah satu komunitas di mana semua orang mempunyai visi yang sama untuk sukses. Memiliki niat yang tulus untuk sukses. Mempunyai vibrasi yang sama untuk sukses. Dan tentunya memiliki peluang yang sama untuk sukses. Bergabunglah bersama saya di Akademi Bisnis Digital untuk kita bersama – sama melangkah menuju sukses.

Orang bijak pernah berkata, “THE MOST DILIGENT SURVIVE!”. Artinya orang yang paling tekunlah yang akan bertahan.

PENUTUP

Terima kasih untuk Anda para pembaca yang telah rela meluangkan waktu untuk kita belajar bersama dalam membangun bisnis secara online. Ada baiknya untuk Anda juga melengkapi pengetahuan Anda dari referensi lain atau bahkan praktek secara nyata.

Jika Anda merasa tips membuat toko online ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikannya kepada keluarga, pasangan dan orang – orang yang sekiranya sedang membangun kerajaan bisnis mereka!

SALAM SUKSES LUAR BIASA!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...