Blogging

Aplikasi Penghasil Uang untuk Hobi Menulis

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, menjadi penulis buku atau novel bukanlah perkara mudah. Penulis dulunya harus mencetak novel atau karya tulisannya ke penerbit. Peluang karyanya untuk terbit nyatanya sangatlah kecil. Bahkan, banyak sekali karya tulisan yang tidak dilirik sama sekali. Sangat sedih, kan? 

Tetapi, untungnya sekarang kondisi sudah jauh berbeda. Perkembangan teknologi digital yang cepat, membuat segala aktivitas menjadi lebih cepat, sederhana, dan mudah. Jika kamu memiliki kemampuan menulis cerita, buku atau novel, kamu bisa menuangkannya melalui aplikasi menulis cerita. 

Tak hanya untuk menguji kemampuan atau skill menulis kamu, namun dengan aplikasi menulis cerita ini, kamu bisa dapat uang tambahan jutaan rupiah. Bahkan, jika mencapai target pembaca tertentu, bisa mendapatkan bonus puluhan juta rupiah. 

Dengan aplikasi ini kamu bisa lebih efisien dalam menuangkan ide kamu dan lebih mudah untuk mendapatkan pembaca. Selain itu, kalau kamu memiliki tulisan yang menarik dan unik, kamu juga lebih mudah bekerja sama dengan penerbit untuk mempublikasikan karyamu. 

7 Aplikasi penghasil uang dari menulis.

Ini dia beberapa aplikasi penghasil uang dari hobi kepenulisan. Cek yuk!

1.      Dreame.

Salah satu aplikasi menulis novel online yang sedang naik daun adalah Dreame, dimana kamu bisa dibayar secara tunai. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Dreame untuk membaca cerita atau novel dari penulis lain yang sudah ada di aplikasi Dreame. Asyik banget, kan!

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan di Dreame, salah satunya kamu bisa mendapat editor khusus, tulisan dibayar di muka, royalti dan lainnya. Sedangkan pembaca juga bisa mendapat hadiah hingga puluhan juga jika mengikuti kontes baca atau program menarik lain di Dreame.

Di Dreame, kamu bisa mengajak orang-orang untuk membaca cerita kamu dan menekan tombol love dan like. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh koin. Tak menyediakan untuk pembaca saja, Dreame juga sering mengadakan kompetisi untuk penulis dengan hadiah hingga jutaan rupiah.

2.      Novelme

Salah satu platform web novel yang ada di Indonesia dan memiliki berbagai jenis genre seperti genre fantasi, aksi, romantic, horror dan sebagainya. Bagi kamu yang seorang penulis, kamu bisa menulis di aplikasi Novelme ini dan mendapatkan royalti dari setiap penjualan novel per bab yang kamu tulis disitu.

Novelme juga sering membagikan hadiah untuk siapa saja yang mengikuti kompetisi next top writer. Meskipun dengan perubahan pengaturan yang berbeda yakni untuk setiap bab berbayar. Namun. cara ini adalah salah satu trik untuk meningkatkan penghasilan dan taraf hidup penulis di Indonesia. Hal ini juga bertujuan agar penulis dapat memiliki penghasilan yang tetap.

3.      Noveltoon

Platform menulis online yang sudah jutaan penggunanya adalah Noveltoon. Disini kamu bisa menulis cerita hanya dengan mendaftar pada aplikasi ini. Supaya mendapatkan reward yang banyak, kamu harus lebih rajin dalam membuat cerita yang unik dan menarik sehingga pembaca menjadi lebih tertarik untuk membaca cerita kamu.

Saat kamu mulai memiliki banyak penggemar, maka karya tulisanmu akan mendapatkan reward apalagi jika karyamu tembus 30 ribu kata. Kamu bisa mengajukan tanda tangan kontrak untuk bisa dapat penghasilan pokok. Noveltoon sendiri menerapkan hasil bagi dari pendapatan berbayar, hasil iklan hingga reward pembaca.

4.      Storial

Storial adalah platform khusus untuk membaca dan menulis secara online. Di storial kamu bisa berkolaborasi dengan penulis lain untuk menghasilkan suatu karya. Jadi kamu bisa berbagi pendapat dan pengalaman baru menulis karya bersama penulis lain. Kamu juga berdiskusi dengan komunitas yang ada di Storial.

Bersama dengan nulisbuku.com, Storial akan menerbitkan karya tulisan para penulis yang ada di aplikasi ini. Kamu bisa dapatkan royalti dengan minimal pembaca sebanyak 500. Pada Storial juga terdapat fitur Storial premium chapter dan Storial wallet untuk monetisasi dan dompet digital.

Dalam Storial wallet, pembaca dapat mengelola storial coin untuk membaca karya penulis yang berbayar. Koin ini nantinya yang akan menjadi royalti bagi penulis.

5.      Joylada

Aplikasi ini sedikit berbeda dari yang lain karena Joylada ini adalah aplikasi novel chat pertama yang ada di Indonesia. Sangat unik karena Joylada memberikan cerita dalam bentuk chat. Kamu bisa menulis ceritamu di Joylada dan dapatkan royaltinya.

Bisa dengan mendaftar dengan Facebook atau membuat akun baru, kamu bisa langsung membuat cerita kamu. Dalam setiap postingan karya yang kamu publish, pembaca akan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi terhadap pembaca. 

Nantinya setiap 200 gift setara dengan Rp 550. Hadiah ini bisa ditukar dengan uang tunai. Pihak Joylada akan menggaji penulis dengan minimum penghasilan Rp 100.000 setiap bulan tanggal 15.

6.      Innovel

Berbeda dari aplikasi lain yang menyediakan berbagai genre, Innovel fokus pada 2 genre yang disajikan baik untuk pembaca dan penulis yakni genre Adult dan Teenage. Aplikasi ini sangat digandrungi karena untuk menulis cerita disini sangatlah mudah dan bayaran untuk penulisnya juga tergolong lumayan banyak.

Saat mulai menulis sebuah karya, maka penulis bisa langsung mendapatkan bayaran. Setelah karya yang kamu tulis tamat, kamu juga akan mendapatkan bayaran lagi. Jika tulisan kamu berhasil masuk kategori baca berbayar di Innovel, maka kamu juga akan mendapatkan komisi lain.

Novel ini akan ditampilkan dalam beberapa bagian seperti novel yang top rate, best seller, like me like you do, novel gratis dan masih banyak lainnya.

7.      WeRead

Aplikasi WeRead memungkinkan kamu untuk membaca cerita menarik yang tidak bisa kamu temukan di platform lain. Uniknya kamu bisa sesuaikan atau personalisasi genre cerita yang akan ditampilkan di beranda aplikasi WeRead ini.

Misalnya, jika kamu suka baca novel romantis atau cerita horor, kamu bakal dapat lebih banyak rekomendasi novel atau bacaan dalam kategori tersebut. Kamu bisa menulis karyamu di WeRead dan jika karyamu sudah lebih dari 20000 kata. Kamu bisa mengajukan kontrak eksklusif di platform ini. 

Jadi, kamu bisa menghasilkan karya sekaligus menghasilkan uang dari aplikasi WeRead ini. Apalagi jika kamu sudah tanda tangan kontrak eksklusif dengan WeRead, kamu bisa dapatkan 50% total pendapatan saat pembaca membaca karya yang kamu tulis.

Wah, gimana pembahasan soal tujuh aplikasi penghasil uang dari hasil menulis di atas? Menarik, kan! Tak hanya bisa puas menyalurkan bakat, penulis web novel juga bisa mendapatkan uang tambahan. 

Jika karyamu unik dan menarik, jangan lupa untuk sering update supaya semakin banyak pembaca yang rajin pula membaca tulisanmu. Dengan platform menulis online ini kamu bisa menuangkan ide tulisan kapanpun dan dimanapun. Ditambah kamu juga bisa berdiskusi dengan penulis lain untuk sharing pengalaman dan mendapatkan kenalan baru di dunia tulis menulis.

So, tunggu apalagi, yuk langsung kunjungi dan gabung dengan platform penghasil uang dari hobi menulis di atas, ya!

Write A Comment

16 + 9 =

Pin It