Teknologi

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok, Begini Caranya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak yang bertanya cara mendapatkan uang dari TikTok. Sejak pertama dirilis sampai sekarang, TikTok menempati peringkat ke-7 platform media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan 689 juta pengguna aktif pada Januari 2021. Pasar yang besar merupakan peluang bisnis online yang amat besar.

Banyak orang sudah tahu cara menghasilkan uang di TikTok, dan beberapa menganggapnya sebagai pekerjaan penuh waktu. Namun, sebagian besar masih bingung perihal bagaimana strategi terbaik untuk menghasilkan uang di aplikasi. Maka dari itu, penting untuk mempelajari kiat khusus agar aktivitas kamu di TikTok menghasilkan pundi rupiah dan bukan sekadar hiburan semata.

Hanya saja seperti melukis gambar atau menentukan status hubungan mantan, menghasilkan uang di TikTok membutuhkan sedikit kreativitas. Meskipun ada metode resmi yang didanai aplikasi untuk itu, tetapi ada banyak cara lain untuk mewujudkannya, bahkan jika kamu tidak memiliki banyak pengikut.

Mirip dengan pembuat media sosial yang aktif di platform lain, banyak pengguna TikTok telah mencapai kesuksesan finansial melalui aplikasi ini. Dan sementara TikTok mungkin tampak seperti batas baru, strategi yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan uang mungkin akan terlihat familiar dengan metode praktis lewat Instagram dan Youtube.

Lebih jauh, di bawah ini merupakan strategi khusus yang dapat kamu jalankan agar menjadi TikTokers sukses. Yuk, simak cara mendapatkan uang dari TikTok berikut:

1.     Bermitra dengan merek yang kamu percayai.

Konten bersponsor di TikTok didefinisikan sebagai konten di mana kamu menerima sesuatu yang berharga. Itu tujuannya, kan? Misalnya, sebuah merek mungkin membayarmu untuk berbicara tentang betapa hebatnya aroma lilin kedelai mereka, atau kamu mungkin menerima perjalanan terjun payung gratis sebagai imbalan untuk memposting tentang hal itu.

Bagaimanapun juga, brand sangat tertarik untuk memasuki kolaborasi berbayar seperti itu. Sebuah studi tentang pemasaran influencer menemukan bahwa pada Desember 2019, 16% pemasar Amerika Serikat berencana menggunakan TikTok untuk kampanye influencer, tetapi pada Maret 2021, jumlah itu naik menjadi 68%. Dengan kata lain, pemasaran influencer meledak di platform satu ini.

Menurut studi serupa dari eMarketer, perusahaan ingin bermitra dengan orang-orang yang memiliki pengikut dengan kondisi mengenal dan mempercayai mereka, terutama dalam konteks pandemi Covid-19 dan gerakan komunitas sosial yang sedang berlangsung.

Poin penting dalam cara mendapatkan uang dari TikTok, jangan mau menggaet perusahaan yang pandangannya tidak sejalan dengan pandangan kamu. Pengikutmu mungkin peduli dengan gaya bahasa metafora, atau berapa banyak bahasa yang kamu kuasai atau justru manikur, tetapi mereka juga peduli dengan etikamu.

Sebagai contoh, jika TikTok milikmu berfokus pada kehidupan seorang vegan, lalu tiba-tiba kamu mulai memposting tentang burger lokal favoritmu, pengikut kamu tentu akan melihat itu. Hal ini mungkin membingungkan, tetapi justru akan membuatmu terlihat seperti orang yang laris. Jadi, pastikan konten bersponsor yang kamu kerjakan selaras dengan konten regulermu.

Membuat Media Kit seperti trailer film untuk dirimu sendiri. Ini akan menonjolkan semua hal hebat tentangmu, dan memberi merek alasan bagus untuk bekerja sama dengan kamu. Media Kit tersebut memuat informasi kontak, foto, dan pencapaian penting. Buat mereka ingin melihat apa yang terjadi selanjutnya dan tunjukan pesonamu.

Mereka pasti ingin melihat bahwa kamu memiliki apa yang diperlukan untuk mendorong penjualan ke bisnis mereka (meningkatkan penjualan atau meningkatkan traffic). Misalnya dengan membuat ulasan khusus tanpa bayaran tentang aplikasi menghasilkan uang, di mana tindakan ini akan menarik merek sejenis untuk mengajakmu bekerja sama.

2.     Bermitra dengan influencer.

Ini adalah kebalikan dari strategi pertama. Jika kamu adalah seorang pebisnis mapan dan ingin mengembangkan kehadiranmu di TikTok, maka hubungi influencer yang kontennya sesuai dengan merek milikmu.

Menurut studi dari Tomoson di Amerika Serikat, setiap dolar yang dihabiskan untuk pemasaran influencer menghasilkan rata-rata US$6,50 untuk bisnis, dengan 13% teratas yang disurvei melaporkan pengembalian US$20.

Terlebih lagi, setengah dari pemasar mengatakan pelanggan hasil pemasaran influencer memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada pelanggan dari saluran lain, seperti pemasaran email atau pencarian organik. Dengan kata lain, pemasaran influencer ini berpengaruh secara efektif dan signifikan.

Tips lain agar semakin berhasil yakni gunakan marketplace yang didukung TikTok, cari hashtag sesuai bisnismu dan telusuri kontennya. Atau, cukup jelajahi aplikasinya sendiri, sukai video kesukaanmu dan abaikan atau tekan tidak tertarik pada video yang tidak kamu sukai. Kemudian, aplikasi akan mulai menunjukkan apa yang ingin kamu lihat dan merekomendasikannya secara otomatis.

Luangkan waktumu untuk mengamati setiap halaman pembuat konten, dan tak kalah penting, jauhi TikTokers yang bermasalah atau kontroversial.

3.     Gunakan Tiktok untuk mengiklankan produkmu.

Jika kamu sudah membuat barang dagangan, ini adalah rute paling jelas untuk menghasilkan uang, yakni buat TikTok yang memamerkan produkmu, termasuk semua detail yang membuatnya unik. Pastikan kamu menyertakan tautan ke tokomu pada bio. Selain itu, kamu juga dapat membuat merchandise pribadi sendiri.

4.     Tetap otentik dan original.

Jika buku besar di media sosial memiliki moral, ini dia jawabannya: jadilah autentik. Bagaimanapun juga, pengguna internet menginginkan konten yang original & asli.

Dalam studi tahun 2019 ini, 90% dari 1.590 orang dewasa yang disurvei mengatakan bahwa keaslian itu penting secara online, tetapi 51% mengatakan bahwa mereka percaya bahwa kurang dari setengah merek menciptakan karya yang dianggap otentik.

Jadi, apakah kamu mengikuti tren menari atau memamerkan hasil rajutanmu, tetaplah setia pada kreasimu sendiri. Ini adalah cara paling pasti untuk mendapatkan pengikut yang akan terus mendukung dan bertahan denganmu.

5.     Lihat pembuat konten favoritmu untuk mendapatkan panduan.

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, mulailah menggulir lini masamu. Kemungkinannya adalah, beberapa pembuat konten favorit kamu menghasilkan uang dari TikTok. Lihat apa yang mereka lakukan, misalnya penawaran brand, mempromosikan T-shirt, dan sejenisnya, lalu coba terapkan strategi serupa ke dalam akunmu.

6.     Jangan menghilangkan konten regulermu.

Jika setiap postinganmu adalah konten bersponsor atau mempromosikan sesuatu, pengikutmu tentu akan kehilangan minat. Karena itu, kamu harus pandai mengaturnya dengan keren. Misalnya saja, dengan membuat postingan secara berkala dan bergantian antara konten sponsor dan reguler.

7.     Jangan mudah menyerah.

Menghasilkan uang di jejaring sosial media ini memang tidak mudah. Jika ya, kita semua akan menjadi orang kaya, tetapi kenyataannya tidak demikian, bukan?

Kunci utamanya adalah jangan mudah menyerah dan jadilah kreatif. Jika kamu ditolak oleh satu merek atau influencer, teruslah mencoba. Percayalah, bahwa setiap kerja keras akan terbayar.

Namun, sejalan dengan usaha dan kerja keras, kamu juga harus bersikap realistis. Mulailah dari menetapkan target kecil untuk dirimu sendiri. Misalnya, jika baru memulai dari awal, kamu bisa menargetkan mendapat 100 pengikut, 200 pengikut, dan seterusnya.

Buatlah target realistis secara bertahap agar semangatmu tidak mudah pudar. Ini juga akan membantu perjuanganmu semakin lebih terarah. Alih-alih langsung memasang target tinggi saat pertama kali memulai usaha lewat TikTok, akan lebih baik mengawalinya dengan langkah kecil.

Write A Comment

sixteen + eighteen =

Pin It