Bisnis

Peluang Bisnis yang Prospektif Saat Pandemi COVID-19

Pinterest LinkedIn Tumblr

Peluang bisnis tahun 2020 ibarat mimpi buruk yang melanda dunia kesehatan dan ekonomi global. Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada hampir setiap aspek kehidupan.

Jutaan perusahaan, termasuk startup, entrepreneur, sampai pekerja, ikut menanggung beban dari wabah virus corona.

Meskipun berdampak buruk, namun rupanya, ada juga peluang bisnis yang muncul ketika semua orang lebih senang berada di rumah, dan melakukan segala aktivitas secara online.

Penjualan atau perdagangan online adalah peluang bisnis yang luar biasa. Mulai dari dropshipper, eCommerce, hingga layanan barang dan jasa siap antar ke rumah, sekarang menjadi metode jualan online yang populer.

Nah, berikut ini adalah daftar peluang bisnis yang oportunistik dan prospektif selama pandemi COVID-19. Yuk, kita cek satu per satu!

1. Layanan Kebersihan.

Di tengah kasus pandemi COVID-19 yang terus meningkat setiap hari. Maka, akan banyak orang yang membutuhkan layanan kebersihan atau cleaning service dari rumah ke rumah.

Khususnya di daerah perkotaan yang menjadi pusat masyarakat modern dengan gaya hidup serba praktis dan dinamis. Sejumlah startup penyedia jasa kebersihan telah mengalami peningkatan permintaan dan disinfeksi.

Selama pandemi COVID-19, pemilik rumah tangga, kompleks apartemen, mall, gedung perkantoran, hotel, dan lainnya, ingin mendisinfeksi semua area agar mencegah penyebaran virus corona.

Jika kamu suka bersih-bersih dan ingin membuka layanan cleaning service dengan modal minimal, ini adalah bisnis yang ideal. Yang kamu butuhkan adalah perencanaan tepat, promosi ke calon audiens target, serta tim dan peralatan kebersihan yang memadai.

2. Layanan Pengiriman.

Masih tak sedikit orang yang khawatir meninggalkan rumah, meskipun sudah melakukan vaksinasi virus corona. Sebagian orang berupaya mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah. Seperti warga lanjut usia, atau orang dengan gangguan kekebalan tubuh.

Semua ingin menjaga diri agar tetap aman. Maka itu, layanan pengiriman atau jasa kurir menjadi peluang bisnis on-demand yang prospektif di masa pandemi COVID-19.

Menurut BusinessWire, pengiriman makanan online akan menjadi penerima manfaat terbesar dengan pasar lebih dari $ 104 miliar pada tahun 2023, di antara sebagian besar layanan pengiriman lainnya.

Kalau kamu ingin menjadi pelaku bisnis di bidang layanan kurir, kamu bisa memilih membangun jasa kurir sendiri, kolaborasi atau franchise dengan layanan kurir yang sudah ada.

3. Copywriter Freelance.

Kamu hobi menulis? Atau, pernah belajar keterampilan khusus tentang kepenulisan? Dengan skill dan minat menulis, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Yang kamu butuhkan adalah sedikit pengetahuan pemasaran. Apakah kamu ingin menulis blog, konten website, konten media sosial, siaran pers, atau menulis resume, ada banyak brand di luar sana yang siap membayar untuk keterampilanmu ini.

Seperti yang diketahui, semua orang mungkin bisa menulis. Tetapi, hanya orang-orang dengan keterampilan kepenulisan khusus, yang dapat menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada pembaca.

Sejak berlakunya Work From Home, penulis lepas atau copywriter menjadi sangat diminati di tengah kasus virus corona. Kenapa begitu? Karena, banyak brand bisnis yang ingin mempromosikan produk dan jasanya secara online.

Mereka membutuhkan copywriter untuk menyampaikan pesan mereka secara menarik, kreatif, dan tentunya bisa mengajak calon pembeli agar melakukan transaksi.

Copywriting freelance adalah bisnis yang bagus untuk dijalankan. Selama kamu punya koneksi internet, kamu bisa bekerja. Yang terpenting, kamu bisa bekerja nyaman di rumah, di café, di tepi pantai, atau bahkan saat bepergian di dalam mobil atau kereta. Semakin bagus kualitas tulisanmu, semakin banyak klien yang merasa puas, dan tentunya mereka akan repeat order. Kamu bahkan, bisa menjadikan penulis lepas sebagai pekerjaan penuh waktu. ‘

4. Tutor online/ pengajar online.

Selain Work From Home, pelajar juga dihimbau melakukan pembelajaran online atau online learning. Hal ini bisa menjadi pukulan bagi dunia pendidikan. Di mana banyak sekolah yang tidak siap menghadapi online learning.

Bukan hanya pihak sekolah, pihak orangtua selaku walimurid juga banyak yang merasa tidak sanggup mengajari putra-putrinya. Karena, mereka tidak dibekali kemampuan seperti seorang guru di sekolah.

Oke, di sinilah peluang bisnis sebagai tutor online atau pengajar online muncul. Kamu bisa mendaftar di platform freelance atau platform bimbel online yang ada sebagai pengajar online.

Keterampilan yang dibutuhkan adalah pengetahuan mendalam tentang materi pelajaran. Misalnya, matematika, bahasa inggris, bahasa arab, biologi, kimia, dan lainnya.

5. Layanan Pengeditan Video.

Peluang bisnis selanjutnya yang bisa menjadi sangat populer selama pandemi COVID-19, adalah layanan jasa edit video. Masih akibat Work From Home dan pembatasan aktivitas masyarakat, pemasaran video dan Youtube tumbuh pesat.

Jadi, kalau kamu mahir dalam software edit video seperti Adobe Premier, Final Cut Pro, atau lainnya, kamu beruntung. Setelah menguasai editing video, kamu bisa mengenakan biaya untuk jasa editing video per proyeknya.

Keterampilan editing video membutuhkan kreativitas, jadi nilai suatu kreativitas itu sangat mahal. Tawarkan jasa editing video ini di platform freelancer atau platform marketplace digital.

6. Pemasaran Media Sosial.

Sekali lagi, online marketing tidak bisa dilepaskan dari pemasaran media sosial. Pertumbuhan media sosial di era digital tidak bisa dibendung lagi. Mulai dari Instagram, TikTok, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi, bisa menjadi peluang bisnis yang mendatangkan pundi-pundi rezeki.

Ada ribuan usaha kecil dan menengah di seluruh tanah air berjuang untuk mempromosikan produk dan jasanya ke masyarakat luas. Perusahaan mencari seseorang yang mampu melakukan hal ini dengan baik. Selain itu, dengan pemasaran media sosial, UMKM juga hanya mengeluarkan sedikit biaya untuk pemasaran.

Kamu bisa menawarkan jasamu dengan menghubungi tim marketing atau kontak di profil media sosial perusahaan. Tawarkan harga paket yang menarik agar brand bisnis tertarik memakai jasamu.

Sertakan portofolio atau contoh hasil pemasaran media sosial yang pernah kamu kerjakan. Sehingga, calon klien akan lebih percaya dan kredibilitasmu bertambah.

Saya sendiri mengelola beberapa website seperti howieandbelle.com, ngurusduit.com dan kanal YouTube Andre Tuwan yang berisi informasi cara menghasilkan uang dan mengelola uang untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

7. Akuntansi atau Pembukuan.

Punya pengetahuan tentang akuntansi? Pencatatan buku besar? Atau keterampilan teknis lainnya? Kamu bisa mengambil peluang bisnis sebagai akuntan atau konsultan pembukuan.

Pembukuan adalah hal yang penting dalam pengelolaan keuangan bisnis, termasuk pencatatan transaksi. Salah sedikit saja, maka bisa mendatangkan kerugian bagi perusahaan. Belum lagi, jika sampai terjadi kesalahan hitung perpajakan, maka akan ada sanksi administrasi serta koreksi fiskal yang merepotkan.

Setiap pemilik bisnis yang sukses membutuhkan pembukuan yang andal dan cerdas. Kalau kamu menguasai matematika dan dasar pembukuan, maka peluang bisnis ini cocok buat kamu.

Jasamu akan dibayar mahal, karena membutuhkan ketelitian, serta keahlian hitung yang tinggi. Yang terpenting, kamu bisa memulai peluang bisnis ini dengan mempromosikan jasa pembukuan di Facebook Ads atau media sosial lainnya.

Terbukti, bahwa pandemi COVID-19 tidak selalu berarti mimpi buruk bagi kita. Ibarat pepatah, “kesulitan membuka peluang”, maka pandemi COVID-19 juga bisa membuka peluang bisnis bagi para pebisnis kreatif yang berjiwa entrepreneur sejati. Kira-kira mana nih, peluang bisnis yang paling cocok buat kamu?

Write A Comment

18 + seventeen =

Pin It