fbpx

10 Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis dan Mendapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit

strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan bisnis – Di tengah persaingan yang semakin meningkat kemudian pada akhirnya berakhir dengan penurunan penjualan, hal ini menjadikan bisnis berada pada rentang masa sulitnya. Jika suau perusahaan tidak keluar dari zona masa sulit ini maka bisa dipastikan bahwa perusahaan tersebut berada di ambang batas kerugian. Bisa jadi tanpa penanganan yang tepat maka suatu perusahaan bisa gulung tikar.

Jika hal ini terjadi tentu strategi pemasaran sangat diperlukan agar untung berlimpah tetap bisa didapatkan. Atau setidaknya jika untung berlimpah tidak bisa didapatkan, dengan strategi pemasaran yang tepat maka kerugian tidak akan dirasakan. Nah, mengenai bagaimana strategi pemasaran dalam menjalankan bisnis yang Anda harus tahu dan pahami disini akan kami bagikan informasi selengkapnya untuk Anda. Simak tips dan trik jitu dapatkan untung berlimpah di masa sulit berbisnis dengan strategi pemasaran berikut ini :

Strategi Pemasaran Dapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit Berbisnis

Melakukan teknik pemasaran dengan biaya yang rendah

Trik Jitu Dapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit Berbisnis dengan Strategi Pemasaran Ini - Berbiaya Rendah

Di masa – masa yang sulit, menekan biaya dalam pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dilakukan. Karenanya Anda juga dapat menerapkan suatu strategi pemasaran dengan biaya rendah bahkan jika memang memungkinkan melakukan pemasaran secara gratis tanpa biaya.

Di era digital seperti sekarang ini sendiri, metode pemasaran dengan biaya rendah atau gratis akan sangat mudah dijalankan sehingga Anda harus memanfaatkan semua sosial media Anda untuk menerapkannya. Dengan sosial media, pemasaran yang Anda lakukan bisa tanpa modal atau biaya sedikitpun. Yang paling penting Anda gigih dalam berpromosi dan bisa mempengaruhi konsumen dengan intens melalui sosial media tersebut. Selain itu juga ada strategi pemasaran lain dengan biaya rendah seperti melakukan frequent program, public relation, up selling dan berbagai pemasaran yang lainnya.

Upayakan untuk menghindari program diskon

Trik Jitu Dapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit Berbisnis dengan Strategi Pemasaran Ini - No Diskon

Jika biasanya diskon diberikan dalam rangka menarik perhatian konsumen atau pembeli maka pada masa – masa yang sulit suatu perusahaan akan lebih baik jika Anda tidak memberikan program – program termasuk program diskon karena hal ini akan memberikan suatu dampak yang sangat buruk di masa yang akan datang.

Pada masa – masa yang sulit akan jauh lebih baik jika Anda berikan harga normal. Hal ini karena jika di masa sulit kemudian Anda berikan diskon kemudian ketika harga kembali ke harga normal kemudian pelanggan akan merasa bahwa harga normal yang Anda berikan setelahnya sangat mahal sehingga mereka kemudian menjadi tidak lagi tertarik untuk membeli produk yang Anda berikan karena menunggu sampai ada diskon lagi. Tentu hal ini akan sangat berdampak buruk pada konversi penjualan Anda pada akhirnya.

Fokuslah pada pelayanan

Walau Anda sedang dilanda pusing dalam memikirkan perusahaan, akan tetapi Anda tak boleh mengecewakan pelanggan sedikitpun. Hal ini karena sedikit saja pelanggan kecewa maka mereka tidak akan mau lagi untuk membeli produk di tempat Anda menjual produk tersebut. Mereka akan lebih memilih usaha lain dengan produk yang sama dengan pelayanan yang lebih baik diberikan.

Jadinya yang penting untuk Anda yaitu utamakan pelayanan. Terlebih untuk pelanggan yang secara reguler memang menggunakan produk Anda. Memberikan pelayanan yang terbaik akan mempertahankan pelanggan untuk tetap membeli produk Anda. Anda juga bisa memberikan produk tambahan seperti permen, kue, minuman atau apa saja sembari Anda menunggu antrian.

Ubahlah menu jika usaha Anda di bidang kuliner

Trik jitu dapatkan untung berlimpah di masa sulit berbisnis jika Anda kebetulan merupakan pebisnis di bidang kuliner, maka Anda harus mengubah menu. Buatlah daftar menu yang kurang dan tidak diminati menjadi menu dengan ide – ide baru yang lebih diminati. Usahakan biaya bahan bakunya rendah. Selain itu Anda juga dapat mengurangi porsi produk Anda yang sangat laku karena dengan demikian Anda akan tetap mendapatkan keuntungan. Namun dalam mengurangi porsi jangan terlalu kentara karena malah membuat pelanggan Anda kecewa nantinya, jadi kurangi sedikit saja.

Berikan solusi kepada pelanggan Anda

Dalam kondisi ekonomi yang buruk atau sedang dalam krisis yang mendapatkan sebuah dampak bukan hanya pengusaha tersebut melainkan juga masyarakat secara menyeluruh. Sehingga yang merasakan kesulitan ekonomi sebenarnya bukan hanya Anda. Anda bisa menggunakan kesempatan itu sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Anda juga dapat memberikan relaksasi yang jauh lebih dari usaha bisnis yang Anda berikan pada kondisi normal. Sebagai contoh, jika usaha atau bisnis Anda yang mengalami kesulitan bergerak di bidang makanan dan minuman, maka Anda bisa memberikan menu makanan pembuka atau penutup secara gratis. Tentu ini menjadi keuntungan lebih bagi para konsumen. Akan tetapi tentu baiknya pilih perhitungan menu yang memiliki biaya cukup rendah pembuatannya agar Anda tidak semakin bunting atau mengalami kerugian pada akhirnya.

Selain beberapa hal tersebut yang Anda harus lakukan sebagai strategi pemasaran untuk dapatkan untung berlimpah di masa sulit, beberapa hal dalam kaitannya dengan strategi pemasaran yang juga penting Anda jalankan diantaranya :

Jangan lupakan promosi

Promosi merupakan suatu upaya untuk mengenalkan suatu produk bisnis kepada konsumen. Sebagai bagian dari strategi pemasaran yang tentu sangat dibutuhkan. Anda bisa melakukan upaya pengenalan produk kepada konsumen dengan berbagai macam cara secara lebih kreatif.

Sebisa mungkin Anda harus melakukan kegiatan promosi secara lebih konsisten. Akan tetapi ketika melakukan promosi harus tetap Anda utamakan kenyamanan sebagai bagian dari target bisnis Anda. Sehingga Anda tidak akan terkesan mengganggu atau memaksakan target suatu penjualan.

Lakukan analisa competitor

Trik Jitu Dapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit Berbisnis dengan Strategi Pemasaran Ini - Analisa Kompetitor

Dalam menjalankan suatu bisnis Anda tentu akan menghadapi banyak sekali persaingan. Karena itu mendalami dan melakukan analisa pada competitor itu penting agar Anda bisa bersaing dengan mereka. Tentu Anda bukan perlu bersaing harga melainkan yang Anda perlukan adalah bersaing kualitas. Berikan kualitas yang lebih dari apa yang diberikan oleh pebisnis Anda. Anda juga bisa belajar mengetahui kelebihan dan kekurangan dari pihak competitor sehingga ini juga turut menjadi modal kedua bagi Anda yang ingin bersaing lebih ketat.

Kenali target market Anda

Sebelum Anda menjual suatu produk, agar Anda bisa menjual secara lebih professional maka Anda harus menjadi konsumen lebih dulu. Dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual maka Anda akan tahu siapa target market Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang sudah Anda jual tersebut. Hal ini tentu akan membuat Anda jauh lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang sudah diinginkan oleh pembeli Anda.

Pahami konsep internet marketing

Trik Jitu Dapatkan Untung Berlimpah di Masa Sulit Berbisnis dengan Strategi Pemasaran Ini - Online Marketting

Teknologi yang saat ini semakin canggih tentu mampu memberikan kesempatan bagi masing – masing bisnis untuk menjaring calon konsumen sebanyak mungkin. Dengan Anda tampilkan produk usaha pada situs jejaring sosial, maka Anda tentu bisa tahu bagaimana selera konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Anda juga bisa menampilkan produk usaha Anda pada suatu blog atau website, sosial media facebook atau instagram dan yang lainnya. Anda bisa memasang foto yang memang sekiranya menarik konsumen untuk membelinya.

Itulah bagaimana trik jitu dapatkan untung berlimpah di masa sulit berbisnis dengan strategi pemasaran yang tepat dan perlu Anda lakukan. Jalankan dan dapatkan banyak manfaatnya dari trik pemasaran tersebut. Semoga berhasil.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.