fbpx

Jangan Menjadi Dinosaurus dan T-rex di Jaman Now #MotivationSeries

Dari judulnya mungkin Anda telah menebak. Bahwa di jaman ini pun ada yang namanya Dinosaurus dan T-rex yang masih hidup. Mari kita bahas.

 

Beberapa waktu lalu kita telah belajar mengenai bagaimana sebuah digitalisasi, yang berlandaskan teknologi, telah berhasil mengubah peradaban dan tatanan hidup manusia di jaman now. Itulah yang dinamakan disruption era atau era disrupsi! Banyak orang di luar sana yang berpikiran bahwa hanya para pedagang dan pengusaha saja yang terkena dampak dari disrupsi. Tentu saja hal ini merupakan sebuah mindset yang sempit sekali. 

 

Suka atau tidak suka, perubahan zaman akan selalu menyentuh semua kalangan dan segala aspek kehidupan dari manusia yang hidup di jaman itu, tidak peduli dia presiden atau rakyat jelata, anggota DPR atau pengusaha, atau sekedar peminta – minta di pinggir jalan. Jika kamu berpikir bahwa pekerjaan yang kamu geluti sekarang tidak terpengaruh oleh disruption, oh maaf! Saya akan memberikan beberapa contoh sederhana yang mungkin akan segera mengunggah kesadaran Anda untuk segera mengikuti perkembangan zaman.

 

Para montir yang ahli dibayar sangatlah mahal untuk keahlian mereka dalam mendeteksi kerusakan mesin mobil. Montir yang professional memiliki keahlian khusus sehingga HANYA dengan mendengarkan suara deru mobil saja, mereka dapat melakukan diagnosa terhadap bagian mobil yang rusak dan bagaimana cara memperbaiki mobil tersebut. Itu di zaman dahulu, lalu bagaimana dengan sekarang? Sudah ada teknologi yang bernama kabel ECU (Electronical Control Unit) yang akan menghubungkan kendaraan Anda dengan komputer, maka di layar Anda akan terdeteksi bagian mana yang perlu diperbaiki.

 

Lain dulu, lain pula jaman sekarang. Siapa sih yang punya tabungan? Saya ingin bertanya. Bagaimana cara Anda membuka tabungan? Apakah sekarang Anda masih perlu datang untuk mengantri di Bank? Jawabannya tidak, sekarang sudah banyak tabungan digital. Dimana Anda hanya perlu membuka tabungan dengan dua langkah mudah : (1) download aplikasinya Apple Store / Play Store dan (2) registrasi dan BOOM! Tabungan Anda sudah terbuka. Sudah banyak contoh dari aplikasi tabungan digital yang beredar di masyarakat. Sebut saja Digibank by DBS, Yap, Mandiri E-Cash, OVO, Sakuku, dan lain – lain. 

 

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

 

Lagi – lagi pertanyaannya. Sudah siapkah Anda dengan perubahan yang akan terjadi itu? Inti dari refleksi dan motivasi kita pada hari ini adalah jangan berpuas diri dengan satu keahlian yang telah kita miliki, sebaliknya kita perlu membekali diri dengan keahlian – keahlian lain sehingga kita tetap dapat survive, bahkan meraih sukses saat gelombang besar terjadi. Pepatah lama berkata “sedia payung sebelum hujan”. Mungkin saat ini efeknya belum terasa karena masih berupa hujan gerimis, tetapi bagaimana kalau sebentar lagi hujan ini semakin lebat?

 

Kembali ke judul, benarkah dinosaurus dan t-rex masih ada di jaman ini? Tentu tidak. Kalaupun ada, pastilah tinggal fosilnya. Saya sih tidak mau menjadi fosil, bagaimana dengan Anda?

Survival of the Fittest

Anonim

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.