fbpx

Makna Dibalik Nasi Tumpeng dan Tips Membuatnya

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia menobatkan nasi tumpeng menjadi salah satu ikon kuliner Indonesia. Nasi tumpeng menjadi salah satu dari 30 ikon kuliner Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2013 silam.

Nasi tumpeng sendiri sangat identik dengan kebudayaan pada masyarakat Jawa ketika sedang merayakan sesuatu yang sangat penting atau kenduri. Bahkan pada awal dibuatnya, nasi tumpeng diperuntukkan untuk memuliakan gunung tempat bersemayamnya para nenek moyang.

Pada perkembangannya, kini nasi tumpeng akan sangat sering kita jumpai di upacara keagamaan, adat, ulang tahun, hingga menyambut musim panen.

Ternyata, di balik cita rasanya masakannya yang lezat, kehadiran nasi berbentuk kerucut serta disertai berbagai lauk pauk ini begitu sarat filosofi.

Dalam etilogi masyarakat Jawa, kata tumpeng berasal dari kalimat “yen metu kudu mempeng”. Apabila kata ini kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka artinya adalah “ketika keluar, kita harus sungguh – sungguh semangat. Sungguh caption keren banget ini untuk digunakan di media social kita.

Apabila kita ilhami lebih jauh, terdapat juga arti yang lebih dalam yaitu : Manusia yang terlahir ke dunia, itu adalah kehendak Tuhan yang Maha Esa. Jadi kita harus semangat, yakin, tidak mudah putus asa dan fokus. Hal ini perlu kita sadari karena Tuhan ada bersama – sama dengan kita.

Jadi kalian tidak perlu heran ketika melihat nasi tumpeng berbentuk kerucut ke atas. Hal ini mempresentasikan bahwa konsep ke-Tuhan-an adalah sesuatu yang besar dan tinggi.

Pada sejarahnya, penyajian nasi tumpeng akan dilengkapi oleh 7 macam lauk pauk. Hal ini dikarenakan angka tujuh dalam bahasa Jawa disebut dengan pitu. Angka pitu erat hubungannya dengan pitulungan (pertolongan). Jadi lauk pauk ini menggambarkan bentuk pertolongan Tuhan kepada anak manusia.

Baca juga : 3 Pilihan Cafe di Rawamangun Untuk Tempatmu Bersantai

7 LAUK PADA NASI TUMPENG

#1 NASI

Dari namanya, kita dapat menebak bahwa komponen terpenting dari nasi tumpeng adalah nasinya. Pada awalnya nasi yang digunakan adalah nasi putih yang mempunyai rasa tawar. Hal ini bermakna bahwa segala sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang bersih dan halal.

Pada perkembangannya, nasi yang digunakan pada nasi tumpeng memiliki variasi yang beragam. Misalnya saja nasi kuning dan nasi putih, yang tentunya memiliki rasa lebih gurih dibandingkan dengan nasi biasa.

#2 AYAM GORENG

Pemilihan ayam dalam nasi tumpeng memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Ayam yang disajikan haruslah ayam jantan jago yang dimasak utuh dengan bumbu kuning dan diberikan kaldu yang kental. Hal ini menjadi symbol menyebah Tuhan dengan hati yang tenang dalam kekhusukan.

Memotong ayam jago juga mempunyai sifat membunuh sifat – sifat buruk pada ayam jago seperti sombong, congkak, tidak setia serta tidak memberikan perhatian kepada anak dan istri.

Makan ayam dengan hati yang membumi, akan membuat acara makan nasi tumpeng kita semakin lengkap.

#3 URAP

Tahukah Anda bahwa Indonesia juga mempunyai salad? Yup itulah urap. Salad khas Indonesia. Urap sendiri terdiri dari berbagai sayuran rebus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, tauge dan dikuahi oleh parutan kelapa berbumbu.  Sayur ini cocok sekali disajikan untuk menyeimbangi lauk.

#4 TAHU & TEMPE

Perpaduan antara renyahnya kentang dan tempe goreng tentunya akan membuat makanan kita menjadi lebih nikmat. Anda dapat menggunakan tahu dan tempe goreng atau sekedar tempe kering goreng.

Menu tahu dan tempe ini baru muncul pada nasi tumpeng masa kini. Tujuan utamanya adalah menambah nilai gizi dan rasa pada nasi tumpeng. Jadi tidak ada sejarah atau budayanya ya 🙂

#5 TELUR

Telur menjadi lauk yang penting dan memiliki makna yang sangat dalam pada nasi tumpeng. Telur menjadi lambang bahwa seluruh manusia diciptakan dengan fitrah yang sama.

Pada umumnya, telur yang disajikan adalah telur rebus yang dipindang dan disajikan dengan utuh beserta kulitnya. Sehingga Anda yang memakannya perlu mengupasnya terlebih dahulu. Hal ini menjadi lambang bahwa setiap pekerjaan Anda harus direncanakan dengan matang terlebih dahulu.

#6 PERKEDEL KENTANG

Perpaduan antara rasa lembut dan gurih pada perkedel kentang tentunya akan menambah kenikmatan nasi tumpeng Anda. Apalagi jika kita memiliki perpaduan bumbu yang pas, maka garingnya kulit perkedel akan membuat perkedel kentang menjadi sulit ditolak.

#7 SAMBAL

Menu – menu nasi tumpeng diatas nampaknya akan kurang lengkap tanpa sambal bukan? Jadi pastikan ketika Anda pesan nasi tumpeng, Anda harus memesannya sambalnya juga.

Anda dapat menggunakan sambal apapun karena cita rasa pedasnya akan membuat acara makan kita menjadi lebih nikmat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.