Trik Jitu Memanfaatkan Atap Rumah Jadi Kebun Bunga dan Sayur

Salah satunya adalah ide memanfaatkan atap rumah menjadi kebun bunga dan sayur yang dapat Anda manfaatkan untuk berkebun.

Jika Anda selalu berpikir bahwa berkebun harus memiliki lahan yang luas, namun sekarang berkebun tidak identik dengan lahan yang luas. Bahkan tanpa memiliki lahan Anda juga bisa berkebun.

Mendesain atap rumah menjadi suatu konsep kebun bunga dan sayur tidaklah sulit. Hanya saja yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa setiap desainnya perlu Anda optimalkan.

Disini kami akan berikan tips dan trik jitu jika Anda ingin memanfaatkan atap rumah menjadi kebun bunga dan sayur yang ideal guna melengkapi hunian Anda. Anda bisa cek informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Trik Memanfaatkan Atap Rumah Menjadi Kebun Bunga dan Sayur

memanfaatkan atap rumah menjadi kebun bunga
www.dekoruma.com

Berikut ini beberapa trik untuk memanfaatkan atap rumah menjadi media tanam bunga dan sayur. Kurang lebih ada 6 trik yang bisa kamu lakukan.

Diantara trik yang akan dijelaskan seperti di bawah ini. Jika masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan melalui kolom komentar.

Metode waterproofing pada atap rumah

Hal yang paling penting dalam menyulap atap rumah agar menjadi kebun yang cantik sempurna adalah memastikan bahwa memang tak ada potensi bocor di atap rumah.

Jangan biarkan juga ada kemungkinan air merembes masuk ke ruangan dibawah atap. Disarankan agar Anda melakukan langkah pengetesan dulu dengan menggenangi atap dengan air selama beberapa hari.

Jika memang setelah digenangi air atap yang akan disulap menjadi kebun sayur dan bunga tidak mengalami kebocoran.

Maka artinya tempat tersebut atau area tersebut sukses dengan metode waterproofing yang Anda ciptakan. Dan bisa digunakan sebagai kebun bunga dan sayur.

Untuk memastikan bahwa struktur atap sangat tahan Anda bisa melapisi penahan air dan lapisan penahan tanah atau geotextile di area tersebut.

Perhatikan sistem drainase air di atap rumah Anda

Tanaman yang disimpan didalam suatu wadah atau yang Anda tanam diatas permukaan yang konkret memang perlu adanya suatu sistem saluran air demi mengontrol jumlah air pada tanah.

Sehingga nantinya tanah tidak akan sampai menyimpan air dalam jumlah berlebih. Sistem drainase air ini juga berfungsi dalam meneruskan proses resapan air didalam tanah kemudian menyalurkannya ke tempat pembuangan air itu sendiri.

Perhatikan petak lahan di atap rumah Anda

Jika Anda memang tertarik untuk memaksimalkan seluruh lahan di area atap menjadi kebun maka Anda perlu lapisi permukaan atap semuanya dengan hamparan tanah. Kemudian tanami dengan rumput dan tanaman sekaligus membagi petak – petak tanah untuk kegiatan berkebun Anda.

Pilih tanaman yang akan Anda budidayakan

Tentunya Anda tak boleh lupa dalam memilih tanaman yang nantinya akan Anda budidayakan di atap rumah Anda. Anda harus tahu bahwa tak semua jenis tanaman akan cocok dibudidayakan di area tersebut.

Anda harus pilih tanaman yang memang sesuai dengan kontur atap Anda sehingga tanaman yang Anda tanam nantinya tidak mudah mati.

Atur tata letak tanaman dan hiasan di atap rumah Anda

Suatu ruang terbuka hijau yang ada di atap rumah memang memiliki suatu manfaat ekologis. Akan tetapi juga memiliki fungsi dekoratif sekaligus.

Anda dapat mengatur tata letak tanaman yang Anda tanam dan menghiasnya dengan berbagai elemen dekorasi sehingga kebun di atap rumah akan tetap indah dan sedap dipandang mata.

Jangan lupa jika tanaman di tanam di pot maka pilih pot dengan elemen dekoratif. Pilih pot dengan warna dan sisi desain yang sangat menarik karena akan membuat atap rumah Anda semakin ideal nantinya.

Anda juga dapat menghias kebun dengan menempatkan bangku taman dan menambah ornamen pencahayaan seperti halnya lampu taman.

Dengan begini ketika malam tiba Anda bisa duduk santai sembari memandangi langit yang penuh dengan bintang secara sempurna.

Itulah berbagai trik jitu memanfaatkan atap rumah menjadi kebun bunga dan sayur yang dapat Anda terapkan. Dapatkan atap rumah multifungsi dengan teknik desain diatas. Salam dari Howieandballe untukmu.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.