fbpx

3 Formula Rahasia Agar Ide Bisnis Anda Menarik di Mata Klien

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak faktor dibalik sebuah pencapaian atau kesuksesan. Salah satunya adalah ide bisnis. Agar ide bisnis dapat berperan besar pada kesuksesan Anda, Anda harus mampu menyampaikan ide ini kepada klien Anda. Dan, tentunya, klien Anda harus menerima dan menyetujuinya.

Seringkali, langkah untuk mengembangkan bisnis menjadi gagal, karena masalah pada hal ini. Anda tidak dapat membuat klien Anda setuju dengan ide Anda, sehingga, proyek yang akan Anda buat tidak berhasil. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan. Berikut, 3 Formula Rahasia Agar Ide Bisnis Anda Menarik di Mata Klien dan klien setuju dengan ide yang Anda sampaikan.

Sudut Pandang Klien

Sudut Pandang Klien

Karena ide bisnis yang akan Anda sampaikan Anda buat untuk kepentingan klien, maka Anda harus mengetahui sudut pandang klien. Anda harus mengetahui apa yang diinginkan klien. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan ide dan desain dengan keinginan klien, sehingga ide anda mudah diterima oleh klien.

 

Contohnya, bila bisnis klien Anda menyediakan layanan untuk konsumen, Anda pun dapat menggunakan hal ini sebagai dasar ide bisnis Anda. Sehingga, ide Anda akan menjadi alat yang dapat meningkatkan efektifitas layanan klien Anda.

 

Presentasi

Presentasi

Cara mempresentasikan ide bisnis sering kali diremehkan oleh banyak orang. Mereka menganggap bahwa, hanya dengan mempresentasikan dengan cara biasa, maka hal tersebut sudah cukup.  Namun, kenyataannya tidaklah demikian. Cara Anda mempresentasikan ide bisnis dihadapan klien dapat mempengaruhi peluang diterimanya ide Anda dan kemudahan Anda meyakinkan klien.

 

Mengapa?  Cara mempresentasikan ide bisnis sangat berkaitan dengan kemudahan klien dalam memahami ide yang Anda sampaikan. Jadi, cara presentasi yang tepat, akan mempermudah Anda menyampaikan pesan dari ide Anda. Karena hal ini pula, Anda harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh klien. Apakah mereka ingin mendengarkan, membaca atau melihat penjelasan ide Anda? Atau, bila mungkin, Anda dapat membuat presentasi yang unik dan tidak terlupakan untuk klien.

 

Realisasi Ide

Realisasi Ide

Akan sangat mudah meyakinkan klien, bila Anda dapat mewujudkan ide tersebut di hadapan mereka. Oleh karena itu, Anda dapat mengundang klien untuk masuk dalam komunitas konsumen yang mereka layani. Dengan demikian, klien dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen mereka. Dan, Anda dapat memasukkan ide bisnis Anda disini, sebagai solusi dari masalah tersebut.

 

Pada dasarnya, ide yang sangat brilian sekalipun, tidak akan berguna, bila tidak disetujui dan diterima klien. Anda tidak akan dapat merealisasikannya dan ide itupun hanya akan menjadi kenangan didalam pikiran Anda.

Klien Setuju

Selain itu, dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Dengan kemampuan ini, setidaknya Anda akan lebih mudah menyampaikan ide bisnis Anda ke klien. Dengan 3 Formula Rahasia Agar Ide Bisnis Anda Menarik di Mata Klien diatas, klien Anda akan dapat menerima dan menyetujui ide bisnis Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.