Hobi

5 Restoran Seafood Terbaik di Jakarta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sobat Howie, meskipun tidak semua orang bisa menikmati seafood karena alergi atau alasan lain, tidak bisa disangkal kalau seafood memiliki rasa yang enak. Salain itu, ada keseruan tersendiri saat menyantapnya. Mulai dari perjuangan menyisihkan duri ikan, membuka kerang, mengeluarkan keong dari cangkangnya, hingga memotong kepiting. Untuk Sobat Howie yang penggemar seafood, Howie and Belle sudah merangkum 5 Restoran Seafood Enak di Jakarta. Dijamin enak!

Daftar Restoran Seafood Jakarta

1. Bandar Djakarta Ancol

Restoran Seafood Enak di Jakarta: Bandar Djakarta (from tripadvisor.co.uk)

Mau cari tempat asik untuk kumpul bersama keluarga dan teman sambil makan seafood yang enak dengan pemandangan laut yang indah? Bandar Djakarta Ancol tempatnya! Berlokasi di Pantai Karnaval Ancol, restoran ini menyediakan berbagai menu seafood segar. Bahan untuk seafoodnya bisa Sobat Howie pilih sendiri dari kolam. Mulai dari berbagai jenis ikan, udang, kerang, kepiting, cumi, dan lain-lain. Setelah dipilih, bahan-bahan tadi bisa langsung ditimbang dan dipilih mau dimasak dengan bumbu apa. Asik kan? Kalau Sobat Howie agak malas untuk memilih bahan seafoodnya, bisa minta dipilihkan sama waiter dan waitressnya kok. Selain proses yang cukup unik tadi, restoran ini juga terkenal dengan rasa seafoodnya yang enak. Mulai dari kepiting saus padang, kerang dara, kerang macan, hingga kangkung bawang putih, rasanya juara!

Tempatnya cukup luas dan nyaman, cocok untuk makan kumpul rame-rame dengan keluarga dan teman. Ada hiburan berupa live music juga. Selain itu, karena letaknya di dermaga, Sobat Howie bisa makan sambil menikmati suasana pantai dengan suara air laut dan angin sepoi-sepoi. Kalau lebih suka makan di tempat indoor, Sobat Howie bisa memilih area VIP yang ber-AC. Selain di Ancol, Restoran Bandar Djakarta ini juga ada di beberapa tempat lain seperti di Alam Sutera, Bekasi, Pluit.

2. Seafood 68 Santa 

Restoran Seafood Enak di Jakarta: Seafood 68

Untuk Sobat Howie yang suka berwisata kuliner malam, pasti tidak asing dengan Seafood 68 Santa. Tempat makan seafood legendaris yang terletak di area Pasar Santa ini memang cocok untuk makan seafood di malam hari. Kalau beruntung, bisa ketemu artis karena ada banyak artis yang sering makan disini. Salah satunya adalah aktor sinetron Surya Saputra. Bahkan, disini ada menu bernama udang surya, yaitu udang rebus yang sering dipesan Surya Saputra. Rasa makanan di tempat ini pastinya sudah tidak diragukan lagi. Penasaran? Simak reviewnya di artikel 5 Tempat Kuliner Malam Enak di Jakarta.

3. Pondok Laguna

Restoran Seafood Enak di Jakarta: Pondok Laguna (from tripadvisor.co.id)

Daerah Pecenongan memang terkenal dengan berbagai tempat kuliner malam yang enak dan ternama di Jakarta. Menu yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari Chinese food di Bubur Kwang Tung, hingga hingga martabak kekinian di Martabak 65a Pecenongan. Tak ketinggalan, ada juga aneka menu seafood yang lezat di Pondok Laguna. Salah satu restoran seafood enak di Jakarta ini menyediakan beragam menu seafood lezat seperti gurame goreng yang rasanya garing sampai ke tulang, ikan gurame pesmol yang besar dan enak, udang pacet lada hitam yang juga berukuran besar dan disajikan dengan kepalanya, ikan kuwe, cumi goreng tepung yang empuk, dan banyak lagi.

Salah satu menu seafood terfavorit disini adalah cumi goreng tepung. Rasanya renyah diluar dan kenyal di dalam. Apalagi kalau dilengkapi sambal cobek. Makin mantap! Menu lain yang tidak kalah populer adalah tahu goreng kipas dan genjer cah teri. Untuk tahu goreng kipas, tahunya digoreng renyah dengan isi udang dan sayuran. Sobat Howie pasti langsung suka. Sementara untuk genjer cah teri, rasanya sedap karena ditumis dengan terasi. Cocok dimakan hangat dengan nasi. Buat Sobat Howie yang penggemar seafood, Pondok Laguna cocok banget jadi salah satu restoran favorit.

4. Dapur Seafood

Restoran Seafood Enak di Jakarta: Dapur Seafood (from tripadvisor.com)

Restoran seafood yang berada di Pantai Mutiara, Pluit ini menawarkan suasana dan pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Suara percikan air laut, angin pantai yang sepoi-sepoi, pemandangan boat yang disandarkan di pinggir pantai dengan gedung-gedung tinggi di seberang adalah beberapa hal yang bisa Sobat Howie nikmati sambil makan seafood di restoran ini. Apalagi kalau kesini di sore hari menjelang malam saat cuaca cerah, bisa dapat bonus pemandangan langit sore yang kemerahan.

Menu seafood yang disajikan di restoran ini juga cukup beragam, mulai dari kepiting saus padang, kepiting lada hitam, kepiting soka telur asin, kepiting saus Singapore, kerang dara rebus, keong macan, cumi saus padang, bawal bintang, cakwe udang mayonnaise, gulai kepala ikan, gurame bakar,  dan banyak lagi. Ada juga menu seafood platter yang berisi beberapa seafood dengan porsi yang cocok dimakan rame-rame. Menu seafood terfavorit disini adalah kepiting. Jadi, jangan lupa untuk pesan kepiting saat makan disini ya.

Selain seafood, tersedia juga menu non seafood yang ga kalah enak seperti american pizza, ayam bawang putih, tahu kipas, mie goreng, kangkung cah teri, genjer, pakis polos, terong balado, dan sebagainya. Menu non seafood yang paling unik disini adalah pakis polos yang jarang ditemukan di restoran lain. Walaupun makan pakis terdengar aneh, tapi rasa dari pakis ini ternyata cukup familiar di lidah karena mirip dengan kangkung.

Seafood di restoran ini bisa dibeli per ons, dan kalau Sobat Howie mau, beberapa diantaranya bisa dimakan saat masih hidup. Kebayang gimana rasanya makan kepiting yang sudah dimasak dan dibumbui tapi masih bisa gerak? Tapi kalau Sobat Howie kurang suka makan seafood hidup, tinggal request aja ke waiter dan waitressnya.

5. Seafood Ayu

Restoran Seafood Enak di Jakarta: Seafood Ayu (from tripadvisor.co.id)

Mau makan seafood di kaki lima dengan rasa yang enak dan harga terjangkau? Seafood Ayu tempatnya! Tempat makan seafood yang terletak di kawasan Kelapa Gading (di dalam Komplek Gedung Gading Marina, sebelah NJIS) ini menyediakan aneka menu seafood seperti ikan, kepiting, udang, kerang, calamari, cumi, dan banyak lagi yang bisa dimasak dengan beberapa pilihan bumbu dan cara memasak, seperti dibakar, digoreng tepung, direbus, dimasak dengan bumbu saus padang, saus asam manis, saus tiram, dan sebagainya. Ada juga beberapa pilihan sayur seperti tumis kangkung dan cah tauge teri. Menu yang terfavorit disini adalah kepiting saus padang yang pedas dan kerang hijau saus padang yang berukuran besar. Yummy! Tapi untuk Sobat Howie yang sama sekali ga kuat makan pedas, sebaiknya pesan saus yang lain aja ya, karena saus padang di tempat ini pedasnya cukup nampol di lidah.

Soal harga, jangan khawatir. Sobat Howie bisa makan kenyang disini dengan biaya kurang dari 50 ribu rupiah per orang. Selain rasa yang enak dan  harga yang murah, kelebihan tempat makan ini adalah kapasitasnya yang cukup besar untuk ukuran tempat makan kaki lima. Tempat ini bisa menampung 200 pengunjung, jadi Sobat Howie bisa makan rame – rame dengan keluarga dan teman. Sama seperti seafood 68 Santa, tempat ini buka dari pukul 17.00 hingga malam dan hampir selalu dipadati pengunjung. Bahkan, banyak pengunjung yang rela mengantri hanya untuk berwisata kuliner malam disini.

Sobat Howie, itu tadi 5 restoran seafood enak di Jakarta rekomendasi Howie and Belle. Selamat mencoba ya!

Mau tahu tempat wisata lain di Jakarta yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan? Simak artikel 5 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Selain Mall.

Write A Comment

Pin It