Hobi

5 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Selain Mall

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sedang berhalangan untuk pergi ke luar Jakarta saat long weekend atau hari libur? Tenang, Sobat Howie juga bisa merencanakan wisata yang seru dan menyenangkan di Jakarta. Kalau selama ini Sobat Howie hanya berjalan-jalan di mall saat berada di Jakarta, saatnya Sobat Howie menjelajahi berbagai tempat wisata lain di Jakarta yang menawarkan berbagai kegiatan menyenangkan. Semuanya sudah terangkum dalam artikel 5 Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah Selain Mall. Dijamin ga akan kalah seru dengan berlibur di luar Jakarta!

1. Mengunjungi berbagai Galeri & Museum Seni

Mengunjungi Galeri dan Museum Seni (foto: Art 1: New Museum from infojakarta.com)

Sejak tahun 2018, warga Jakarta dan sekitarnya dihebohkan dengan dibukanya Museum MACAN, sebuah museum seni yang menampilkan karya-karya dari seniman-seniman ternama dari dalam dan luar negeri yang berada di Jakarta Barat. Tapi, apakah Sobat Howie tahu bahwa ada banyak museum dan galeri seni sejenis yang sudah terlebih dahulu berdiri di Jakarta? Ini dia listnya:

Art 1: New Museum dan  Artspace

Instalasi “Cosmic Dance” karya Nyoman Erawan di Art 1: New Museum dan Arstpace

Berdiri sejak tahun 1983 dengan nama Galeri Mon Decor, lalu berganti konsep dan nama menjadi Art 1: New Museum & Art Space di tahun 2011. Museum yang didirikan oleh Martha Gunawan ini memiliki dua area: Art New Museum yang menampilkan karya para seniman maestro yang merupakan koleksi pribadi sang pemilik museum, dan Artspace yang menampilkan karya para seniman muda yang dapat Sobat Howie beli. Tempatnya tidak terlalu ramai dan nyaman untuk dikunjungi, dengan para petugas yang ramah dan komunikatif. Tempat ini juga menyediakan jasa restorasi karya seni lama. Untuk keterangan lebih lengkap, Sobat Howie bisa simak pengalaman Howie and Belle di Art 1: New Museum dan Art Space

Alive Museum & Alive Star

Lukisan 3D Monas di Alive Museum & Alive Star

Museum ilusi optik pertama di Jakarta yang dibuka sejak tahun 2015 ini terletak di Ancol Beach City Mall, Taman Impian Jaya Ancol. Museum ini merupakan cabang dari Alive Museum & Alive Star Korea. Selain di Indonesia, museum ini juga memiliki cabang di Thailand, China, Turki, dan Vietnam. Tempat ini terdiri dari 2 area yang terpisah, yaitu Alive Museum yang menampilkan lukisan-lukisan 3D , dan Alive Star yang menampilkan patung lilin menyerupai public figure seperti yang bisa Sobat Howie temui di Madam Tussauds Museum. Kedua tempat ini sangat cocok untuk Sobat Howie yang suka berfoto dengan tema unik. Mau tahu lebih banyak tentang museum ini? Lihat selengkapnya di Review Alive Museum Ancol Berdasarkan Pengalaman Pribadi Howie and Belle

Ciputra Artpreneur

Terletak di Ciputra World 1, museum yang mendapatkan penghargaan Gold Winner dari ajang FIABCI Prix d’Exellence Award dan dua penghargaan MURI ini menampilkan karya seni dari Hendra Gunawan yang merupakan koleksi pribadi Ir. Ciputra. Selain menampilkan karya seni, tempat ini juga memiliki teater berstandar internasional yang telah menampilkan beberapa pertunjukan Broadway. Hall multifungsi di museum ini juga dapat disewa untuk berbagai acara, seperti pameran, gala dinner, hingga pernikahan. Museum yang resmi dibuka pada tahun 2014 ini juga merupakan salah satu tempat wisata jakarta yang murah. Harga tiketnya  relatif terjangkau, yaitu sebesar 30.000 rupiah per orang.

Gudang Sarinah Ekosistem

Ini dia tempat wisata di Jakarta yang instagramable, menyenangkan, dan murah meriah. Ruang kreatif yang berlokasi di Pancoran ini sudah dua kali menjadi venue dari pameran seni dua tahun sekali yang selalu ditunggu-tunggu di Jakarta:  Jakarta Biennale di tahun 2015 dan 2017. Tempat ini memang memiliki hall yang luas untuk memamerkan berbagai karya seni. Untuk para pecinta band indie, tempat ini juga bisa menjadi favorit anda karena sering menjadi lokasi berbagai acara musik seperti Soundsproject, A Create, serta konser tunggal beberapa band indie. Sobat Howie juga bisa membeli album dan merchandise band indie kesayangan Sobat Howie disini. Tempat ini juga menjadi lokasi event bulanan Tumpah Ruah yang merupakan bazaar barang-barang unik yang diadakan tiap awal bulan.

BIASA Artspace Jakarta

Biasa Artspace (from liputan6.com)

BIASA Artspace di Jakarta didirikan di tahun 2005 oleh Susanna Perrini sebagai perluasan dari  BIASA Artspace di Seminyak, Bali yang berdiri sejak tahun 1994. Tempat ini menampilkan berbagai karya Susanna Perini yang terinspirasi dari budaya Bali, serta karya dari-seniman-seniman lain dari Jawa dan Bali. Artspace ini berada di lantai 2 gedung BIASA, Kemang dengan sebuah butik yang berada di gedung yang sama.

2. Latihan Menembak di Shooting Range

Latihan Menembak di Shooting Range

Untuk Sobat Howie yang hobi menembak atau baru ingin mencoba olahraga yang satu ini, Sobat Howie bisa mengunjungi beberapa shooting range yang ada di Jakarta.

Blok M Shooting Range

Spot Menembak di Blok M Shooting Range

Punya pengalaman “nembak” di mall? (maksudnya bukan nembak orang untuk jadi pacar, ya 😀 ) Kalau belum, Sobat Howie bisa datang ke Blok M shooting range. Berada agak tersembunyi di dalam Blok M Plaza, tempat ini merupakan salah satu shooting range dengan kisaran harga paket menembak termurah di Jakarta. Sangat cocok untuk Sobat Howie yang masih belajar menembak. Sobat Howie bisa memilih paket menembak seharga 35 ribu untuk mendapatkan 15 peluru dan 2 sasaran tembak, serta paket seharga 50 ribu untuk 35 peluru 3 sasaran tembak. Untuk senjatanya, Sobat Howie bisa memilih pistol atau senapan march. Durasi untuk setiap paket tidak dibatasi. Salah satu tempat wisata Jakarta yang relatif murah ini juga menyediakan paket membership bagi Sobat Howie yang ingin belajar menembak dengan didampingi penembak profesional. Untuk keterangan lebih lengkap tentang tempat ini, Sobat Howie bisa simak pengalaman Saat Saya Menembak di Blok M Shooting Range

Lapangan Tembak Senayan

Lapangan tembak senayan (from tni.mil.id)

Sobat Howie pasti kenal dengan gerai waralaba Bakso Lapangan Tembak Senayan, kan? Sobat Howie juga pasti tahu kalau nama dari waralaba tersebut digunakan karena gerai pertamanya dibuka di depan Lapangan Tembak Senayan.  Lapangan tembak yang dibangun pada tahun 1962 oleh Gubernur Ali Sadikin ini berlokasi di tengah area Gelora Bung Karno. Harga paket menembak ditempat yang digunakan oleh Perbakin Pusat ini relatif lebih mahal dari Blok M Shooting Range, yaitu sebesar 150 ribu untuk satu kali permainan dengan 20 butir peluru dan 2 sasaran tembak saat weekend.

Jayakarta Shooting Range

Berlokasi di Lapangan Tembak Falatehan, Kodam Jaya, Jalan Mayjend Sutoyo, Cililitan, Jakarta Timur, shooting range yang berada dibawah naungan Komando Daerah Militer Jaya ini terbuka untuk masyarakat sipil yang ingin belajar menembak.

Satria Shooting Club

Dengan lokasi latihan di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing 1 Paskhas Jl. Kumboyono No. 1 Pondok Gede, Jakarta Timur, Perbakin Satria Shooting Club mewadahi penggemar olahraga menembak dan airsoft gun.

3. Wisata Kuliner Unik

Ilustrasi wisata kuliner unik (from magzter.com)

Jakarta memiliki beraneka ragam lokasi wisata kuliner. Mulai dari kuliner lokal, mancanegara, hingga perpaduan keduanya. Howie and Belle merangkum beberapa destinasi kuliner unik yang bisa menjadi favorit anda dibawah ini:

Menggoreng Japanesse Street Food Sendiri di Kushiya Monogatari

Menggoreng Japanesse Street Food Sendiri di Kushiya Monogatari (from pergikuliner.com)

Restoran Jepang yang berlokasi di mall Central Park, Jakarta Barat dan AEON BSD, Tangerang ini marupakan salah satu dari beberapa restoran all you can eat murah di Jakarta dan sekitarnya. Berbeda dari restoran all you can eat lain yang menyediakan menu utama berupa suki dan grill, menu utama restoran ini adalah aneka deep fried Japanesse street food yang bisa Sobat Howie goreng sendiri dengan deep fryer yang ada di setiap meja. ebelum digoreng, Sobat Howie bisa melumuri bahan makanan tersebut dengan batter dan panko (bread crumbs ala Jepang yang lebih lembut) yang disediakan. Selain itu ada 7 jenis saus yang disediakan untuk menambah rasa makanan setelah digoreng. Menu street food siap goreng yang disediakan juga beraneka ragam, mulai dari taiyaki, tuna roll, shrimp, konyaku, takoyaki, crab stick, beef, ayam dan banyak lagi. Selain makanan deep fried, restoran ini juga menyediakan sushi, nasi goreng, mashed potato, beberapa pilihan pasta dan salad, beef teriyaki,  beef stew, kari, dan chicken kaarage, shabu-shabu, serta beberapa pilihan snack dan dessert. Penasaran? Simak ulasan Howie and Belle tentang Kushiya Monogatari dan AYCE murah lainnya di artikel 5 Restoran All You Can Eat Murah di Jakarta dan Sekitarnya – Part 2

Mencicipi versi modern dari menu tradisional di Kedai Locale

Kedai Locale (from pergikuliner.com)

Cafe dengan nuansa Jawa yang kental pada interiornya ini menawarkan beberapa menu tradisional Indonesia dalam versi original dan versi modern, seperti menu  beras kencur yang bisa dibandingkan dengan menu beras kencur soda, kunyit asam dengan kunyit asam soda, cendol biasa dengan ice cendol latte, pure ginger (alias wedang jahe) dengan ginger lime, ginger latte, dan milky ginger (alias susu jahe). Nah, anda lebih suka versi original atau versi modern nih? Selain itu, cafe ini juga menyediakan menu makanan berat dan snack yang unik seperti cake martabak, pasta kemangi, tenderloin cabe hijau, cake coklat tape, dan sebagainya. Keterangan lebih lengkap tentang cafe ini bisa dilihat di review 3 Pilihan Cafe di Rawamangun, Jakarta Timur oleh Howie and Belle.

Ngopi dengan suasana London di Sanderson Coffee

Ngopi dengan suasana London di Sanderson Coffee

Ngopi di Jakarta dengan suasana London? Emang bisa? Jawabannya, tentu saja bisa! di Sanderson Coffee, Sobat Howie bisa ngopi dan bersantai sambil ngemil dalam cafe dengan interior yang membuat Sobat Howie merasa seperti berada di London. Bisa sambil foto-foto juga, loh 😀 Ada hiasan telephone box, wallpaper bergambar bus double decker, big ben dan sebagainya. Menu kopi di tempat ini cukup lengkap, mulain dari espresso, tonic coffe, cold brew coffee v60, dan masih banyak lagi. untuk menu kopi single origin, Sobat Howie bisa memilih jenis kopi dan teknik pembuatan kopi yang diinginkan (aero press / V60 / syphon). Untuk Sobat Howie yang kurang suka kopi, ini juga menyediakan berbagai minuman non-kopi dan cake. Untuk keterangan lebih lengkap, Sobat Howie bisa lihat review 3 Coffee Shop Favorit di Jakarta Timur versi Howie and Belle.

Perpaduan citarasa western dan lokal di Pause Cafe

Perpaduan citarasa western dan lokal dalam Spaghetti Rawon di Pause Cafe

Cafe dengan suasana super homy ini memadukan citarasa western dan lokal pada menu makanan yang ditawarkan, seperti spaghetti rawon, bistik Jawa, sandwich oncom, dan lain-lain. Cafe ini juga menawarkan berbagai minuman modern dan tradisional seperti wedang uwuh, ice chocholate mint, teh sereh lemon, coffee mint, dan sebagainya. Menu kopi yang ditawarkan juga sangat lengkap, mulai dari espresso, picollo, vietnam drip, risretto, aneka latte, dan banyak lagi. Mau tahu lebih banyak tentang cafe ini? Klik aja artikel 3 Pilihan Cafe di Rawamangun, Jakarta Timur

Kalau Sobat Howie bisa melipir sedikit dari Jakarta, ada beberapa destinasi wisata kuliner unik di Bogor dan Tangerang Selatan:

Kulineran sambil belanja dan berkeliling hutan di Cimory Riverside Bogor

Kemungkinan besar Cimory Riverside adalah destinasi kuliner dengan berbagai pilihan sarana rekreasi yang paling lengkap di Bogor. Selain menikmati berbagai menu dengan pemandangan sungai yang bersih dan asri, Sobat Howie juga bisa memasuki Cimory Forest, yaitu sebuah hutan mini yang berada di area ini. Di dalam hutan ini, Sobat Howie akan menemukan tiga area yang berbeda, yaitu Mini Zoo yang berisi berbagai hewan dalam kandang, Mini Farm, dan Taman Pelangi yang berisi lampion beraneka bentuk dan warna. Selain itu, tempat ini juga menyediakan kids playground, factory outlet, monster aquarium, pabrik coklat yang bisa dilihat pengunjung, kids playground, factory outlet, pusat oleh-oleh, dan museum 3D. Lengkap kan? Untuk keterangan detail, Sobat Howie bisa simak cerita saat Howie and Belle Menghabiskan Weekend di Cimory Riverside Puncak Bogor

Makan Sushi Bareng Naruto di Sushi Naru

Makan Sushi Bareng Naruto di Sushi Naru

Makan sushi bareng temen, pasti sudah biasa. Kalau makan sushi bareng Naruto? pasti luar biasa! Di Sushi Naru, Sobat Howie bisa makan sushi sambil membaca berbagai komik, termasuk komik Naruto yang memang disediakan di setiap meja untuk dibaca pengunjung. Sobat Howie yang penggemar anime, khusunya Naruto pasti betah banget disini. Apalagi, restoran ini adalah satu-satunya tempat di Indonesia dimana Sobat Howie bisa bertemu dengan Hokage ke-6. Penasaran kan? Cek ulasan lengkap Howie and Belle tentang Sushi Naru.

Sebagai salah satu dari 5 restoran sushi murah di Jakarta dan sekitarnya, restoran ini menyediakan berbagai pilihan frenzy sushi seharga 15 ribu rupiah per porsi dan berbagai menu ala carte lainnya dengan harga yang terjangkau. Selain menu ala carte, restoran ini juga menyediakan paket all you can eat murah meriah. Yap, Sushi Naru juga merupakan salah satu dari beberapa restoran all you can eat murah yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Dengan biaya sebesar 125 ribu rupiah, Sobat Howie bisa makan sepuasnya tanpa batasan waktu. Asyik banget ya. Mau tahu apa saja restoran sushi murah lainnya? Cek ulasan Howie and Belle tentang 5 restoran sushi murah di Jakarta dan sekitarnya.

Makan sambil berfoto narsis di Kullerfull Coffee and Eatery BSD yang instagramable

Spot instagramable untuk makan sambil berfoto narsis di Kullerfull Coffee & Eatery BSD

Makan di cafe sambil ngobrol seru dan berfoto-foto dengan teman-teman memang biasa. Tapi bagaimana jika dilakukan di cafe yang makanannya enak, harganya ramah di kantong, dan tempatnya benar-benar instagramable? Pasti asik dan seru banget, ya? Sobat Howie bisa mendapatkannya di Kullerfull Coffe and Eatery. Selain menu yang enak, cafe ini juga menawarkan harga yang murah meriah. Sobat Howie hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 16.500 hingga 42.500 untuk mencicipi berbagai menu di cafe ini. Menu makanannya terdiri dari appatizer, main course, dan snack. Untuk menu minuman, selain menyediakan berbagai jenis kopi, cafe ini juga menyediakan berbagai pilihan minuman lain. Selain itu, dengan harga sehemat itu Sobat Howie juga bisa berfoto dengan suasana sangat instagramable di tempat ini. Beberapa properti dan lukisan di dinding memang diperuntukan sebagai background dan properti foto pengunjung. Untuk suasana maskulin, Sobat Howie bisa mengambil foto di lantai 1 yang didominasi warna putih dan biru. Sementara untuk nuansa yang lebilh girly, Sobat Howie bisa memilih berfoto di lantai 2 yang didominasi warna pink dan ungu. Untuk keterangan lebih lengkap, simak pengalaman Howie and Belle saat makan sambil selfie di Kullerfull Coffee and Eatery

4. Mengenal Indonesia Lebih Dekat Melalui Museum Sejarah

Mengenal Indonesia Lebih Dekat Melalui Museum Sejarah (Foto: Museum Fatahillah from id.wikipedia.org)

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno pernah berkali-kali mengucapkan semboyan Jasmerah, singkatan dari “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”. Sayangnya, di era modern seperti ini sebagian anak muda kurang tertarik untuk mengenal sejarah karena dianggap membosankan. Nah, di berbagai museum ini, Sobat Howie bisa berwisata sekaligus mengenal sejarah Indonesia dengan cara yang lebih seru dan menyenangkan. Selain itu, museum sejarah merupakan tempat wisata di Jakarta yang paling murah. Sayang sekali kalau Sobat Howie melewatkan beberapa museum berikut ini:

Museum Bahari

Museum Bahari (from pesona.travel)

Museum yang satu ini adalah tempat untuk mengenal sejarah kemaritiman Indonesia. Museum ini menampilkan berbagai jenis perahu Indonesia, mulai dari perahu tradisional hingga kapal zaman VOC serta berbagai peralatan kapal seperti peralatan navigasi, jangkar, dan teropong. Museum ini juga menampilkan data jenis dan lokasi sebaran ikan di Indonesia, serta biota-biota laut. Bahkan, ada juga koleksi lagu tradisional dan cerita rakyat dari masyarakat nelayan, lho. Lengkap banget ya?

Museum Purna Bhakti Pertiwi

Museum Purna Bhakti Pertiwi (from tamanmini.com)

Museum yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah ini menampilkan aneka cinderamata dari para diplomat dan pimpinan negara lain berupa patung, guci, serta berbagai barang kerajinan lain yang terbuat dari keramik, logam, dan aneka batuan yang sangat menarik untuk dilihat. Salah satu koleksinya adalah replika Peraduan Putri China yang terbuat dari batu giok-jadeite berwarna hijau yang berasal dari Yunan, China. Konon, replika ini menyerupai peraduan putri China di masa Dinasti Sung dan Dinasti Ming. Ada juga patung burung dara perak yang merupakan pemberian dari Ruud Lubbers, Perdana Menteri Belanda yang memerintah tahun 1982-1994, dan masih banyak lagi. Selain menampilkan cinderamata, salah satu tempat wisata Jakarta yang relatif murah ini juga memiliki satu ruang perpustakaaan yang berisi buku-buku untuk orang dewasa hingga anak-anak.

Wisata Sejarah di Kota Tua

Wisata Sejarah di Kota Tua (from sejarahlengkap.com)

Kota Tua memang identik dengan berbagai museum didalamnya, diantaranya Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, dan Museum Wayang. Bingung mau datang ke museum yang mana? Sesuaikan aja dengan keinginan Sobat Howie. Kalau Sobat Howie mau tahu lebih banyak tentang sejarah kota Jakarta, Sobat Howie bisa datang ke Museum Fatahillah yang menampilkan benda-benda saksi bisu perjalanan sejarah Jakarta sejak masa kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran hingga menjadi Jayakarta. Jika ingin mengenal sejarah sistem transaksi bangsa Indonesia, dateng aja ke Museum Bank Indonesia, Bank BNI, dan Bank Mandiri. Spot favorit saya ada di salah satu museum ini, yaitu replika tumpukan emas batangan di Museum Bank Indonesia. Lumayan bikin silau mata walau hanya replika :-p Untuk Sobat Howie yang ingin melihat berbagai karya seni rupa buatan para seniman Indonesia, Sobat Howie bisa melihatnya di Museum Seni Rupa dan Keramik. Di museum ini, ada berbagai karya buatan Hendra Gunawan, Raden Salleh, Dullah, dan Affandi. Sementara Museum Wayang sangat cocok dikunjungi Sobat Howie untuk melihat berbagai wayang dan boneka dari seluruh Indonesia dan mancanegara.

Selain berkunjung ke museum, banyak hal lain yang bisa Sobat Howie lakukan di salah satu tempat wisata Jakarta yang murah ini, mulai dari berfoto bersama para art performer berpenampilan unik, menyusuri taman fatahillah dengan sepeda onthel dan topi lebar sewaan, dibuatkan gambar sketsa oleh pelukis, jajan di berbagai cafe dan resto yang tersedia, serta membeli cinderamata yang dijual di pinggir jalan.

5. Refreshing dengan wisata alam di tengah kota

Refreshing dengan Wisata Alam di Tengah Kota

Penat dengan kepadatan dan hiruk pikuk kota? Sobat howie bisa langsung “kabur” ke alam bebas. Kalau hanya punya waktu yang terbatas, Sobat Howie masih bisa refreshing dengan wisata alam di tengah kota. Di Jakarta, ada banyak pilihan tempat wisata alam seperti hutan mangrove, hutan kota, pantai, dan kepulauan.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk ( from travelspromo.com)

Siapa bilang Jakarta ga punya hutan? Untuk Sobat Howie yang lelah dengan hiruk pikuk kota, bisa melipir ke tempat ini. Selain bisa menikmati sejuknya udara di hutan mangrove, Sobat Howie juga bisa menyusuri hutan mengrove ini dengan kano dan sepeda air sewaan yang harganya tidak terlalu mahal, yaitu 100 ribu rupiah. Kalau datang rame-rame bersama teman dan keluarga, Sobat Howie bisa memilih untuk sewa perahu, tapi harganya lebih mahal, yaitu 250 ribu rupiah untuk enam orang. Disini Sobat Howie juga bisa menambah ilmu dengan mengikuti short course menanam pohon mangrove dengan biaya 150 ribu rupiah.

Kalau mau datang kesini, sebaiknya Sobat Howie meninggalkan kamera DSLR dan mirrorless di rumah ya, karena kalau membawa kamera tersebut, Sobat Howie bisa dikenai charge 1 juta rupiah. Jadi sebaiknya, manfaatkan aja kamera hp sebaik-baiknya disini. Disarankan juga untuk membawa topi dan memakai sunscreen, karena matahari di tempat ini cukup terik di saing hari.

Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng (from infofotografi.com)

Selain museum sejarah, tempat wisata Jakarta yang paling murah berikutnya adalah hutan kota. Hutan kota Srengseng yang memiliki 5000 tumbuhan dari 74 varietas ini bisa jadi salah satu destinasi wisata untuk semua umur. Harga tiketnya juga relatif murah, yaitu dua ribu rupiah per orang. Di tempat ini Sobat Howie bisa jogging atau sekedar jalan-jalan di jogging track yang tersedia. Bisa juga memancing di danau yang ada disini. Tapi jangan lupa bawa umpan dan peralatan sendiri, ya karena hutan ini tidak menyediakan penyewaan alat pancing. Mau piknik di tempat ini? bisa juga. Tinggal bawa tikar dan perbekalan secukupnya, Sobat Howie bisa langsung pikinik deh disini. Tempat ini juga cocok untuk anak-anak, Sobat Howie bisa mengajak adik kecil, keponakan, atau anak Sobat Howie bermain di playground hutan kota ini. Selain itu, Sobat Howie juga bisa mengenalkan nama Indonsia dan nama latin dari berbagai jenis tumbuhan di hutan kota ini melalui label yang ada pada setiap tumbuhan. Untuk Sobat Howie yang menyukai olahraga wall climbing, hutan kota ini juga menyediakan sarana untuk latihan untuk olahraga tersebut, tapi harus dengan seizin pengurus tempat ini.

Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu (from traveloka.com)

Kepulauan seribu terdiri dari ratusan pulau yang tersebar di bagian utara Jakarta. Sebagian pulaunya sudah berpenghuni dan memiliki fasilitas penginapan, tempat makan, dan permainan air beserta penyewaan peralatan yang memadai. Sementara sebagian  pulaunya yang belum berpenghuni sering dijadikan tempat wisatawan berkemah dengan tenda, maupun sekedar snorkeling dan diving dengan peralatan pribadi. Ada banyak hal yang bisa Sobat Howie lakukan disini, mulai dari snorkeling dan diving yang bisa dilakukan di hampir semua pulau; bermain banana boat, jetski, dan permainan air lainnya di Pulau Tidung; wisata sejarah di Pulau Onrust, Cipir, dan Kelor; belajar budidaya rumput laut di Pulau Pari; melihat penangkaran penyu sisik dan hiu di Pulau Pramuka; serta berkunjung ke penangkaran elang bondol di Pulau Harapan. Pokoknya, Sobat Howie ga akan bosan ke kepulauan ini karena ada banyak pulau dengan karakteristik berbeda yang bisa di explore.

Pantai Ancol

Pantai ancol (from traveloka.com)

Pantai yang berada di area Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki beberapa area, yang paling terkenal adalah pantai carnaval, pantai festival, dan pantai lagoon. Di sepanjang pantai ini, Sobat Howie tidak hanya bisa bermain air, bermain pasir, berjalan di dermaga, dan naik perahu nelayan saja, karena ada banyak fasilitas yang tersedia seperti berbagai gerai makanan, tempat penyewaan sepeda, wahana permainan anak aquafun, pasar seni, gondola, hingga mall Ancol Beach City. Bosan nongkrong di pantai? Sobat Howie bisa melanjutkan rekreasi di berbagai destinasi wisata seru yang juga berada di area Taman Impian Jaya Ancol ini seperti Atlantis Water Adventure, Ocean Dream Samudra, Seaworld, Alianz Ecopark, Faunaland, Epicable Park, dan tentu saja tempat favorit sejuta umat: Dunia Fantasi.

Sobat Howie, itu tadi rangkuman 5 tempat wisata Jakarta murah meriah selain mall. Mana yang akan jadi pilihan liburan Sobat Howie untuk liburan mendatang? 🙂

Kalau Sobat Howie lebih memilih untuk menghabiskan waktu liburan di rumah, jangan lupa simak juga 7 Ide Liburan Seru di Rumah ala Howie and Belle 🙂

Credit: Featured photo from goodnewsfromindonesia.id

Write A Comment

15 − 9 =

Pin It