Inspirasi

7 Alasan Untuk Memberikan Yang Terbaik di Tempat Kerja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Terdapat kata kata bijak kehidupan yang mengungkapkan bahwa: “Apa yang Anda berikan, itulah yang akan Anda dapatkan”. Ketika Anda memberikan yang terbaik, maka Anda akan mendapatkan yang terbaik. Hal ini tentu berhubungan dengan etos kerja yang Anda miliki. Jadi mulailah untuk Anda memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang Anda geluti. Jadilah yang terbaik untuk melayani dalam setiap keadaan.

Ketika Anda berhasil membangkitkan semangat di dalam diri Anda, maka energi tersebut akan menular kepada orang lain di sekitar Anda. Jangan pernah menjadi malas dan lesu dalam menghadapi tantangan pekerjaan. Miliki mental untuk memberikan yang terbaik di sepanjang proses kerja. Semua kebaikan yang Anda berikan akan menjadi jalan untuk membawa Anda mencapai tangga kesuksesan.

Masalahnya adalah sangat sulit untuk memberikan yang terbaik apabila Anda tidak mempunyai tujuan dalam bekerja. Dalam bukunya yang berjudul The 7 Habits of Highly Effective People, Stephen R. Covey mengungkapkan bahwa kita harus memfokuskan waktu dan energi pada hal yang bisa kontrol. Salah satu hal yang dapat kita kontrol adalah mulai dari tujuan terakhir, yang berarti kita perlu membayangkan kondisi akhir yang ingin kita capai. Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup energi untuk terus melangkah menggapai mimpi.

Apabila Anda telah menetapkan visi dalam hidup Anda dan membangunnya dalam landasan etos kerja yang baik, pasti Tuhan akan membukakan jalan. Untuk membantu Anda menetapkan visi tersebut, Howie juga telah merangkum 7 alasan kenapa Anda harus memberikan usaha yang terbaik di tempat kerja.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Kerja Karyawan Untuk Berjuang Keras Gapai Mimpi

7 Alasan Memberikan Yang Terbaik

karyawan yang bekerja dengan hati
karyawan yang bekerja dengan hati

1. Banyak Orang Melihatnya

Ketika kita melakukan sesuatu, maka banyak orang yang akan melihat pekerjaan kita. Tidak hanya atasan, rekan kerja dan bawahan juga akan menilai kualitas dari pekerjaan kita. Ketika Anda berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dalam segala keadaan, maka orang yang melihatnya akan memberikan Anda nilai yang baik. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa salah satu dari mereka akan menjadi rekan bisnis Anda di masa depan. Anda tidak mau kan kalau mereka menilai Anda sebagai pribadi yang tidak dapat diandalkan?

2. Menjaga Harga Diri

Ketika Anda telah bekerja selama bertahun – tahun, tentunya Anda sudah memiliki posisi jabatan yang baik. Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua orang. Tidak semua orang dapat menjadi pimpinan. Alasan yang terutama adalah karena jalur karir tersebut adalah anak tangga dan setiap anak tangga memiliki kapasitas yang terbatas.

Ketika Anda melihat teman yang dulu masuk sudah mendapatkan karir yang lebih baik, mungkin awalnya akan biasa saja. Tetapi lama kelamaan mungkin hal ini akan merusak jati diri dan membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Setidaknya berusahalah untuk berada di career path yang normal dan tidak tertinggal dari teman – teman Anda.

3. Tanggung Jawab

Anda perlu mengingat bahwa Anda tidak bekerja untuk diri sendiri. Pada titik tertentu, pasti Anda perlu menghasilkan suatu pekerjaan yang digunakan oleh orang lain. Nah! kita perlu memastikan bahwa kita telah memberikan yang terbaik untuk menghasilkan barang dan jasa berkualitas tinggi sehingga dapat memuaskan mereka yang menggunakan hasil pekerjaan Anda.

4. Membantu Orang Lain

Ketika Anda tidak bekerja dengan baik, maka Anda akan merepotkan diri sendiri dan juga orang lain. Atasan Anda akan menjadi frustasi atas hasil pekerjaan Anda, bahkan rekan kerja Anda akan kerepotan untuk menutupi gap karena kualitas pekerjaan Anda yang seadanya. Dengan memberikan yang terbaik, maka Anda dapat menolong mereka. Setidaknya menolong diri Anda sendiri agar tidak menjadi cibiran dari rekan kerja Anda.

5. Membentuk Kebiasaan

Dalam bukunya yang berjudul The Power of Habit, Charles Duhigg menyatakan bahwa diperlukan 40 hari untuk seseorang dapat membentuk suatu kebiasaan. Ketika Anda terbiasa untuk memberikan yang terbaik di tempat kerja, maka Anda juga akan memberikan yang terbaik di bidang kehidupan yang lain. Karena memberikan yang terbaik adalah kebiasaan Anda. Itulah karakter Anda.

6. Membangun Jaringan

Howie rasa semua orang pasti suka bekerja dengan orang yang dapat diandalkan. Dengan memberikan yang terbaik, maka Anda akan menjadi tumpuan bagi atasan dan rekan kerja Anda. Bahkan Anda akan dinilai baik oleh seluruh orang yang pernah bekerja sama dengan Anda. Ketika ada suatu peluang dalam bekerja, pasti Anda adalah orang yang mereka ingat pertama kali!

7. Membuat Portfolio

Pada saatnya nanti, Anda pasti akan bekerja di tempat lain. Apalagi generasi milenial dikenal sebagai kutu loncat karena senang berpindah – pindah perusahaan. Pada saat inilah Anda akan membuat CV dan surat lamaran, bahkan melalui tahapan wawancara. Apabila Anda mengukir prestasi di tempat lama, maka hasilnya pasti akan terus bergaung sampai di masa depan!

Baca juga : 10 Alasan Untuk Pindah Kerja Yang Paling Tepat

Itulah 7 alasan kenapa Anda harus memberikan yang terbaik di tempat kerja. Semoga informasi ini bermanfaat bagi diri Anda. Jangan lupa share ya untuk memberikan inspirasi kepada karyawan / pekerja yang lainnya.

Write A Comment

8 − 5 =

Pin It