Inspirasi

Tips Menjadi Karyawan Terbaik di Tempat Kerja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap perusahaan pasti memiliki karyawan sebagai tenaga untuk menjadi penggerak di dalam organisasi perusahaan. Karyawan merupakan aset yang memiliki pengaruh penting terhadap kesuksesan suatu perusahaan. Apalagi bakal calon pimpinan perusahaan pastilah dari karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk dapat masuk ke dalam radar bakal calon pimpinan, tentulah karyawan perlu memberikan yang terbaik untuk dapat memberikan hasil yang berkualitas. Hasil pekerjaan yang akan membuat atasan sumringah dan tidak segan untuk memberikan bonus, bahkan mempromosikan karyawan tersebut ke jenjang karir berikutnya.

Apabila Anda adalah salah satu karyawan dan ingin cepat menjadi pimpinan, ini adalah tips untuk menjadi karyawan terbaik di tempat kerja Anda saat ini.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Kerja Karyawan Untuk Berjuang Keras Gapai Mimpi

Tips Menjadi Karyawan Terbaik

tips menjadi karyawan terbaik adalah memberi masukan tanpa diminta
tips menjadi karyawan terbaik adalah memberi masukan tanpa diminta

1. Memiliki Target Yang Menantang

Pada umumnya, karyawan terbaik akan memiliki target yang menantang untuk dikerjakan. Tentunya target tersebut perlu disusun dengan metode SMART sehingga dapat dicapai. Setelah itu, dia akan berkomitmen untuk mencapai goal tersebut dengan sepenuh hati. Dia akan memberikan kemampuan terbaiknya untuk mencapainya dalam target waktu yang ditetapkan. Pada prosesnya, karyawan terbaik tidak akan mengambil jalan pintas dan tidak menghalalkan segala cara serta menjauhi hal – hal yang bersifat transaksional.

2. Datang Tepat Waktu

Orang – orang yang berhasil menjadi karyawan terbaik adalah mereka yang berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, termasuk dalam hal waktu. Dia akan rajin bangun pagi sehingga dapat datang ke kantor dengan tepat waktu. Selain itu, karyawan terbaik akan memanfaatkan delapan jam kerja secara efektif dan efisien sehingga seluruh pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

3. Ahli di Pekerjaan

Menjadi expert / ahli dalam pekerjaan Anda adalah suatu keharusan bagi Anda yang ingin menjadi karyawan terbaik. Dengan menjadi ahli, maka tim akan mengandalkan Anda dalam segala hal. Oleh karena itu, asah ketrampilan Anda dengan terus belajar selama minimal 10.000 jam. Hal ini sesuai dengan riset yang dilakukan oleh Gladwell dalam bukunya yang berjudul Outliers. Menurut Gladwell, Anda perlu meluangkan minimal 20 jam setiap minggunya selama 10 tahun (hukum 10.000 jam)

4. Menjadi Bagian dari Solusi

Hentikanlah bergosip ketika menemukan sesuatu yang salah. Jadilah bagian dari solusi dengan menawarkan bantuan atau memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Paling tidak ajukanlah satu saran untuk sebuah permasalan ketika sedang meeting sehingga atasan sadar bahwa Anda adalah bagian dari problem-solver (bukan masalah). Pada saatnya nanti, Anda akan terus dilibatkan untuk mengambil keputusan di tingkat yang lebih tinggi.

5. Menjadi Mentor

Seorang karyawan teladan adalah mereka yang dapat menjadi contoh bagi karyawan lainnya. Luangkanlah waktu Anda untuk melatih karyawan baru atau junior yang masih asing dengan dunia kerja sehingga mereka dapat beradaptasi dengan baik. Jangan takut untuk berbagi karena berbagi adalah ini adalah awal untuk mendapatkan berkat yang luar biasa.

Baca juga : 7 Alasan Untuk Memberikan Yang Terbaik di Tempat Kerja

Itulah 5 tips untuk menjadi karyawan terbaik. Semoga bermanfaat bagi perkembangan karir Anda. Jangan lupa share agar orang lain mendapatkan manfaatnya juga.

Write A Comment

eleven + 14 =

Pin It