Desain

Apa itu User Experience?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai user experience (UX), kita pasti membayangkan mengenai pengalaman user ketika menggunakan suatu produk / layanan yang sedang digunakan. Pada umumnya, user experience berhubungan dengan platform aplikasi dan merupakan salah satu tren teknologi yang perlu diperhatikan oleh para pengembang (developers).

Apa itu user experience?

User experience (EX) memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu Pengalaman Pengguna. Definisi user experience adalah pengalaman yang diberikan oleh suatu website atau software sehingga memiliki interaksi yang menarik dan berkesan.

Beberapa waktu lalu, seluruh developer hanya memperhatikan fungsi dari aplikasi, tanpa mempertimbangkan design. Saat ini pasar menuntut suatu aplikasi yang canggih dan juga memiliki design yang cantik.

Bahkan ada kata – kata bijak yang berkata, “Design adds value faster than it adds cost”. Hal ini berarti desain memberikan nilai tambah yang tinggi kepada produk dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Dengan kata lain, mempercantik desain maka meningkatkan keuntungan.

Berdasarkan data dari her.ie, rata – rata orang di dunia menggunakan Instagram selama 32 menit setiap harinya. Data lain memprediksi bahwa transaksi di toko online mencapai Rp 280 triliun di tahun 2022 nanti. Hal ini menunjukkan bahwa kita telah menikmati user experience yang ditawarkan oleh Instagram dan toko online.

Mengapa user experience penting?

Terdapat beberapa keuntungan yang kita dapatkan ketika berhasil menciptakan user experience yang bagus, yaitu :

1. Menarik minat pengguna

Tujuan aplikasi atau website dibuat tentu saja untuk melayani atau memberikan informasi kepada pengguna bukan? Apabila aplikasi tidak menarik, sudah pasti akan ditinggalkan oleh para usernya.

2. Meningkatkan engagement

Salah satu keuntungan terbesar dari user experience adalah meningkatkan engagement dari pengguna aplikasi Anda. Berdasarkan data dari imaginovation, 79% pengunjung akan meninggalkan website yang desainnya tidak bagus. Apabila mereka puas, maka persentase return user akan semakin tinggi.

3. Competitive advantage

Saat ini persaingan usaha online sudah semakin tinggi. Fungsi yang ditawarkan oleh semua toko online sebenarnya sama yaitu mempertemukan penjual dan pembeli. Lalu apa yang membedakan toko Anda? Ya. Desain adalah jawabannya!

Itulah 3 keuntungan dari user experience sehingga pantas kalau kita katakan bahwa user experience itu sangat penting. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Write A Comment

1 × 5 =

Pin It