Lifestyle

7 Aplikasi Virtual Reality yang Bagus untuk Android

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dikutip dari Marxentlabs, Virtual Reality dapat diartikan sebagai teknologi komputer yang dapat membuat sebuah dunia baru secara maya (computer simulated environment). Tidak seperti User Interface (UI) tradisional yang menempatkan user di luar dari sistem, teknologi VR memberikan pengalaman yang jauh berbeda. Tidak hanya memberikan pengalaman duduk di depan layar, Teknologi VR mampu untuk “menenggelamkan” user ke dalam sebuah dunia 3D.

Dengan merangsang banyak indera manusia, seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan, bahkan indera penciuman, teknologi VR menjadi gerbang untuk masuk ke dalam dunia buatan ini. Tidak ada batasan terhadap dunia ini. Sepanjang kita dapat memikirkan dan membayangkannya, maka kita dapat membuat dunia itu nyata secara virtual imajinasi. Luar biasa bukan?

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

Teknologi VR saat ini juga telah hadir di dalam dunia game. Seiring dengan perkembangan zaman, kita tidak hanya dapat bermain game menggunakan konsol seperti PS4 atau Mobile Game loh, kita bahkan dapat menjadi salah satu tokoh dalam game tersebut dengan menggunakan alat bantu berupa kacamata VR. Bahkan teknologi VR dapat Anda pakai langsung menggunakan smartphone Android Anda dengan menggunakan aplikasi khusus.

Maka dari itu, sebelum Anda mulai bermain game atau menonton video 360°, pastikan Anda telah memiliki aplikasi VR terlebih dahulu di smartphone Anda. Kali ini Howie akan membahas mengenai aplikasi terbaik untuk aplikasi Android yang dapat Anda install dengan menggunakan playstore. Berikut ini 7 aplikasi virtual reality yang bagus untuk pengguna android.

Aplikasi Virtual Reality Terbaik

aplikasi virtual reality terbaik untuk android

1. Cardboard

01-cardboard

Google menawarkan aplikasi virtual reality untuk smartphone android yang diberi nama Cardboard. Google Cardboard dapat membantu memberikan pengalaman terbaik untuk VR favorit anda.

Aplikasi VR ini sudah bisa digunakan pada android versi 4.4 atau versi diatasnya.

Dengan menggunakan Cardboard, Anda bisa melihat 360° dari foto yang telah Anda ambil sebelumnya. Aplikasi ini juga dapat membawa anda untuk mengelilingi bumi dalam dunia virtual reality.

Bagi anda yang tertarik dengan artefak budaya juga dapat mengamati secara detail dari setiap sudutnya dengan bantuan aplikasi VR ini.

2. Youtube

02-youtube-vr

Pastinya anda sering membuka youtube bukan ? Tetapi sudahkah anda menikmati video 3D yang mendukung virtual reality di youtube ? Dengan menggunakan aplikasi youtube yang sudah sering anda gunakan itu, anda bisa menikmati video dengan bantuan headset VR.

Memang sampai artikel ini dibuat baru sedikit channel youtube yang mendukung V, tetapi anda bisa menemukan channel youtube yang sudah mendukung VR dengan sangat mudah. Ketikkan saja kata kunci video 360° atau video 3D VR, maka youtube akan menampilkan banyak channel yang sudah mendukung teknologi VR.

3. Google Daydream

03-daydream

Satu lagi aplikasi android besutan Google yang mendukung teknologi VR. Aplikasi kali ini bernama Google Daydream. Aplikasi VR Google Daydream memerlukan headset yang berasal dari buatan google juga, namanya yaitu Google Day Dream View.

Aplikasi virtual reality yang keren ini menghadirkan banyak fitur-fitur menarik. Apalagi koleksi aplikasi dan game yang ada terus berkembang dan memberikan banyak pilihan bagi penggunanya. Dengan pengontrol yang dimiliki oleh headset Google Day Dream View, anda bisa menggerakan tangan dengan leluasa saat menikmati game.

4. Netflix VR

04-netflix-vr

Dengan aplikasi Netflix VR anda bisa lebih menikmati acara TV dan film favorit melalui layar smartphone Anda. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa berjalan dengan android versi 7.0 atau diatasnya. Sehingga bagi anda yang smartphone nya masih menggunakan android versi lama tidak bisa menikmati aplikasi VR ini.

Selain itu, film yang mendukung virtual reality di netflix juga masih jarang. Tetapi tidak ada salah nya bagi anda yang sudah berlangganan netlix untuk menunggu update dari aplikasi VR ini.

5. Minos Starfighter VR

05-minos

Minos Starfighter VR adalah aplikasi android yang mengharuskan smartphone anda kompatibel dengan aplikasi Google Cardboard. Aplikasi game virtual reality ini dapat membuat anda menghabiskan waktu luang dengan lebih menyenangkan.

Dalam permainan, anda bisa mengemudikan pesawat ruang angkasa dan menembak laser. Pertempuran yang seru ini menggunakan grafis AAA dan suara 3D, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih berkesan.

Aplikasi virtual reality terbaik bisa anda temukan di Play Store dan anda diharuskan untuk membayar setidaknya tujuh belas ribu rupiah.

6. InCell VR

06-inCell

Game bertema pendidikan ini mengajarkan anak-anak untuk mempelajari tentang tubuh manusia.

InCell VR mempunyai alur cerita tentang peran anda yang menjadi kecil kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. Permainan menjadi semakin seru ketika anda melakukan perjalanan dan melawan virus flu.

Pemain juga diharuskan mempelajari beberapa organ manusia ketika pergi.

Aplikasi VR keren ini sangat menyenangkan untuk dimainkan dan minimal membutuhkan versi android 4.4 atau diatasnya pada smartphone anda

Dengan mendapat rating 4.1 dan telah diinstall lebih dari 500.000 pengguna, pastinya membuat anda semakin yakin  untuk harus mencoba game VR ini.

7. Fulldive VR

07 fulldive

Fulldive VR adalah aplikasi yang berfokus pada foto dan video 360 derajat. Aplikasi ini juga merupakan platform sosial yang memungkinkan anda untuk berkomentar dan membagikan video kepada teman-teman anda.

Semua konten aplikasi ini kebanyakan berasal dari youtube, facebook hingga youku yang pastinya sudah disetujui. Anda bisa gunakan aplikasi ini pada headset VR Daydream, Cardboard maupun Oculus.

Ada banyak fitur pada aplikasi ini yang diantaranya adalah streaming youtube 3D, 360, galeri foto VR 360. Anda juga bisa menyimpan video VR di smartphone dan memutarnya dengan bantuan aplikasi Fulldive VR. Dengan mendapat rating yang cukup tinggi di play store, aplikasi ini telah di install sebanyak lebih dari lima juta pengguna.

Baca juga : 7 Tips Memilih Kacamata VR yang Cocok untuk Anda

Jadi, tunggu apalagi. segera install salah satu atau semua aplikasi tersebut untuk mendapatkan sensasi terbaru bermain dengan menggunakan teknologi VR!

Write A Comment

one × one =

Pin It