Lifestyle

7 Tips Memilih Kacamata VR yang Cocok untuk Anda

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini sudah zamannya teknologi. Teknologi yang ada sudah jauh lebih maju daripada di awal tahun 2000-an. Dulu kita hanya bisa melihat Virtual Reality (VR) hanya di sebatas film saja, sedangkan saat ini kita bisa menggunakan sendiri teknologi tersebut. Dijamin kita akan mendapatkan sensasi yang belum pernah kita dapatkan sebelumnya.

Belakangan dunia game pun semakin seru karena teknologi VR tersebut telah menyentuh dan memberikan teknologi mereka untuk digunakan para gamer. Teknologi ini segera menjadi pusat perhatian karena bisa menstimulasi otak di dalam dunia maya. Para pengguna teknologi ini pun bisa berinteraksi secara langsung di dalam dunia tersebut.

Untuk dapat menggunakan teknologi VR, tentunya Anda memerlukan perangkata tambahan yang berbentuk kacamata atau headset. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membeli kacamata / headset (VR). Jangan sampai anda sudah membeli dan ternyata tidak cocok dipakai. Berikut ini tips memilih kacamata VR yang cocok untuk anda.

Baca juga : 10 Hal Sederhana Yang Membuat Otak Tambah Cerdas

Tips Memilih Kacamata VR

tips membeli kacamata VR yang cocok untuk Anda

1. Ketahui kondisi mata anda

Untuk bisa memilih kacamata VR yang cocok, perhatikan kondisi mata anda. Apakah normal, rabun dekat atau rabun jauh.

Jika kondisi mata anda rabun dekat atau rabun jauh, sebaiknya pilih kacamata VR yang ada fitur pengaturan rentang fokus yang memadai. Jangan sampai mata anda -3 tetapi kacamata VR yang anda beli hanya mendukung sampai -2. Tentu hal ini menjadi tidak berguna.

Banyaknya pilihan kacamata VR yang beredar dipasaran juga menawarkan rentang fokus yang bervariasi juga. Oleh karena itu, perhatikan fitur penting ini terutama bagi anda yang matanya mengalami rabun dekat atau rabun jauh.

2. Ketahui jenis kacamata VR

Ada beberapa macam pilihan kacamata VR. Jenis pertama yaitu kacamata VR yang membutuhkan smartphone untuk digunakan sebagai layar utamanya. Jenis yang pertama adalah kacamata VR untuk smartphone yang sudah satu paket dengan headphone atau hanya menggunakan suara dari smartphone saja.

Pilihan kedua yaitu headset VR standalone yang artinya sudah tersedia layar bawaan sehingga tidak membutuhkan layar smartphone lagi. Dengan mengetahui banyaknya jenis kacamata VR yang beredar dipasaran, anda dapat mengambil keputusan untuk memilih sebelum membelinya.

3. Adanya tambahan perangkat pendukung

Tidak semua headset VR mempunyai tambahan perangkat pendukung. Harga yang bervariasi tentunya menawarkan fitur yang bervariasi pula.

Jika anda ingin merasakan pengalaman terbaik dalam menjelajah dunia virtual reality. Pilihlah headset VR yang sudah satu paket dengan perangkat pendukung, contohnya adalah pengontrol yang digunakan di tangan anda. Dengan adanya pengontrol bawaan, anda tidak hanya dapat menggerakan kepala saja tetapi juga bisa menggerakan tangan anda.

Benda-benda yang anda lihat di dunia virtual tidak hanya dapat dilihat saja melainkan juga dapat dipegang dengan bantuan pengontrol tersebut.

4. Perhatikan jenis port

Kacamata VR untuk smartphone memiliki banyak pilihan port yang berbeda pula. Contohnya saja mikro USB atau USB tipe C. Perhatikan dengan benar tentang hal ini sebelum anda membeli kacamata VR. Jangan sampai jenis portnya tidak cocok dengan smartphone anda.

5. Ukuran layar Smartphone

Kebanyakan kacamata VR telah di desain untuk mendukung ukuran layar smartphone hingga 6 inci. Apabila layar smartphone anda memiliki ukuran hampir sebesar tablet, maka kacamata VR tersebut menjadi tidak bisa digunakan.

Hal ini penting untuk anda perhatikan sebelum membeli kacamata VR. Pastikan ukuran layar smartphone bisa pas dengan kacamata VR yang akan Anda gunakan.

6. Tampilan Luas layar headset VR

Pada umumnya headset VR memiliki tampilan layar seluas 120°. Tetapi ada juga beberapa merk kacamata VR yang hanya memiliki tampilan sudut pandang layar seluas 112°.

Contohnya saja Fiit VR Helmets 5F yang memiliki tampilan layar seluas 112°. Tetapi bisa mendukung smartphone yang berukuran sampai 6,3 inci.

Contoh lainnya yaitu Samsung Gear VR. Dengan fitur yang melimpah ternyata kacamata VR ini hanya memiliki bidang pandang 101°. Meskipun masih termasuk kategori yang luas, tetapi terasa kurang jika dibandingkan dengan merk VR lain ada yang sampai 120°.

Beberapa orang tentunya tidak mempermasalahkan hal ini karena hanya beda tipis. Tetapi sebaiknya anda mengetahuinya lebih dahulu sehingga bisa disesuaikan dengan selera anda.

7. Faktor kenyamanan

Beberapa merk kacamata VR menggunakan material yang bagus dan enak untuk digunakan. Tetapi ada juga beberapa merk kacamata VR yang menggunakan material standar. Faktor kenyamanan tentu menjadi perhatian penting bagi pengguna headset VR antusias.

Bagi anda yang suka menggunakan headset VR sampai berjam-jam lamanya pasti mengerti betul akan hal ini. Masalah seperti rasa gatal dibagian muka atau rasa kurang nyaman dibagian telinga tentunya akan sangat mengganggu.

Oleh karena itu, penting juga untuk membeli kacamata VR dengan material yang cocok dengan kenyamanan kulit anda.

Baca juga : 3 Cara Download Instagram Stories Terbaru dan Termudah Tahun 2019

Demikian penjelasan mengenai tips memilih kacamata VR yang cocok untuk anda. Semoga bisa dijadikan referensi bagi anda yang ingin membeli kacamata VR. Salam sukses luar biasa

Write A Comment

8 − 5 =

Pin It