Tips & Trik Jitu Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari

Belajar bahasa jerman – Yang namanya belajar pasti akan selalu terasa sulit. Apalagi bagi Anda yang tidak suka belajar. Apalagi yang namanya belajar bahasa … huft deh! Belajar bahasa inggris saja susah … apalagi belajar bahasa lainnya, seperti bahasa jerman.

Belajar bahasa jerman bagi pemula biasanya di awal-awal akan terasa berat, biasanya hal hal yang membuat berat dikarenakan bahasa jerman belum terlalu familiar di mata masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya menyulitkan untuk mengatur iklim pembelajaran. Nah, tantangan ini bisa anda balik bahwa anda perlu membuat iklim belajar anda sendiri. Jangan tergantung dengan alasan bahwa belum familiar dan iklim belajar yang kurang mendukung. Andalah kuncinya untuk membuat iklim belajar anda sendiri.

Kata Kata Motivasi Diri : Tidak perlu lompatan besar. Langkah kecil pun tak apa, selama arahnya benar.

Belajar bahasa jerman tidak seperti belajar bahasa inggris dimana seluruh materi bahasa inggris melimpah ruah, dan seluruh rekan rekan kerja atau teman belajar anda pasti familiar dengan bahasa inggris sehingga memudahkan untuk dijadikan partner berdiskusi dalam bahasa inggris untuk melatih kemampuan berbicara kita. Lalu bagaimana dengan bahasa jerman? Sebagai salah satu bahasa Eropa barat yang cukup familiar di pergaulan internasional, anda jangan minder, tidak adanya partner berbicara (oral practice) jangan sampai menyurutkan niat belajar anda.

Ada banyak segudang trik jitu belajar bahasa jerman sehari hari yang bisa anda jadikan solusi untuk membuat iklim belajar bahasa jerman anda menjadi menyenangkan.

Tips Belajar Bahasa Jerman

Tips 1. Melatih Kemampuan Berbicara

1 - Berbicara bahasa jerman dalam kalangan komunitas polyglot

Anda bisa melatih kemampuan berbicara kosakata-kosakata bahasa jerman sehari hari, bisa juga menggunakan google translate atau aplikasi belajar bahasa jerman di app store yang bisa download untuk memberikan anda contoh cara membaca yang benar. Selain itu, satu hal penting adalah: jika anda sudah cukup berani dalam berbicara bahasa jerman, atau sekedar menambah motivasi dalam belajar bahasa jerman, anda bisa bergabung ke dalam jerman club yang selalu diadakan pusat pusat les bahasa, baik inggris ataupun pusat budaya jerman.

Perlu diketahui kalau di pusat pusat les bahasa, jerman club juga ada di kalangan komunitas polyglot. Anda mesti belum tahu kan apa itu polyglot? Yapz, polyglot adalah komunitas belajar bahasa untuk kalangan bilingual atau trilingual, jadi komunitas ini berusaha belajar bahasa dua sampai tiga sekaligus. Menarik bukan? Nah, anda bisa cari komunitas tersebut di sekitar anda untuk bergabung, sekalian anda bisa belajar bahasa jerman, inggris dan juga perancis dalam sekali waktu.

Tips 2. Quantum Learning

2 - menempelkan bahasa jerman di benda ala quantum learning

gunakan cara pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan kemampuan bahasa jerman sehari hari. Bagaimana pembelajaran quantum learning? Quantum learning adalah cara belajar dengan memanfaatkan barang barang dan lingkungan sekitar kita dengan lebih efektif untuk menciptakan iklim pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya anda ingin meningkatkan kemampuan vocab atau kosakata bahasa jerman. Maka anda bisa siapkan sepuluh lembar kertas yang telah dipotong potong kecil dengan isolatip. Tuliskan nama nama benda yang ada di kamar anda dengan bahasa jerman dan bahasa indonesia. Setelah ditulis kemudian tempelkan di seluruh benda-benda tersebut, seperti kaca, lemari, kursi, buku, hingga benda-benda kecil seperti pulpen dan penghapus.

Hafalkan selama sepekan saja. Pekan depan, anda tinggal cabut kertasnya dan ganti dengan kosakata bahasa jerman saja, hilangkan bahasa indonesianya. Sehingga anda bisa melihat bahasa jerman setiap hari dan dimana saja.

Tips 3. Belajar Gaya Millenial

3 - mendengarkan musik bahasa jerman

Millenial selalu dekat dengan internet. Jadi jangan terpaku lama lama dengan buku teks yang mungkin membuat Anda bosan dan bisa bisa membuat Anda menyesal belajar bahasa jerman. langkah awal adalah donwload kamus bahasa jerman offline untuk menambah kosakata bahasa jerman anda, minimal Anda bisa menghafal satu kosakata baru setiap harinya. Kemudian baru install youtube atau video-video musik berlirik bahasa jerman. Walaupun mungkin Anda belum paham isinya, minimal anda tahu bagaimana cara pengucapannya. Tahap selanjutnya baru Anda bisa menonton video video percakapan di youtube, seperti laporan berita, diskusi akademik atau acara acara yang cukup milleial seperti reaction atau vlog orang jerman.

Tips 4. Übung macht den Meister

4 - praktek belajar bahasa jerman dengan turis asing

Kata kata tersebut memiliki arti “practice makes perfect”. Tips ini adalah tips yang membutuhkan keberanian, yaitu berbicara langsung dengan turis turis asing yang berasal dari negara negara berbahasa jerman seperti jerman, belgia dan austria. Tips ini cukup jitu dalam mendongkrak kemampuan berbahasa jerman sehari hari anda. Anda tinggal pastikan bahasa jerman anda cukup bagus, kemudian datangilah tempat tempat wisata yang mempunyai banyak turis dan tanyailah mereka satu per satu. Anda bisa membawa catatan untuk membuat daftar list pertanyaan sederhana (misalnya tanggapan tentang indonesia) dalam bahasa jerman misalnya. Tak lupa ucapkan sapaan, kalimat ijin dan mohon maaf jika kurang berkenan.

Itulah tips dan trik dari Howie untuk kalian yang ingin belajar bahasa Jerman. Howie yakin kalau selama ada niat, di situ pasti ada jalan. Jangan pernah menyerah dan berhenti belajar. Salam sukses luar biasa!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.