Desain

Cara Membuat Konten Visual Yang Menarik dengan DesignCap

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam pemasaran online, konten visual adalah salah satu elemen terpenting. Anda perlu “menyulap” semua konten visual karena akan merepresentasikan diri Anda di dunia maya. Dengan konten – konten yang menarik, makin banyak audiens yang akan like dan share konten kamu dengan sukarela.

Namun, Howie mengakui bahwa menciptakan konten yang menarik bukanlah pekerjaan mudah dan tidak semua orang bisa mengerjakannya. Kamu perlu menggunakan software, seperti Photoshop atau Visual Basic, untuk membuat design grafis yang menarik.

Untungnya teknologi semakin berkembang, dan kita mempunyai alternatif untuk membuat konten visual dengan mudah dan gratis menggunakan website DesignCap. Dalam artikel kali ini, saya akan sharing mengenai fitur dan cara mengoperasikan aplikasi web DesignCap.

Apa itu DesignCap?

DesignCap adalah tools yang dapat membuat konten visual secara menarik untuk seluruh kebutuhan pemasaran online. Jika kamu menggunakan aplikasi standar untuk membuat konten visual, maka diperlukan banyak aplikasi dalam meng-edit sebuah foto saja. Misalnya … download foto melalui web penyedia gambar, Snapseed untuk mem-filter gambar dan InDesign untuk membuat layout. Anda perlu 3 aplikasi yang berbeda hanya untuk menciptakan satu konten visual yang menarik.

DesignCap diciptakan oleh PearlMountain untuk mengatasi hal ini. Berpengalaman sejak tahun 2006 dan telah dipercaya oleh jutaan pengguna untuk editing foto profesional serta design grafis. Anda dapat menggunakan DesignCap untuk mendapatkan foto, membuat layout yang menarik, dan filter foto – foto kamu. Kini kamu dapat mengakses DesignCap melalui perangkat dekstop / laptop yang terhubung melalui internet. Dengan begitu, kamu bebas berkreasi tanpa terbatas ruang dan waktu.

Seluruh fitur standar seperti membuat post Instagram dan membuat Infografik bisa Anda akses secara gratis, tanpa mengeluarkan biaya apapun … tanpa syarat apapun. Selain itu, Anda juga dapat menikmati beberapa fitur premium dengan berbagai kelebihan yang akan dijelaskan pada bagian lain dari artikel ini.

Cara Menggunakan DesignCap

Sesuai dengan janji Howie, kamu akan mempelajari cara membuat konten visual yang menarik dengan DesignCap. Jika sudah siap, ikutilah panduan berikut ini :

1. Membuat akun DesignCap

mendaftarkan akun designcap

Kamu harus memiliki akun DesignCap sebelum dapat menggunakan seluruh layanan yang ditawarkan. Caranya cukup mudah … Kamu tinggal klik tombol Sign Up – Free dan daftar dengan menggunakan akun Facebook, akun Google, atau alamat email. Saya sendiri merekomendasikan untuk menggunakan akun Facebook supaya kamu tidak pernah lupa password. Selanjutnya, kamu akan menerima email konfirmasi dan akun DesignCap-mu sudah siap untuk digunakan. Mudah bukan?

2. Mulai Membuat Konten Visual

mulai membuat konten visual yang menarik

Untuk mulai membuat konten visual, kamu bisa klik tombol ‘Get Started Now’. Kamu bebas memilih dan menentukan ukuran konten visual sesuai dengan keinginanmu. Apabila kamu tidak memiliki preferensi, DesignCap telah menyediakan banyak sekali template populer seperti Cover Facebook, Youtube Channel dan Instagram Post. Kamu tinggal memilih salah satu dari template tersebut.

Note : Howie akan membuat Post Instagram dalam membuat panduan DesignCap ini.

3. Membuat Background

cara menambahkan background di designcap

Setelah menentukan konten yang akan dibuat, kamu akan dibawa masuk ke halaman editor DesignCap. Di sana telah tersedia banyak sekali template untuk membantu kamu membuat konten visual yang menarik, tetapi kita tidak akan menggunakannya agar kamu bisa mempelajari fitur DesignCap dengan maksimal.

Sebenarnya terdapat 2 cara untuk membuat background, yaitu menu “BACKGROUND” untuk menambahkan latar dan menu “PHOTOS” untuk menambahkan foto sehingga konten visual menjadi lebih hidup. Bahkan kamu bisa mengombinasikan kedua menu tersebut untuk mendapatkan background yang maksimal.

4. Edit Foto

cara edit foto di aplikasi website designcap

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, bahwa ukuran foto terpilih lebih kecil daripada ukuran background. Kamu dapat memindahkan foto dengan cara drag & drop serta menyesuaikan ukuran foto dengan cara menarik salah satu ujung foto. Selain itu, Anda dapat mengedit foto dengan cara menambahkan efek, crop, merotasi, atau flip.

5. Menambahkan Tulisan

cara menambahkan tulisan di aplikasi web designcap

Untuk menambah tulisan, kamu dapat klik menu “TEXT”. Di sana telah tersedia berbagi template tulisan yang menarik dan siap untuk digunakan. Tidak cukup cantik? Tenang saja, kamu dapat menambahkan tulisan dengan gaya favoritmu sendiri dengan klik menu “Add Heading/Subheading/Body Text” seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Kamu dapat merubah font, ukuran, warna, spacing, dan format, pada tulisan yang akan dikustomisasi. Selain itu, kamu juga dapat memindahkan letak tulisan hanya dengan drag & drop ke lokasi yang diinginkan.

6. Mempercantik Konten Visual

mempercantik konten visual di designcap dengan menggunakan elemen

Anda dapat menambahkan elemen – elemen tertentu pada konten visual yang sedang dibuat. Caranya dengan klik menu “ELEMENTS”, klik “Icon” dan ketik elemen yang ingin ditambahkan. Sebagai contoh, saya sedang membuat konten visual untuk diupload pada halaman Instagram sehingga saya menambahkan elemen “quote”.

7. Unduh dan Bagikan Hasil Kreasi Anda

unduh dan bagikan konten kreasi Anda

Setelah selesai membuat konten visual yang menarik, kamu dapat mengunduh desain tersebut dan membagikan link tersebut melalui akun media sosial milikmu. Tinggal klik tombol “Download” di pojok kanan atas dan kamu dapat memilih format JPG / PNG / PDF sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, selesai sudah post Instagram tersebut karena telah tersimpan di folder komputer.

hasil desain konten visual yang menarik dengan designcap

Berikut adalah hasil dari konten visual yang menarik menggunakan DesignCap. Bagus kan?

Kelebihan DesignCap

Terdapat beberapa kelebihan aplikasi website DesignCap yang patut kita ancungi jempol, seperti :

  • Ribuan Template. Kamu dapat memilih template yang sesuai dengan keinginanmu.
  • Jutaan Foto + Icon. Telah tersedia banyak pilihan foto & icon sehingga kamu tidak perlu download dari Google untuk mempercantik konten kreasimu.
  • Konten Visual Yang Elegan. Berpengalaman sejak tahun 2006, DesignCap mampu menyajikan konten visual yang menarik & elegan.
  • Modul Ekslusif. Kamu dapat menggunakan seluruh modul ekslusif yang ditawarkan tanpa batas hanya dengan biaya USD 5 saja. Lihat harga disini.
  • User Friendly. Halaman editor DesignCap sangat mudah digunakan oleh para kreator pemula. Kamu wajib coba!

Penutup

DesignCap adalah aplikasi berbasis web yang dapat membantumu untuk membuat berbagai macam konten visual dengan mudah. Apabila kamu ingin membuat blog pribadi gratis, kamu wajib menggunakan DesignCap sehingga seluruh kebutuhan desain web / blog kamu dapat selesai dengan cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Tersedia 1 akun premium DesignCap bagi 1 orang penanya yang akan diundi pada tanggal 1 Mei 2020. Semoga beruntung!

Write A Comment

2 + seven =

Pin It