Ssstt…! 5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis di 2019

backlink berkualitas – Dikutip dari backlinko, Google mempertimbangkan lebih dari 200 faktor dalam menentukan peringkat website di dalam media pencarian terbesar di dunia tersebut. Jumlah yang sangat besar bukan. Dalam dunia SEO, backlink merupakan salah satu komponen terpenting dalam daftar algoritma milik Google yang perlu dipertimbangkan.

Hal ini perlu Anda pelajari dan Anda pertimbangkan untuk meningkatkan peringkat website Anda di mata google. Backlink berkualitas tinggi di mata google akan menambah tenaga website kita sehingga keyword yang kita incar dapat menempati halaman satu google, bahkan peringkat satu loh! Namun, untuk mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan menggunakan white hat SEO tentunya akan sangat menantang.

Hal ini bukan berarti white hat SEO itu mustahil loh!

Pada artikel ini saya akan membahas semua yang Anda perlukan untuk mendapatkan daftar backlink berkualitas sehingga website Anda akan menempati peringkat satu google!

Sebelum kita belajar lebih lanjut, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai arti backlink bukan? Backlink merupakan sebuah tautan yang diberikan oleh website/situs (web) orang lain kepada web yang kita miliki karena konten yang berkualitas atau bahkan sekedar mengutip gambar keren yang kita punya.

Arti Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas - Apa itu Backlink Berkualitas

Pertama – tama, apakah arti backlink berkualitas? Google mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan ke-valid-an dan kualitas dari sebuah backlink.

  • Umur Domain : Dikutip dari konten Youtube, Matt Cutts mengatakan bahwa “There is not much difference between domain that’s one year old and one that’s six months old. Yang terpenting adalah website yang dimiliki oleh orang yang sama secara konsisten akan dianggap lebih bernilai oleh google.
  • Link Authority : Umur domain dan riset keyword merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan dari Link Authority. Anda dapat menggunakan Ahrefs untuk mengecek link authority dari web yang kamu miliki.
  • Natural Link : Google semakin pintar untuk membedakan white hat SEO dan black hat SEO. Salah satu contoh blach hat SEO adalah menyebarkan SPAM dan melakukan komentar serta membuat artikel dengan menggunakan teknik spinner atau Auto Generated Content (AGC). Yang Anda perlu ingat adalah Google, BING! Dan mesin pencari lainnya saat ini sudah semakin canggih untuk membedakan backlink berkualitas dan backlink abal – abal. Natural link mengindikasikan bahwa website Anda mendapatkan backlink dari banyak website dan dengan konten yang relevan.
  • Exact-Match Anchor Text : Hal ini selalu menjadi komponen penting dalam mendapatkan baclink berkualitas. Anchor Text seharusnya memiliki relasi yang kuat dengan topic yang Anda miliki. Jangan menggunakan kata kata “klik disini” karena itu tidak mujarab.

5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas - 2

Mendapatkan backlink berkualitas dari web milik orang lain memang telihat susah. Tetapi saya yakin Anda, seperti juga saya, memiliki caranya sendiri untuk mendapatkan backlink berkualitas. Walaupun metode white hat SEO itu memerlukan waktu dan bahkan terkadang sangat lama untuk meningkatkan posisi website Anda di Search Engine Result Page (SERP). Ini tidak akan terjadi secara instant!

Cara yang akan saya sampaikan merupakan metode yang telah terbukti dan aman untuk meningkatkan backlink sebagai strategi SEO untuk Anda.

Cara 1 : Review Backlink

Anda tentunya akan menghabiskan waktu untuk melakukan pengecekan backlink ke website yang Anda miliki. Aplikasi Ahrefs merupakan salah satu alat bantu standard yang menyediakan berbagai informasi. Selain ahrefs, Anda juga dapat menggunakan sistem lain seperti Moz, Small SEO Tools, Majestic, serta Ubersuggest untuk membantu Anda mengecek backlink.

Anda dapat memulai dari membuat record excel untuk mencatat seluruh backlink yang Anda miliki. Anda memerlukan hal tersebut untuk mencatat perkembangan backlink ke website Anda dari waktu ke waktu.

Salah satu pertanyaan yang penting adalah : Beberapa banyak backlink yang Anda miliki? Dari mana saja backlink tersebut Anda dapatkan? Kunjungi website mereka untuk memastikan bahwa website mereka memiliki kualitas yang baik. Mulai dari DA, PA, content, dan lain – lain. Coba lihat apakah keyword yang mereka gunakan dapat kita tingkatkan lagi utilitasnya.

Cara 2 : Membuat Daftar Post dan Keyword Terbaik

ANDA harus memberikan alasan yang baik kepada website lain untuk memberikan backlink kepada Anda. Content yang unik dan menarik serta relevan akan membuat Anda menjadi sumber yang akan dikutip oleh banyak orang. Coba Anda lihat, content apakah yang paling banyak dibaca serta keyword yang digunakan untuk menggenarate traffic dari google.

Anda dapat menjadikannya acuan untuk membuat content lain ke depannya.

Cara 3 : Padat Informasi

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Andre di yuksemangat.com, sebuah website yang padat informasi (memiliki lebih dari 1.000 kata) akan memikat backlink berkualitas. Dalam sebuah penelitian lain, dari entrepreneur.com, menunjukkan bahwa sebuah content yang menempati halaman pertama google memiliki rata – rata 1.889 kata.

Coba Anda sekarang review setiap post yang Anda miliki, apakah Anda dapat menambahkan informasi yang relevan ke dalamnya? Menambahkan gambar atau foto juga dapat menjadi cara yang relevan untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Sebuah penelitian lainnya menunjukkan bahwa post yang memiliki peringkat baik memiliki minimal satu (1) foto / gambar.

Cara 4 : Guest Posting

Guest post merupakan salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas secara natural. Coba kamu tawarkan topik yang relevan kepada admin dari web tersebut dan apabila admin web tersebut menyukainya, kami dapat mengirimkan artikel kepadanya. Dalam hal ini, Anda akan melakukan barter : (1) Anda memberikan artikel berkualitas kepadanya; dan (2) admin memberikan link kepada website Anda.

Membuatkan artikel untuk diberikan kepada website lain memang memerlukan waktu yang panjang. Anda dapat meminta bantuan kepada freelance writer untuk membantu Anda membuat guest post. Jangan menduplikasi artikel karena itu tidak baik untuk kesehatan SEO website Anda.

Baca juga : Tawaran Guest Post dan Content Placement di howieandbelle.com

Cara 5 : Mencari Broken Link

Broken link merupakan suatu masalah yang besar bagi pemilik website. Keberadaan broken link dapat mempertaruhkan reputasi dari suatu website dan menjatuhkan rangking website Anda dari mesin mencari.

Sebuah survey mengatakan bahwa 88% pengunjung suatu website tidak akan kembali ke website tersebut ketikan mendapati halaman 404 (error page).

Anda dapat membantu website lain untuk melakukan pengecekan broken link dan sebagai gantinya Anda tentunya dapat memberikan content yang Anda miliki sebagai pengganti broken link tersebut. Sebuah simbiosis yang saling menguntungkan bukan?

Kesimpulan

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas - Kesimpulan 

Mendapatkan backlink berkualitas di tahun 2019 memang memerlukan usaha dan waktu yang panjang. Tetapi SANGAT MUNGKIN untuk meningkatkan jumlah backlink berkualitas bagi website Anda. Semakin Anda berhasil mengoptimalisasi penggunaan baclink, semakin baguslah peringkat Anda di google.

RajaBackLink.com

13 thoughts on “Ssstt…! 5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis di 2019”

  1. Exact-Match Anchor Text dari pengalaman saya berbahaya jika dilakukan berlebihan, apalagi jika semua anchor pakai exact match. Dan generic anchor text seperi “klik disini”, “kunjungi situsnya”, juga anchor url/brand, mujarab kok hasilnya.

    Relasi/relevansi yang kuat lebih ke website dan konten yang memberi backlink. Semakin relevan makin bagus. Kalau hanya anchor text yang relevan sedangkan kontennya enggak, biasanya kurang poweful backlink-nya.

      • Jangan terlalu mengejar backlink
        Cukup banyak menulis artikel dengan rutin dan intens dijamin halaman mu akan jadi sorotan perhatian google cepat atau lambat bukan masalah kita menulis untuk keabadian bukan untuk cepat ditampilkan lalu cepat dilenyapkan seperti portal berita

  2. Agan ada jual backlink berkualitas tidak? Saya sudah 1 tahun menulis nih dan artikel berkualitas lumayan :), tapi pv masih 400-an aja. Padahal artikel sudah 800an.

  3. Semenjak awal belajar bagaimana caranya bisa masuk ke urutan pertama pencarian google memang susah susah gampang. Apalagi berkaitan dengan backlink.
    Namun dengan informasi dari artikel agan satu ini cukup menambah sedikit pemahaman saya tentang bagaimana kriteria backlink dan mencari keyword yang tepat.
    Selama ini saya masih belajar untuk mendapatkan backlink yang bisa meningkatkan visitor dan posisi web saya di google. Oleh karena itu sampai saat ini saya masih menggunakan jasa backlink berbayar yang ada di facebook.
    Saya ingin belajar, karena setidaknya saya tidak harus lagi menggunakan jasa backlink berbayar jika sudah bisa mencari backlink sendiri.
    Terimakasih gan …

    • Siap Gan,
      Semoga sharingnya dapat bermanfaat dan bekerja dengan baik untuk web Agan.
      Kita majukan entrepreneur Indonesia!

  4. gue malaha pakai stt dan ini lebih efektif tarik visitor hehhe dan jg saya tetap pakai baclink bayaran dan ada efek jg dan lumayan dan daripada cari backlink sendiri capek tenaga dan waktu dan mending wkt tsb dialihkan ke hal lain optimasi on page dll heheh

    • Kalau penerapan teknik STT itu bagaimana Gan? Memang Gan, lebih enak beli backlink apalagi banyak forum yang menyediakan backlink dengan harga murah…
      Saya masih perlu banyak belajar dari suhu dan senior blogger. hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.