Uncategorized

5 Cara Menyampaikan Pendapat dan Gagasan dengan Baik

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam rangka perayaan bulan Agustus di mana Bangsa Indonesia merayakan kemerdekaannya, kali ini Howie ingin sedikit mengangkat konten mengenai Pahlawan. Dikutip dari KBBI, kata pahlawan berarti pejuang yang gagah berani.

Howie yakin kalau kalian setuju bahwa perang pada masa lampau adalah dengan mengangkat senjata untuk mengusir para penjajah. Saat ini tentu berbeda karena tidak ada lagi yang namanya peperangan dengan menggunakan senjata. Oleh karena itu, kita harus dapat memaknai Kemerdekaan dengan berbagai hal yang positif!

Salah satu bentuk perjuangan saat ini adalah dengan menyuarakan pendapat, gagasan, atau ide – ide yang kita punya untuk kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia. Jangan sampai kita grogi dan takut tanpa alasan yang jelas.

Baca juga : 7 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

5 Cara Menyampaikan Pendapat

#1 : Sampaikan Pendapat dengan Sopan

cara menyampaikan gagasan - sampaikan pendapat dengan sopan

Dalam menyampaikan pendapat, sobat perlu berbicara dengan sopan santun kepada lawan bicara Anda. Jangan sampai sobat mengeluarkan kata kata kasar dan ungkapan yang dapat menyakiti orang lain.

#2 : Berekspresi Secara Smart

cara menyampaikan ide - berekspresi secara smart

Yang Howie maksud dengan kata smart di sini adalah menyampaikan ide dan pendapat yang kita mikiki dengan tidak merugikan atau menyela orang lain yang sedang berbicara. Apabila kita menyerang orang lain, apalagi menjelek – jelekkan mereka, jangan harap orang lain mau mendengarkan apa yang kita katakan!

#3 : Mengenali Diri dan Lingkungan

cara menyampaikan ide - mengenali diri & lingkungan

Sebelum kita menyampaikan pendapat, gagasan, atau sebuah ide, kita perlu mawas diri terlebih dahulu. Mengerti betul mengenai kapasitas diri kita dan tempat kita berbicara. Apakah hal yang ingin disampaikan itu memang perlu disampaikan di depan public, seperti forum diskusi ataupun rapat. Atau mungkin lebih baik untuk disampaikan langsung kepada yang bersangkutan?

#4 : Memperluas Pengetahuan

cara menyampaikan pendapat - memperluas pengetahuan

Dalam diskusi, sering terjadi konlik antar peserta. Kita perlu menghindari munculnya konflik akibat dari terjadinya perdebatan yang tidak sesuai dengan ide dan pendapat yang diutarakan. Jangan sampai diskusi tersebut menjadi DEBAT KUSIR. Untuk mengatasinya, kita perlu sering membaca sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita atas topik tersebut.

#5 : Memiliki Alasan Yang Kuatcara menyampaikan pendapat - memiliki alasan

Ada baiknya juga kalau kalian memiliki pondasi alasan atau dasar argument yang kuat ketika sedang menyampaikan pendapat, ide, atau gagasan. Jika diperlukan, sobat juga dapat menyertakan data pendukung yang relevant sehingga gagasan kalian dapat direalisasikan.

Baca juga : 7 Cara Pembukaan Pidato Yang Pasti Sukses

Yup, itu dia 5 cara menyampaikan pendapat versi Howie. Apakah kalian ada tips & trik lain? Sampaikan di kolom komentar ya …

Write A Comment

19 − 10 =

Pin It