Hobi

5 Cara Cek Jam Tiket Murah di Traveloka untuk Libur Akhir Tahun

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahukah kamu kalau ada cara untuk cek jam tiket murah di Traveloka? Seperti kita ketahui, libur akhir tahun berarti harga tiket pesawat melonjak. Tapi, kita bisa mengakalinya dengan membeli tiket pada masa-masa tertentu. Bagaimana caranya? Simak 5 kiat di bawah ini!

Cara Cek Jam Tiket Murah di Traveloka

cara mendapatkan tiket liburan murah

1. Beli Tiket 13 Minggu Sebelum Berlibur

Ssst, menurut bocoran dari situs Traveloka sendiri, sebaiknya kita membeli tiket 13 minggu sebelum tanggal keberangkatan kalau ingin membeli tiket liburan akhir tahun. Jadi, kalau ingin liburan di akhir Desember, kita sudah harus membeli tiket sejak akhir September. Katanya kalau melakukan cara ini untuk membeli tiket, kita bisa menghemat biaya sampai 29% lho. Lumayan kan?

2. Pesan Tiket Selasa Malam

Kebanyakan maskapai penerbangan memberikan promo di hari Senin. Jadi, di hari Selasa dan Rabu akan ada berbagai maskapai lain yang memberikan promo tandingan. Selain itu, biasanya maskapai melakukan penjualan tiket pada Senin malam. Tiket yang baru akan tersedia pada Selasa pagi dan sore.

Jika ingin mendapatkan tiket murah, carilah tiket di Traveloka pada hari Selasa malam atau Rabu pagi. Kemudian kamu bisa membandingkan harga tiket antar maskapai untuk menemukan yang termurah.

3. Cari Tiket Tanggal 9-10 Oktober Pagi dan Malam

Ada dua tanggal di bulan Oktober yang harus kamu perhatikan supaya bisa dapat tiket murah untuk libur akhir tahun. Tanggal 9 Oktober bagus untuk mencari penerbangan murah buat liburan Natal, dan tanggal 10 Oktober untuk mencari tiket murah di malam tahun baru.

Eits, tapi kalau kamu booking tiket di dua tanggal ini, jangan melakukannya pada jam 8 sampai 10 pagi, atau 5 sore sampai 7 malam ya. Bisa jadi kamu tetap mendapatkan harga yang mahal karena penawaran tinggi pada jam-jam tersebut. Untuk kedua tanggal ini, sebaiknya kamu memesan tiket di antara jam 5 sampai 7 pagi atau di atas jam 8 malam supaya dapat tiket murah.

4. Booking Tiket pada November Minggu Ketiga

Selain 9 dan 10 Oktober, kamu bisa memesan tiket tanggal 21 November ke atas. Di minggu ketiga bulan ini, ada kemungkinan kamu bisa menghemat biaya sampai sekitar 4%. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan kamu memesan pagi-pagi sekali atau malahan malam hari setelah jam 8 supaya mendapatkan harga yang lebih rendah.

5. Manfaatkan Penurunan Harga Akhir Desember

Saat membeli tiket untuk peak season, biasanya kita akan memesan dari jauh-jauh hari supaya tidak kehabisan tiket atau harus membayar harga yang mahal. Tapi, tahukah kamu kalau malahan ada banyak tiket pesawat murah dari tanggal 26 Desember ke atas?

Menurut penelitian, membeli tiket pada hari Natal tanggal 25 Desember memang memakan biaya 25% lebih tinggi daripada biasanya. Tapi, harga tiket justru bisa mencapai 6% sampai 11% lebih rendah pada minggu terakhir Desember, karena lebih sedikit orang yang membeli tiket setelah hari Natal.

Jadi, kamu bisa mencoba membeli tiket pada akhir Desember. Tapi jangan terlalu dekat dengan hari H keberangkatan juga karena harganya akan menjadi lebih mahal!

Baca juga : Trekking ke Everest Base Camp – Pengalaman di Kaki Gunung Tertinggi di Dunia

Tips Lain untuk Tiket Murah

tips mendapatkan tiket murah

1. Gunakan Price Alerts

Fitur Price Alerts di Traveloka membantu mencarikan harga tiket sesuai dengan budget kamu. Jadi, kalau harga tiket turun dan sudah mencapai budget, kamu akan mendapatkan notifikasi dari Traveloka. Membantu sekali buat kamu yang mencari tiket murah.

2. Menentukan Hari Keberangkatan dan Kepulangan

Tiket pasti lebih mahal pada saat akhir pekan atau long weekend. Jadi, usahakan jangan memilih tiket keberangkatan dan kepulangan pada hari Kamis/Jumat/Sabtu – Minggu/Senin. Akan lebih murah kalau kamu memilih hari Selasa-Kamis, Sabtu-Selasa, atau Minggu-Rabu.

3. Pilih 2 Maskapai Berbeda

Kalau menempuh perjalanan jauh, bisa jadi akan lebih murah jika kamu memilih untuk transit dulu dengan dua maskapai berbeda dibandingkan dengan penerbangan langsung.

Baca juga : Wow! Review Alive Museum Ancol Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Nah, sekarang kamu tahu caranya mengakali peak season akhir tahun. Selamat cek jam tiket murah di Traveloka dan selamat liburan!

Write A Comment

sixteen − one =

Pin It