Bisnis

Mengintip Isu Lingkungan di Balik Usaha Cuci Mobil

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini peluang bisnis cuci mobil sedang menjamur. Anda dapat menemukannya hampir di setiap pojok kota. Mulai dari tempat pencucian mobil yang sangat sederhana dengan fasilitas air dan sabun seadanya, sampai tempat pencucian mobil dengan fasilitas mewah yang kadang disebut dengan salon mobil. Salon mobil berbeda dengan tempat cuci mobil biasa karena memiliki target pelanggan yang memiliki mobil kelas menengah ke atas.

Baca juga : Mari Belajar Mengenai UKM, UMKM, Bisnis Online dan Start Up di sini!

Peluang usaha cuci mobil dapat berkembang karena tingkat mobilitas masyarakat Indonesia yang tinggi sehingga hampir tidak ada waktu untuk merawat kendaraannya. Peluang inilah yang ditangkap oleh sebagian pengusaha untuk mendirikan tempat pencucian mobil.

Dengan menawarkan beragam pelayanan dan fasilitas yang memuaskan, salon mobil berhasil meningkatkan engagement pelanggan untuk terus mempercayakan perawatan dan kebersihan mobil milik mereka. Sementara mobil dirawat, pemilik dapat menikmati sajian makanan dan minuman sambil menonton TV kabel atau berseluncur di internet.

Namun di tengah perkembangan usaha tersebut, terdapat ironisme yang muncul karena kualitas lingkungan yang menurun karena limbah-limbah buangan yang tidak dikekola dengan baik. Untuk memaksimalkan profit, tidak sedikit tempat cuci mobil yang secara tidak sengaja (atau mungkin sengaja) mengalirkan limbah sabun ke selokan yang terdekat dengan tempat mereka.

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh tempat pencucian mobil yang kecil, tetapi juga salon mobil banyak yang melakukannya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan terjadi pencemaran lingkungan yang parah. Limbah yang dibuang ke selokan atau sungai akan mempengaruhi kualitas resapan air yang karena mengandung metal dan bahan kimia yang akan mengendap dalam waktu yang lama.

Saat ini propaganda mengenai lingkungan lestari sudah gencar dilakukan karena banyak lingkungan yang rusak karena telah tidak bersahabat lagi. Maka tidak heran, banyak industri yang saat ini menawarkan produk ramah lingkungan dengan jargon go green, ecosave, aksi menanam pohon, dan lain-lain.

Baca juga : Cara Membuat Analisis SWOT Perusahaan & Bisnis [Bonus Contoh]

Menyadari hal tersebut, tentunya pengusaha didorong untuk membuat konsep pembuangan limbah yang sebelumnya jarang terpikirkan. Dengan demikian, keuntungan yang didapat oleh usaha cuci mobil bukan hanya keuntungan berupa finansial bagi pengusaha saja tetapi juga mendatangkan keuntungan bagi lingkungan yang hijau.

Write A Comment

6 + 14 =

Pin It