fbpx

Menghabiskan Weekend di Cimory Riverside Puncak Bogor

by: Azaria Indrastuti

Kota Bogor selalu menjadi salah satu destinasi pilihan bagi warga Jakarta yang  ingin “kabur” sejenak dari hiruk pikuk ibu kota untuk waktu yang singkat. Ada banyak pilihan tempat wisata di kota ini, salah satu tempat yang sudah lama ada tapi masih hits adalah Cimory Riverside, sebuah restoran sekaligus sarana rekreasi milik PT. Cisarua Mountain Dairy. Berbeda dari Cimory Mountain View yang merupakan pendahulunya, Cimory Riverside memiliki berbagai sarana rekreasi dan pusat perbelanjaan yang cukup lengkap. Selain itu, tentunya kita juga dapat menikmati makanan, minuman, dan produk-produk Cimory di restoran. Melihat banyaknya pilihan aktivitas yang bisa dilakukan, anda pasti  betah menghabiskan waktu hingga seharian di tempat ini.

Cimory Restaurant

Begitu masuk di Cimory Riverside, kita akan langsung berada di area restoran.  Sebenarnya saat kami datang, di resto ini masih ada beberapa meja dan kursi yang kosong. Tapi karena kami ingin duduk di area balkon (yang sayangnya sedang penuh saat itu), kami memilih untuk menunggu sebentar sambil menikmati Cimory Gelato yang katanya terbuat dari 100% susu asli. Kebetulan counternya ada di dekat area waiting list J  Pilihan rasa gelatonya ada Cookies and Cream, Bublegum, Chrunchy Peanuts, Choco Hazelnut, Green Tea, Strawberry, dan banyak lagi.  Satu scoop gelato dibanderol seharga Rp.20.000,-

Kurang dari 15 menit kemudian, akhirnya kami bisa duduk di area nan instagramable itu. FYI, semua meja di area balkon ini selalu menjadi favorit pengunjung restoran karena dari sini anda bisa melihat area hutan buatan dan aliran sungai Ciliwung yang berada di bawah. Rasanya saya ingin langsung turun di untuk foto-foto di dekat sungainya. Tapi kami memutuskan untuk makan dulu karena perut sudah keroncongan.

Menu makanan dan minuman di resto ini cukup beragam, mulai dari menu western, oriental, hingga lokal. Tentunya anda juga bisa memesan berbagai menu olahan dari susu/yoghurt Cimory dan sosis Kanzler disini. Menu western yang ada disini antara lain aneka grilled sausages, chicken cordon bleu, aneka pasta, zuppa cream soup, corn cream soup, nachos, dutch risoles dan lain-lain. Sedangkan untuk menu lokal, ada soto, iga, gado-gado, ayam bakar, sate, bandeng, sop buntut, aneka nasi goreng, dan bakmie goreng.  Menu oriental yang tersedia antara lain beef dan chicken teriyaki, capcay, aneka olahan tofu, dan sebagainya. Dessertnya juga tak kalah variatif, mulai dari pisang goreng, tape goreng, ice cream, hingga ice jelly. Untuk minuman, pilihannya antara lain berbagai susu, yoghurt blend, milk shake, jus, teh, kopi, dan banyak lagi.

Sarana Rekreasi

Selesai makan, anda bisa langsung turun ke ticket box untuk membeli tiket untuk masuk sarana rekreasi di tempat ini. Ada beberapa pilihan tempat yang ditawarkan: Riverside Walk, Mini Zoo, Mini Farm, dan Taman Pelangi  di dalam Cimory Riverside Forest; Monster Aquarium; Lulu Museum; dan Kids Playground. Selain itu, ada juga factory outlet dan pusat oleh-oleh yang menjual berbagai produk Cimory.

Kids Play Ground

Untuk masuk ke area ini tidak dipungut biaya alias gratis. Area ini dilengkapi beberapa permainan anak-anak seperti perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan lain-lain. Di dekat area ini ada beberapa booth yang menjual sosis goreng Kanzler (dengan ukuran cukup besar), Moo moo roll cake, dan susu Cimory, jadi para  orang tua bisa ngemil dan minum susu sambil mengawasi anak-anak mereka bermain di kids playground.

Cimory Riverside Forest (Riverside Walk, Mini Zoo, Mini Farm, dan Taman Pelangi)

Untuk bisa masuk ke hutan kecil ini, anda perlu membeli tiket Forest Walk seharga Rp.25.000,- Harga tiket ini sudah termasuk satu botol mini Cimory Yoghurt yang akan anda dapatkan dengan menukarkan kembali tiket anda di loket setelah selesai mengelilingi Cimory Riverside Forest. Dengan tiket ini, anda bisa lewat sekaligus berfoto-foto di pinggir sungai Ciliwung, memasuki area mini zoo, mini farm, dan  taman pelangi.

Riverside Walk

Cimory Riverside Forest terletak di seberang sungai Ciliwung. Anda harus menyusuri Riverside Walk (yang merupakan jalan di sisi sungai Ciliwung terpanjang di Indonesia) sebelum menyeberang ke hutan tersebut dengan jembatan yang terletak di ujung sungai. Sebagai warga Jakarta yang hanya sering melihat bagian hilir sungai Ciliwung, image sungai ini di mata saya identik dengan sungai yang bau, penuh sampah, dan berwarna kecoklatan. Namun di Cimory Riverside, bagian hulu sungai Ciliwung ini masih begitu bersih, airnya bening dengan aliran yang deras. Di sisinya juga terdapat lampu-lampu dan berbagai tanaman hias yang membuatnya sangat cocok menjadi background foto. Di seberang sungai juga ada tulisan mirip HOLYWOOD mini yang bertuliskan CIMORY. Bisa jadi tambahan background foto juga, nih.

Setelah menyebrangi sungai lewat jembatan, anda akan sampai di Cimory Riverside Forest. Hutan kecil ini lumayan teduh karena banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus dan banyak tanaman lainnya. Suasananya juga tidak seramai di dalam restoran, biasanya yang mengunjungi area ini adalah pasangan muda yang sekedar ingin jalan-jalan atau keluarga muda dengan anak-anak yang masih kecil. Setiap kandang hewan, kolam, dan tumbuhan di hutan ini  dilengkapi dengan papan bertuliskan jenis hewan atau tumbuhan disertai keterangannya, sehingga bisa membantu anda untuk memperkenalkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan kepada anak atau keponakan kecil anda.

Mini Zoo

Main attraction dari hutan ini adalah area Mini Zoo. Area ini bisa dicapai dengan menyusuri jalan setapak yang anda temui setelah menyeberangi jembatan. Kandang hewan pertama yang terlihat dari jalan setapak adalah rusa totol  (axis axis) seperti yang ada di Istana Bogor. Kandang rusa ini hanya berupa area terbuka yang dikelilingi pagar kayu, jadi anda bisa lebih leluasa untuk berfoto dengan hewan-hewan cantik ini. Di dekat area kandang rusa, ada dua kolam besar dimana anda bisa duduk-duduk di pinggir sambil melihat ke dalam kolam. Salah satu kolamnya berisi ikan Araipama Gigas, sedangkan kolam yang lain adalah kolam bebek mandarin.

Di sebelah kolam bebek, ada sebuah kandang besar yang berisi berbagai unggas. Anda bisa masuk ke dalam kandang ini tanpa takut dipatuk unggas, karena ada jaring kawat yang membatasi area unggas dengan tempat pengunjung berjalan (kecuali beberapa ayam dan merpati yang kandangnya berupa rumah-rumahan kecil yang dicat warna-warni. Tapi ayamnya jinak-jinak kok J ) Selain ayam dan merpati, unggas yang ada disini antara lain belibis, golden pheasant, ayam pegar kalung, merak, dan yang membuat saya cukup surprized adalah dua ekor merak albino yang berwarna putih! Sayangnya saat saya kesana, kedua merak putih tersebut sedang enggan untuk melebarkan ekornya. Jika tidak, pasti saya sudah mengeluarkan ponsel saya untuk memotretnya.

Mini Farm

Di penghujung kandang unggas, anda akan menemukan mini farm dengan lima ekor anak sapi perah Friesian Holstein yang masing-masing diberi nama Cimo 1, Cimo 2, Mory 1, Mory 2, dan Mory 3. (Kreatif sekali ya, yang ngasih nama J ) Disini pengunjung diijinkan untuk memberi makan rumput dan memberi minum susu kepada anak sapi dengan botol yang disediakan petugas.  Selain itu, anda juga bisa melihat secara langsung proses pemerahan susu yang dilakukan oleh petugas.

Taman Pelangi

Selain mini zoo dan mini farm, ada satu area lagi yang cukup menarik perhatian di hutan buatan ini, yaitu Taman Pelangi. Area ini terletak di dekat mini zoo, tepatnya di belakang kandang rusa. Dengan lampion beraneka bentuk dan warna, tempat ini sangat menarik untuk dijadikan objek foto. Bentuk dari lampion di tempat ini antara lain kastil  yang menjulang tinggi, gapura, tanaman dan bunga. Bahkan ada satu area yang dipenuhi bunga buatan yang semua bunganya adalah lampion. Jika anda kesana, rasanya seperti ada ditengah padang bunga kecil, bedanya di padang bunga yang ini bunganya bisa menyala! Suasana di taman pelangi ini akan semakin romantis di sore hari, saat semua lampion dinyalakan. Sayangnya saya berkunjung ke sana di siang hari, dimana semua lampion sedang dimatikan. Namun hal tersebut tidak mengurungkan niat saya untuk berfoto dengan lampion-lampion lucu di area ini.

Monster Aquarium

Sesuai namanya, monster aquarium adalah tempat dimana anda bisa melihat ikan-ikan buas di dalam aquarium. Beberapa ikan yang ada di tempat ini adalah ikan purba Alligator Gar yang biasa disebut ikan buaya, ikan Arapaima Gigas (Pirarucu) dan Bawal Pacu yang sama sama berasal dari dari sungai Amazon Brazil, ikan  Piranha, anak ikan Blacktip Shark (Hiu), ikan Cichild yang berasal dari Afrika, ikan Patin, Grass Carp, Nilem, Redtail Catfish, dan bintang laut. Selain melihat ikan di dalam aquarium, pengunjung juga bisa menyentuh beberapa ikan dan bintang laut yang ada di dalam touch pool. Tapi, jangan lupa cuci tangan dulu ya J Tiket untuk masuk ke wahana ini harganya Rp.25.000,-

Lulu Museum

Museum Lulu merupakan singkatan dari museum lukisan lucu. Museum ini menampilkan lukisan-lukisan 3 dimensi yang sekilas dapat menipu mata anda. Tak heran jika museum ini ramai dijadikan tempat untuk berfoto para pengunjung dengan pose-pose yang unik. Selain untuk ajang narsis, hasil fotonya juga bisa membuat orang lain terheran-heran. Dengan tiket seharga  Rp.30.000,-  anda sudah bisa masuk ke museum ini dan mendapatkan satu chocholate bar dari Chocomory.

Chocomory Factory

Di lantai 3, ada sebuah pabrik cokelat yang berbentuk unik seperti rumah kuenya Hansel and Gretel, yaitu Chocomory Factory. Uniknya, semua bahan baku digunakan di pabrik ini adalah biji cokelat yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari perkebunan di pulau Jawa yang diolah di Belgia sampai menjadi bahan setengah jadi berupa kepingan cokelat (pellet). Kamudian, di Chocomory Factory, bahan kepiMENGHABISKAN WAKTU DI CIMORY RIVERSIDE PUNCAK – BOGORngan-kepingan cokelat ini  diolah dan dikemas menjadi berbagai produk chocomory yang siap dijual di Chocomory Shop. Pabrik ini dibatasi oleh tembok kaca yang memungkinkan para pengunjung mengamati proses pembuatan cokelat dari luar. Anda juga bisa mendaftarkan rombongan anda untuk tur melihat proses pembuatan cokelat di tempat ini.

Factory Outlet

Di dekat area Kids Playground, anda dapat menjumpai sebuah factory outlet yang menjual berbagai busana pria dan wanita untuk semua usia. Jika baju anak anda basah oleh keringat setelah bermain disini tapi lupa bawa baju ganti, anda tidak perlu khawatir karena bisa membeli yang baru disini. Tentu saja untuk masuk ke factory outlet ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Pusat Oleh-oleh

Di sisi kanan factory outlet, anda bisa menemukan tangga menuju lantai 2. Disanalah lokasi pusat oleh-oleh Cimory. Mayoritas produk yang dijual di tempat ini adalah makanan dan minuman, tapi ada juga produk-produk lain seperti boneka, mug, kaos, pin, bahkan ada beberapa pot bunga anggrek bulan yang dijual di dekat pintu keluar.  Di tempat ini terdapat beberapa booth dengan produk-produk yang sama seperti di sekitar area kids playground. Selain itu, ada Chocomory Shop dan Cimory Shop.

Chocomory Shop

Chocomory shop adalah toko serba cokelat yang selalu ada di semua restoran Cimory. Setiap hari produk-produk cokelat yang akan dijual di toko ini diproduksi di Chocomory Factory yang berada di lantai 3 dengan jumlah yang disesuaikan dengan permintaan  Chocomory Shop. Jadi, bisa dipastikan produk-produk cokelat yang dijual disini akan selalu fresh setiap harinya. Penjualan produk-produk Chocomory juga ekslusif hanya dapat ditemui di semua gerai Chocomory Shop saja.

Produk-produk yang dapat ditemui disini adalah berbagai makanan/minuman berbahan cokelat seperti chocholate bar, cokelat praline, covered chocholate, selai, minuman cokelat, cookies, mini pie, sampai lolipop cokelat. Favorit saya: tentu saja Chocomory choc-o-bar yang populer itu dan Chocomory choc-o-pie. Chocomory choc-o-bar merupakan snack cokelat dengan berbagai rasa, yaitu strawberry yoghurt, matcha, almond, cornflakes, cashew, dan rice buble. Sedangkan Chocomory choc-o-pie adalah mini pie yang bentuknya mirip dengan pie susu khas bali. Bedanya, pienya sedikit lebih tebal dan bagian tengahnya tidak diisi dengan krim susu, tapi dengan cokelat yang cukup padat. Produk ini menjadi salah satu pilihan saya karena rasa cokelatnya yang ringan, tidak terlalu pahit, dan tidak terlalu manis.

Cimory Shop

Cimory shop adalah supermarket dimana anda bisa menemui berbagai produk cimory (yoghurt, susu sapi, dan susu kedelai); sosis kanzler; dan juga berbagai oleh-oleh snack khas Bogor seperti bolu talas, keripik talas, keripik pisang, dan sebagainya.

Salah satu produk yang paling menarik di Cimory Shop adalah Moo Moo Roll Cake yang juga dijual di booth luar. Moo Moo Roll Cake adalah kue bolu gulung yang bercorak hitam putih seperti kulit sapi di bagian luar dengan lapisan krim susu di bagian dalamnya. Kue ini memiliki 3 varian rasa untuk krim susunya, yaitu cokelat, strawberry, dan original (susu putih). Varian yang pernah saya cicipi adalah rasa cokelat dan strawberry. Kue bolunya lembut, ringan, dan tidak membuat eneg. Untuk varian cokelat, krimnya terasa seperti campuran cokelat dan vanilla dimana rasa vanillanya sedikit lebih dominan dan tidak terlalu manis. Pokoknya saya suka J Untuk varian strawberry, rasa krimnya agak terlalu asam menurut saya. Tapi semuanya kan tergantung selera anda J  Satu dus Moo Moo Roll Cake ini dijual seharga Rp. 75.000,-

Harga tiket setiap sarana rekreasi :

  1. Kids playground: Gratis
  2. Cimory Riverside Forest (Riverside Walk, Mini Zoo, Mini Farm, Taman Pelangi): Rp.25.000,-
  3. Monster Aquarium: Rp.25.000,-
  4. Factory Outlet dan Pusat Oleh-oleh : Gratis

Alamat

Jalan Raya Puncak KM 77, Desa Leuwimalang, Cisarua, Cipayung Girang,

Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750

Jam buka: Minggu-Sabtu pukul 08.00-22.00 WIB

Transportasi

Jika anda berangkat dari Jakarta, ada beberapa pilihan transportasi yang tersedia:

Naik KRL jurusan Bogor-Angkot 02 jurusan Bubulak Sukasari-Angkot 02 jurusan Cisarua.

Untuk anda yang ingin menghindari macetnya jalan ke Bogor sekaligus menghemat biaya, naik KRL dan angkot bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Anda bisa berangkat dari stasiun KRL terdekat dan langsung naik kereta jurusan Bogor. Setelah turun di stasiun Bogor, anda lanjut naik angkot 02 jurusan Bubulak-Sukasari yang bewarna hijau dengan strip orange dan turun di Sukasari. Disana anda bisa naik angkot 02 jurusan Cisarua yang bewarna biru dan turun tepat di seberang Cimory Riverside. Biaya yang dikeluarkan: Rp.6.000,- (untuk KRL dari stasiun Manggarai ke stasiun Bogor) + Rp.5.000,- (untuk angkot ke Sukasari) + Rp.5.000,- (untuk angkot jurusan Cisarua) = Rp.16.000,-

Bus Marita (full AC)

Jika anda ingin berhemat tapi tidak mau ribet transit sana sini, anda bisa memilih transportasi dengan naik bus Marita yang langsung berhenti di seberang lokasi tujuan. Dari Terminal Kampung Rambutan, anda bisa naik Bus Marita dengan tiket Rp10.000,- sampai Rp.15.000,- sampai seberang Cimory Riverside. Namun, anda harus bisa memperkirakan kondisi kemacetan jalan dari Jakarta, terutama saat weekend.

Bus DAMRI-Angkot 01 jurusan Ciawi-Angkot 02 jurusan Cisarua

Jika anda berada di dekat Bandara Halim Perdana Kusuma atau Bandara Soekarno-Hatta, anda bisa pergi ke bandara untuk naik bus Damri ke Bogor dan turun di pool DAMRI Botani Square Bogor. Dari depan Botani Square, anda bisa naik angkot 01 warna hijau ke pasar Ciawi. Lalu lanjut naik angkot 02 jurusan Cisarua yang bewarna biru sampai seberang Cimory Riverside. Harga tiket bus DAMRI dari Bandara Soekarno Hatta Rp.55.000,- sedangkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Rp.70.000,- Sedangkan tarif ankot 01 Ciawi dan 02 Cisarua masing-masing Rp.5.000,-

Naik KRL jurusan Bogor-Taksi Online

Ingin menghindari macetnya jalan ke Bogor tapi merasa ribet jika melanjutkan dengan berganti-ganti angkot? Gampang saja, anda tinggal memesan taksi online begitu sampai di stasiun Bogor. Jangan lupa untuk keluar dari stasiun terlebih dahulu dan menyeberang ke Lapas Paledang dengan jembatan penyeberangan supaya tidak ribet, karena jika naik kendaraan online dari depan stasiun atau depan Taman Topi, anda harus memutar kendaraan agak jauh untuk menuju ke arah Cimory Riverside.

Kendaraan Pribadi

Jika naik mobil pribadi, anda bisa memilih rute lewat tol Gadong. Jika tidak macet, lokasi Cimory Riverside hanya 10 menit dari pintu keluar tol.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.