Menang Dari Pagi, Menang Setiap Hari – Resolusi Tahun baru

Sebelum mulai membaca inspirasi hari ini, Howie ingin mengumumkan hastag yang akan Howie gunakan sebagai bagian dari resolusi tahun baru 2019. Hastag tersebut ada 2 yaitu : #menangdaripagi dan #menangsetiaphari. Hastag ini bukanlah sembarang hastag, karena Howie percaya bahwa tidak ada kemenangan yang instant, melainkan kemenangan itu harus dibangun sedikit demi sedikit. Harus ada milestone yang menjadi tanda bahwa kita telah berhasil. 

Apakah milestone itu? Milestone adalah suatu bagian dari pekerjaan yang dibuat seolah-olah menjadi temporary finish atau selesai sementara atas sekelompok atau serangkaian pekerjaan-pekerjaan yang menjadi bagian dari pekerjaan yang lebih besar. Agar sobat Howie dapat memahami lebih mudah, mari kita simak kegiatan sehari – hari (disederhanakan) dari Howie saat ini :
04.00 : bangun pagi + ibadah
05:00 : lari pagi
06.00 : siap – siap berangkat kantor
07.30 : bekerja
18.00 : istirahat dan beres – beres kamar
20.00 : membaca
22.00 : tidur

Pertanyaannya adalah bagaimana Howie bisa tidak terlambat berangkat ke kantor kalau bangun paginya saja baru jam 6 pagi. Ya mungkin bisa sih, tetapi kan berarti Howie jadinya tidak beribadah  dan tidak juga lari pagi. Oleh karena itu, PENTING bagi Howie untuk bangun jam 04.00 supaya seluruh kegiatan rangkaian kegiatan tersebut dapat tercapai. Makanya keluar hastag yang pertama : #MenangDariPagi

Dengan mempercayai dan merasa bahwa kita telah berhasil dari pagi, maka kita akan lebih bersemangat untuk mengerjakan seluruh pekerjaan kita pada hari itu. Ini awal dari kemenangan setiap hari. Betul tidak? Hmm, tetapi ternyata tidak. Banyak halangan dan rintangan yang akan berusaha menggagalkan usaha kita untuk berhasil. Berusaha untuk mengacaukan jadwal yang telah kita susun. Banyak orang di luar sana yang akan berusaha membujuk kita untuk melakukan hal yang bertentangan dari jalan yang ingin kita tempuh. Bujukan bujukan tersebut seperti misalnya, ngapain lari pagi, mending tarik selimut untuk melanjutkan tidur. Atau mungkin juga, di saat bekerja malah mengajak untuk pergi menonton ke bioskop. Salah bukan?

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

Namun bahayanya adalah orang yang dapat membujuk kita adalah orang yang dekat dengan kita, atau setidaknya kita telah mengenal mereka. Dan celakanya, kita justru sungkan untuk menolak ajakan mereka dengan mempertimbangkan berbagai alasan, misal sungkan kalau menolak, takut mereka tidak akan menjadi teman kita lagi, takut dianggap kampungan, dan berbagai stigma negatif lainnya. Nah seringkali orang lain menjadi jahat bukan karena keinginannya sendiri, tetapi karena ikut – ikutan temannya yang berada dalam lingkungan tidak sehat. 

Kita tidak dilarang untuk berteman dengan siapa saja, tetapi kita harus memilih orang yang nantinya akan menjadi sahabat kita. Tidak peduli sekuat apapun tekad kita, ketika kita terus menerus terpengaruh hal negatif, pastilah kita akan menjadi negatif pada akhirnya. Oleh karena itu, kita harus berani berkata TIDAK untuk tetap dapat stick to the plan, atau tetap pada rencana. Dengan begitu kita akan mendapatkan hastag kedua : #MenangSetiapHari

Seseorang akan disebut sebagai pribadi yang merdeka, ketika ia sanggup “BERKATA TIDAK” terhadap hal – hal yang bertentangan dengan hati nuraninya.

K. Gillibrand (Politikus)

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...