Lifestyle

Mengenal Komponen di dalam Headset Virtual Reality

Pinterest LinkedIn Tumblr

Teknologi Virtual Reality (VR) semakin berkembang dan telah banyak diimplementasikan di tahun milenial ini. Apalagi telah tersedia alat bantu yang dijual secara komersil berupa headset VR. Headset VR kini dapat ditemukan di toko online terbaik dan terpercaya sehingga siapapun dapat menikmati kemajuan teknologi ini.

Baca juga : Apa itu Virtual Reality?

Bagi kamu yang penasaran dan mungkin ingin membuat kacamata VR-mu sendiri, tentunya kamu perlu mengetahui komponen yang terdapat di headset VR bukan? Berdasarkan pantauan saya, terdapat beberapa komponen utama dalam proses pembuatannya seperti display dan cover. Untuk mempelajarinya, yuk kita bahas secara tuntas.

Komponen Perangkat Headset Virtual Reality

komponen dalam headset virtual reality - oculus rift
komponen dalam headset virtual reality – oculus rift

1. Display

Komponen display ini diperlukan untuk memproyeksikan gambar 3D. Di dalam perangkat headset VR besutan Samsung dan Google, monitor yang digunakan adalah smartphone yang terlah terinstall aplikasi Virtual Reality. Selain itu, terdapat Oculus Rift yang telah menggunakan layer HD (High Definition) dengan sudut pandang 100 derajat. Oculus Rift bahkan telah dilengkapi dengan suara yang jernih dan controller.

2. Cover

Cover merupakat komponen pembantu untuk menutup display di dalam headset VR yang kita gunakan. Di dalam cover terdapat beberapa sensor tracking untuk memberikan pengalaman yang solid berupa eye tracking, motion tracking, dan head tracking. Sensor ini nantinya akan mengirimkan sinyal ke komputer sehingga dapat memproses image dan lingkungan yang terasa nyata.

3. Spons

Spons merupakan bantalan helm pada kepala sehingga headset VR menjadi lebih nyaman dipakai, khususnya untuk kamu yang sangat antusias dan mencoba headset ini selama berjam – jam di rumah. Kamu juga dapat menambahkan spons sehingga terasa lebih personal (personalized).

4. Lensa

Sebuah headset VR umumnya menggunakan lensa khusus yang bersifat bikonveks atau cembung – cembung. Fungsi lensa ini adalah membantu untuk membuat gambar yang lebih fokus sehingga terlihat lebih nyata. Selanjutnya, lensa ini juga akan membuat view 3D dengan cara mengolah dua gambar secara tumpeng tindih.

5. Dial

Dial berfungsi untuk memberikan efek jarak pada penglihatan pengguna.

6. Circuit Board

Ini adalah salah satu komponen terpenting di dalam headset VR. Hal ini dikarenakan headset VR memerlukan komputer mini untuk mengolah input menjadi output yang berguna untuk mengolah gambar. Papan sirkuit ini berisi processor dan chip pengontrol LED.

Baca juga : Rekomendasi Kacamata Virtual Reality (VR) Terbaik untuk HP Anda

Itulah dia beberapa komponen yang terdapat di dalam headset VR standard. Nah, saya yakin kalau kamu sudah semakin paham mengenai teknologi dibalik temuan sejarah yang satu ini. Jangan lupa share dan info ke teman – teman kamu ya untuk menikmati pengalaman VR bersama – sama.

Write A Comment

2 × 5 =

Pin It