Lifestyle

Pengertian Apa Itu Game Online?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa itu game online? Saat ini masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan keberadaaan game. Apalagi penetrasi smartphone mencapai 28% dari total penduduk Indonesia pada tahun 2019 silam. Berdasarkan data dari BPS, jumlah penduduk Indonesia mencapai 270 juta jiwa. Jadi ada 80 juta orang yang telah memiliki akses ke dalam game online melalui layar smartphone mereka.

Game online tidak hanya merambah kalangan anak – anak dan remaja, bahkan banyak orang dewasa yang kegandrungan dalam memainkan game online. Ada yang memainkan game online melalui perangkat komputer, tetapi ada juga yang bermain melalui smartphone, atau perangkat lainnya seperti PS5 atau X-Box. Kali ini Howie akan membahas tuntas mengenai game online.

Apa itu Game Online?

Arti game online adalah permainan yang terhubung ke dalam suatu jaringan atau server untuk dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja secara berkelompok. Pada umumnya, game online memerlukan dukungan perangkat komputer untuk dapat memberikan tampilan yang menarik.

Istilah game online muncul dari penggunaan kata MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Online Game) yang dapat memfasilitasi banyak pemain untuk login secara bersamaan. Dalam game MMORPG, ribuan bahkan jutaan orang dapat login secara bersamaan dan saling berinteraksi. Untuk meningkatkan keseruan, pemain akan diberikan tantangan untuk dapat meningkatkan level atau menyelesaikan misi.

Publisher akan selalu berusaha untuk membangkitkan motivasi dari pemain untuk terus berkembang dan mengalahkan pihak lawan. Bahkan beberapa misi/quest harus diselesaikan secara berkelompok sehingga pemain harus saling berkenalan.

Sejarah Game Online

Perkembangan game online tentu tidak lepas dari perkembangan tren teknologi itu sendiri. Game online yang saat ini kita kenal telah jauh berbeda dengan ketika game online diperkenalkan pada pertama kalinya. Pada awal kemunculannya, game online hanya dapat menyambungkan 2 orang saja untuk bermain game secara bersama – sama.

Hal ini berkembang dengan kehadiran LAN, WAN, bahkan internet. Lalu munculah game online dengan kemampuan real time sharing sehingga banyak pemain bisa bermain secara bersamaan. Game online yang populer adalah game dengan tema perang atau pesawat yang seringkali digunakan untuk kepentingan militer yang akhirnya dikomersialkan karena sudah tidak up to date.

Anda yang merupakan gamer sejati tentu telah mengenal game online yang bernama TANTRA, RAGNAROK, SEAL, atau DOTA 2. Ini adalah permainan yang mengawali demam game online di Indonesia.

Perkembangan Game Online di Indonesia

Game Online diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1999 dengan kehadiran Counter Strike. Game bertemakan perang kelompok bersenjata ini dengan cepat menjadi populer di seluruh dunia. Hampir semua warnet menginstall permainan ini pada setiap unit komputernya.

Dikutip dari kuyngegaming.com, tercatat ratusan judul game online yang telah beredar di dunia. Sebut saja Clash Of Clan (COC), PUBG Mobile, Chess Rush, bahkan Mobile Legends. Ini menandakan betapa besarnya antusiasme para game di Indonesia.

Jadi itulah pembahasan mengenai pengertian apa itu game online. Coba share game online yang kamu mainkan.

 

Write A Comment

one + eight =

Pin It