Bisnis

10 Tanda Bahwa Bisnis Anda Akan Gagal

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tanda bisnis gagal – Saat ini, banyak sekali pihak yang menawarkan kesuksesan. Padahal kita menyadari bahwa sukses itu tidaklah datang dengan sekejap. Pada kenyataannya, mayoritas pengusaha tersebut perlu melewati hari sulit sebelum akhirnya berhasil.

Bahkan ada kata kata bijak yang berkata bahwa “One day all thoses late nights and early morning will pay off”. Hal ini menunjukkan bahwa betapa banyaknya pengorbanan yang perlu dilakukan agar kita dapat sukses.

Hal ini menyadarkan saya bahwa banyak bisnis yang akhirnya gagal di tengah jalan. Howie akan menginformasikan top 10 tanda bisnis gagal agar Anda dapat mengantisipasinya.

Tanda Bisnis Gagal

1. Membuat Kesalahan Yang Sama

Apabila kesalahan dilakukan satu kali, maka itu wajar. Yang aneh adalah apabila bisnis Anda melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Itu berarti tidak ada evaluasi dan tidak ada perbaikan. Ini adalah salah satu tanda bisnis gagal yang akan menyebabkan masalah besar.

2. Tidak Membayar Utang

Salah satu tanda bisnis yang berkembang adalah selalu membayar utang tepat waktu. Apabila Anda gagal melakukan hal ini, maka menandakan bisnis Anda tidak maju atau mungkin karakter yang kurang bagus? Coba share alasan kenapa ada bisnis maju yang tidak membayar utang.

3. Tidak Ada Inovasi

Perusahaan Nokia adalah produsen HP raksasa pada zamannya. Minimnya inovasi lah yang menyebabkan kegagalannya. Sama seperti bisnis yang lain. Ketiadaan inovasi membuat bisnis tertinggal jauh dari competitor dan merupakan tanda usaha gagal.

4. Tidak Memperhatikan Pegawai

Perusahaan yang berkembang tentu terlihat dari pertumbuhan skala bisnisnya. Apalagi tren teknologi saat ini mendorong akselerasi pertumbuhan yang sangat tinggi. Pastikan kompetensi pegawai Anda selalu up to date dengan perkembangan terbaru.

5. Tidak Pandai Mengatur Keuangan

Sebuah bisnis yang berkembang perlu manajemen keuangan yang baik. Apabila Anda abai dalam melakukan hal ini, bisa jadi arus kas akan terganggu. Bisa saja omset Anda positif, tetapi Anda tidak mempunyai uang di tangan karena memberikan piutang. Lama – lama Anda akan kekurangan modal untuk melanjutkan usaha dan terpaksa tutup toko. Kunjungi ngurusduit.com untuk belajar tentang manajemen keuangan.

6. Kurangnya Jaringan Bisnis

Hal ini seringkali dialami oleh pebisnis pemula. Mereka seringkali terlalu sibuk mengurus ke dalam sehingga tidak berkomunitas. Padahal jaringan bisnis yang tepat bisa membantu usaha berkembang dengan lebih cepat.

7. Bad Customer Service

Keberlangsungan bisnis Anda tentu sangat bergantung kepada pelanggan. Apabila pelanggan puas, maka dipastikan mereka akan senang untuk membeli kembali produk – produk Anda. Hal ini termasuk ke dalam pelayanan. Apabila pelayanan Anda mengecewakan, sudah pasti satu per satu konsumen akan meninggalkan Anda.

8. Produk Tidak Berkualitas

Salah satu tanda bisnis gagal adalah produk yang tidak berkualitas. Walaupun harganya murah dan memiliki strategi marketing yang bagus, pasti pelanggan akan kecewa. Pelanggan yang kecewa tidak akan lagi percaya kepada produk Anda dan malah menggunakan produk kompetitor

9. Salah Strategi Pemasaran

Semua bisnis akan berkembang apabila penjualan produknya laris manis. Banyak strategi pemasaran produk yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen, seperti pemasangan iklan ataupun endorse artis. Namun, strategi yang salah akan membuat bisnis Anda merugi.

10. Bisnis Model Tidak Menarik

Bisnis model adalah cara kita menggambarkan bisnis secara mudah dan sederhana. Salah satu cara untuk menggambarkan bisnis model adalah bisnis model canvas. Pada akhirnya, setiap model bisnis haruslah menghasilkan uang agar kita semangat untuk mengerjakannya. Apabila bisnis model tersebut tidak dapat menghasilkan uang, maka segera tinggalkan saja dan cari bisnis model yang baru.

Write A Comment

four × 3 =

Pin It