Investasi

Review PINA : Aplikasi Perencana Keuangan Terlengkap

Pinterest LinkedIn Tumblr

Semua orang pastinya setuju urusan mengatur keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Hal inilah yang menyebabkan uang yang dimiliki seseorang bisa habis begitu saja dan menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Tidak salah rasanya jika kini banyak aplikasi finansial untuk membantu seseorang dalam mengatur keuangannya agar lebih terarah. Salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik adalah PINA, yang telah hadir untuk memberikan solusi pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

Apa itu Aplikasi PINA

Aplikasi PINA merupakan aplikasi teknologi finansial yang memiliki beragam fitur untuk membantu para penggunanya dalam mengatur keuangan agar lebih terarah dan dapat mencapai kebebasan finansial.

Diluncurkan pada Desember 2021, PINA merupakan suatu karya brilian dari Daniel Van Leeuwen dan diberdayakan oleh PT Trust Sekuritas.

Bukan hanya membuat para penggunanya seperti memiliki financial planner pribadi saja, PINA juga menyediakan berbagai pilihan produk investasi reksadana dan saham yang resmi dan diawasi oleh OJK.

Apa yang Menyebabkan PINA Berbeda?

Sebagai salah satu new comer, aplikasi PINA menyuguhkan inovasi yang berbeda. Memiliki misi untuk menjadi satu wadah sempurna bagi para penggunanya untuk meraih kebebasan finansial, PINA menyediakan berbagai fitur yang bisa dikatakan sangat lengkap.

Bukan hanya sekedar memfasilitasi kegiatan investasi para penggunanya  … PINA melangkah lebih jauh dan berkomitmen untuk menyiapkan para pengguna agar dapat memiliki kesehatan keuangan yang baik dan terarah sebelum pada akhirnya memutuskan untuk berinvestasi.

Hal inilah yang membedakan PINA dengan aplikasi finansial sejenis. Melalui PINA, para investor pemula sekalipun benar-benar dibina agar dapat memahami bagaimana pengelolaan uang yang baik, mengukur profil risiko, dan meraih tujuan keuangan yang sehat terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

PINA bukan berfokus pada besar kecilnya investasi. Namun, berfokus pada investor itu sendiri. Dengan berbagai tools yang dimiliki, PINA berkeyakinan bahwa seseorang harus dapat memiliki pengelolaan keuangan yang baik terlebih dahulu daripada terburu-buru berinvestasi.

Dengan begitu, investasi akan lebih terarah sesuai dengan profil risiko serta dapat menjadi investasi jangka panjang.

Fitur Unggulan PINA

Sebagai salah satu aplikasi finansial, PINA dirancang apik dan memiliki beberapa fitur unggulan, yaitu :

1. PINA Save

Fitur unggulan pertama yang dimiliki PINA adalah PINA Save yang berfungsi sebagai pengatur keuangan dari para penggunanya.

Dalam fitur ini para pengguna dapat melihat bagaimana kondisi kesehatan keuangan secara 360°, yang dilihat dari cashflow dan dapat dilacak dengan sangat mudah. Kamu dapat memantau mengatur berbagai pos pengeluaran, seperti konsumsi, transportasi, pendidikan, hiburan, ataupun kategori lainnya.

Melalui fitur ini Anda juga dapat menghubungkan semua rekening bank, dompet digital, bahkan akun BPJS yang Anda miliki. Kamu bisa memantau seluruh info tersebut melalui aplikasi PINA sehingga dapat memantau secara menyeluruh arus keuangan Anda tanpa ada yang terlewatkan.

Fitur ini tentu memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan dan pemantauan saldo tanpa harus keluar masuk pada masing-masing akun yang berbeda. Dan jangan khawatir, semua akun Anda dipastikan aman berkat adanya secure system yang mumpuni dari PINA.

Selain itu, pendapatan dan pengeluaran pun akan dianalisa oleh tim PINA dan disajikan dalam bentuk grafik yang sangat mudah dipahami yang akan membuat Anda mengetahui seberapa sehat status keuangan Anda dan dapat diarahkan pada pengelolaan yang lebih baik dan tentu saja pengalokasian tabungan sesuai dengan status budgeting yang Anda miliki.

2. PINA Invest

Setelah memiliki perencanaan keuangan yang baik serta status finansial yang sehat dan stabil … kini Anda dapat memanfaatkan fitur unggulan PINA lainnya yaitu PINA Invest.

PINA Invest menawarkan dua pilihan gaya investasi yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Yang pertama terdapat investasi yang di-automasi sesuai dengan profil risiko dan financial goals Anda. Memiliki tujuan seperti ingin membeli rumah impian dalam 2 tahun ke depan atau ingin menyiapkan dana pensiun untuk hari tua yang nyaman dan terjamin.

Apa pun financial goals Anda, PINA akan membantu mewujudkannya dengan menyediakan pilihan instrumen investasi (saham dan reksadana) yang tepat sesuai dengan anggaran, profil risiko dan tujuan Anda. Sehingga Anda tak perlu bingung sekalipun Anda seorang pemula dalam dunia investasi.

Pilihan lainnya yang dapat Anda coba adalah investasi aktif yang cocok untuk membangun portofolio Anda. Tidak perlu khawatir harus memulai dengan budget tinggi, karena hanya dengan modal mulai dari 10 ribu rupiah saja Anda bisa memiliki saham atau reksadana impian. Sebut saja saham blue chip seperti saham Bank BCA, Telkomsel Unilever, atau Indofood. Kamu dapat mulai memilih saham dan mulai berinvestasi rutin setiap bulan.

Cara memulainya pun sangat mudah Anda cukup membuat akun di PINA terlebih dahulu yang prosesnya hanya hitungan menit. Lalu Anda dapat membuat akun RDN (Rekening Dana Nasabah) milik Anda pribadi, melakukan pengisian saldo dan siap untuk mulai berinvestasi.

3. PINA Classroom

Mempelajari seluk-beluk pengelolaan keuangan hingga investasi memang terkadang menjadi suatu hal yang rumit terlebih bagi pemula. Karenanya, PINA juga dilengkapi dengan fitur PINA Classroom yang berisi berbagai artikel informatif yang akan mengedukasi Anda sehingga memiliki wawasan lebih di bidang keuangan dan investasi.

Apakah aplikasi PINA aman?

Menjadi salah satu aplikasi perencana keuangan terbaru, PINA sangat memahami kekhawatiran nasabah dalam mempercayakan data serta dana yang dimiliki pada PINA. Namun nampaknya Anda harus segera melenyapkan segala kekhawatiran karena PINA memiliki jaminan keamanan bagi para Nasabah seperti:

  • Terdaftar dan diawasi oleh OJK
  • Rekening investasi  disediakan oleh Bank Negara Indonesia (BNI).
  • Mengantongi sertifikasi tier 3 ISO.
  • Penggunaan enkripsi Sectigo RSA Domain Validation Secure Server CA yang menjamin data dan transaksi aman
  • Dana nasabah disimpan di Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk saham dan Bank Kustodian untuk Reksa Dana, sehingga selalu aman.
  • Terlindungi dengan enkripsi 256-bit, Pina tidak pernah menyimpan data login bank milik nasabah.

Kesimpulan

Sebagai sebuah aplikasi perencana keuanganyang masih tergolong baru, PINA tentu masih terus berbenah. Bicara mengenai keunggulan, yang paling menonjol dari PINA adalah tampilan dan penggunaan fitur yang rasanya sangat sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja.

Mungkin kekurangannya hanya terletak pada pilihan investasi yang masih terbatas pada saham dan reksadana saja. Namun, secara keseluruhan aplikasi ini nyaris sempurna dan dapat dijadikan partner Anda dalam meraih kebebasan finansial.

Semoga artikel review PINA ini dapat bermanfaat. Jadi bagi Anda yang masih kesulitan dalam mengelola keuangan serta menentukan langkah investasi yang tepat, segera download aplikasi PINA melalui Google Play Store atau App Store!

Write A Comment

3 × three =

Pin It