Bisnis

Teknik Pemasaran Populer di Internet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Teknik pemasaran di internet merupakan teknik marketing yang cukup populer dijalankan banyak orang saat ini. Jumlah pengguna internet yang semakin hari semakin bertambah menjadikan iklim bisnis di internet semakin subur. Para tenaga marketing perusahaan pun dituntut untuk dapat memanfaatkan tekonologi internet untuk fasilitas pemasaran produk berupa barang atau layanan jasa perusahaan.

Resiko yang muncul apabila Anda tidak mengambil peluang marketing di dunia maya, adalah Anda akan ditinggalkan oleh para pelanggan. Apalagi berdasarkan survey dari snapcart, konsumen umumnya lebih menyukai cara berbelanja secara online yang lebih simpel dan praktis.

Teknik pemasaran online sudah banyak dijalankan oleh berbagai jenis perusahaan, mulai dari bisnis buku, elektronik, pakaian, properti, aksesoris, bahkan kita dapat menjumpai bisnis makanan yang saat ini dijual secara online. Apalagi kehadiran gojek dan grab melalui aplikasi IOS dan Android semakin memudahkan konsumen untuk berbelanjan secara online.

Baca juga : Manfaat Pemasaran Online di Era Digital

Peluang ini sebenarnya juga memiliki banyak resiko. Oleh karena itu diperlukan antisipasi atas berbagai resiko pemasaran online sehingga pintu kesuksesan teknik pemasaran di internet yang Anda rancang akan berhasil meningkatkan angka penjualan perusahaan.

Bagaimana cara atau teknik pemasaran di internet sederhana yang bisa Anda jalankan secara mandiri? Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan proses marketing online secara mandiri:

Teknik Pemasaran di Internet

1. Membuat toko online

Toko online sebagai bagian dari teknik pemasaran di internet bisa dibuat dengan memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter atau juga menggunakan website atau blog yang gratis. Toko online ibarat toko bisnis Anda di dunia nyata yang menginformasikan mengenai produk-produk usaha bisnis yang Anda kelola.

Jika Anda seorang yang gaptek soal urusan blog atau website, maka Anda bisa memanfaatkan jasa layanan pembuatan toko online dengan tarif yang sepadan. Namun bila Anda ingin mencoba untuk membuat toko online secara mandiri, maka Anda dapat membaca cara membuat blog gratis untuk pemula.

2. Beriklan online

Iklan secara online sebagai upaya teknik pemasaran di internet bisa dilakukan secara gratis atau berbayar. Jika Anda memiliki modal yang cukup, maka tak ada salahnya melakukan content placement berbayar melalui banyak website atau blog-blog ternama, atau Anda juga bisa memasukkan iklan Anda melalui layanan iklan adsense.

Atau Anda dapat membuat iklan secara gratis dengan mudah dengan memanfaatkan status jejaring sosial, mengirimkan email menggunakan database yang telah Anda bangun, atau menggunakan software beriklan gratis yang akan menghubungkan Anda pada ratusan situs dalam hitungan menit saja.

3. Omnichannel

Bisnis jaman now harus mengenal apa itu omnichannel. Di era internet, banyak istilah yang digunakan oleh para internet marketer seperti SEO, SEM, FB Ads, dan Social Media Marketing. Tidak ada yang lebih baik dan lebih jelek di antara channel pemasaran online tersebut. Anda harus memanfaatkan seluruh channel tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dikutip dari barantum.com, omnichannel adalah strategi konten lintas channel yang digunakan oleh suatu pihak untuk meningkatkan pengalaman pengguna mereka. Alih – alih bekerja secara individual atau terpisah, seluruh channel dan sumber daya pendukungnya dirancang untuk terintegrasi dan bekerja sama. Tujuannya untuk membuat customer journey yang maksimal.

itulah 3 teknik pemasaran di internet yang saat ini sedang populer di kalangan internet marketer. Ada banyak cara-cara kreatif dan teknik pemasaran di internet lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan bisnis Anda di internet. Namun satu hal yang penting Anda lakukan dalam menjalankan teknik pemasaran di internet, yakni soal etika dan tidak mengganggu kenyamanan orang.

Hal yang tidak dibenarkan misalnya dengan melakukan spaming yang sangat mengganggu privasi orang lain. Melakukan teknik pemasaran di internet juga harus tetap dengan cara-cara santun dan simpatik. Semoga bermanfaat,terima kasih telah membaca artikel ini.

Write A Comment

18 − ten =

Pin It