Inspirasi

Tips Membuat Dalgona Coffee yang Viral di Instagram

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tips Membuat Dalgona Coffee yang Viral di Instagram – Hai Sobat Howie! Pernah dengar soal dalgona coffee yang sedang viral di instagram akhir-akhir ini? Minuman ini terdiri dari kopi, gula, dan air yang diaduk dengan cepat sehingga berbentuk busa yang mengapung diatas susu. Nama dari minuman ini sendiri diambil dari salah satu jenis permen dari Korea Selatan yang bernama dalgona. Permen tersebut juga biasa disebut juga ppogi. Sama dengan lapisan kopi pada dalgona coffee, permen dalgona juga memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut seperti busa.

Banyak netizen yang sudah mencoba membuat dalgona coffee sendiri di rumah lalu mengupload foto dan videonya di instagram dengan tagar #dalgonacoffechallenge dan #dalgonacoffee. Banyak yang berhasil membuatnya dengan sempurna, namun tidak sedikit juga yang belum berhasil. Biasanya penyebab percobaan tersebut belum berhasil adalah kesulitan untuk membuat adonan kopinya mengembang seperti busa dan mengapung diatas susu. Kalau Sobat Howie juga sering mengalami masalah ini meskipun telah berkali-kali mencoba dalgona coffee, jangan menyerah dulu.  Howie and Belle punya beberapa tips untuk membuat dalgona coffee supaya adonan kopi Sobat Howie dapat mengembang dan mengapung dengan sempurna.

1. Gunakan Kopi Tanpa Ampas

Gunakan Kopi Tanpa Ampas

Untuk membuat dalgona coffee sendiri di rumah, banyak orang menggunakan kopi instan yang lebih mudah mengembang karena mengandung pengemulsi. Tapi Sobat Howie harus memperhatikan jenis kopi instan yang digunakan. Ada beberapa jenis kopi instan yang masih menyisakan ampas ketika diseduh. Ampas kopi tersebut dapat menyebabkan bahan-bahan adonan tidak tercampur rata dan sulit untuk mengembang. Jadi, pastikan kopi instan yang Sobat Howie gunakan tidak berampas ya. Jika Sobat Howie lebih suka menggunakan kopi bubuk biasa atau terpaksa menggunakan kopi instan yang berampas, jangan lupa untuk menyaring ampasnya dahulu sebelum mengaduknya dengan gula.

Baca juga: 3 Coffee Shop Favorit di Jakarta Timur

 

2. Jangan Gunakan Kopi 3 in 1

Jangan Gunakan Kopi 3 in 1

Selain tanpa ampas, perhatikan juga bahwa kopi yang Sobat Howie gunakan bukan kopi 3 in 1 yang sudah mengandung gula dan creamer. Jika menggunakan kopi 3 in 1, adonan kopi Sobat Howie tetap akan sulit untuk mengembang. Salah satu kopi instan yang sering direkomendasikan untuk membuat dalgona coffee adalah nescafe classic. Kopi ini tidak memiliki ampas, dan juga bukan kopi 3 in 1.

3. Perhatikan Suhu Air

Perhatikan Suhu Air

Selain jenis kopi yang digunakan, Sobat Howie juga perlu memperhatikan suhu air untuk membuat adonan dalgona coffee. Untuk membuat semua bahan tercampur dengan sempurna, suhu air yang digunakan dalam adonan harus benar-benar panas. Namun jika ingin membuat adonan kopi lebih cepat mengembang, suhu airnya harus benar-benar dingin. Masalahnya, Sobat Howie pasti ingin agar semua bahan dapat tercampur dengan sempurna dan adonan meengembang dengan cepat. Bungung kan? Tenang dulu, Howie and Belle punya tipsnya. Sobat Howie hanya perlu menggunakan setengah takaran air panas untuk melarutkan kopi dan gula, lalu dinginkan. Setelah itu, Sobat Howie bisa mencampurkannya dengan setengah takaran air yang benar-benar dingin dan lanjutkan mengaduk. Sedikit lebih ribet, namun dengan cara ini bahan-bahan dalam adonan kopi Sobat Howie akan tercampur dengan sempurna dan mengembang dengan cepat.

4. Perhatikan Takaran Air

Perhatikan Takaran Air

Meskipun terdengan spele, namun takaran air yang digunakan juga merupakan salah satu faktor keberhasilan pembuatan adonan kopi pada dalgona coffee. Saat membuat adonan kopi, sebaiknya Sobat Howie tidak terlalu banyak menambahkan air agar adonan tidak terlalu encer. Adonan yang terlalu encer tidak akan bisa mengembang. Takaran air yang disarankan adalah maksimal 2 sendok makan untuk adonan kopi dalam satu porsi dalgona coffee.

Baca juga: Cafe Instagramable: Kullerfull Coffee and Eatery

 

5. Gunakan Alat Pengaduk Yang Tepat

Gunakan Alat Pengaduk yang Tepat

Selain pemilihan jenis kopi, faktor yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pembuatan dalgona coffee adalah proses mengaduk adonan kopi. Ada berbagai alat yang dapat Sobat Howie gunakan untuk mengaduk adonan kopi pada pembuatan dalgona coffee. Mulai dari mixer, hand frother, better beater, whisk manual, hingga sendok biasa. Untuk membuat adonan kopi dengan proses yang paling mudah, cepat, dan tanpa banyak tenaga, disarankan untuk menggunakan mixer. Namun cara ini tentunya tidak dapat digunakan ketika tidak ada listrik. Selain itu, sebagian orang juga merasa repot untuk membersihkan mixer setelah menggunakannya. Apalagi jika hanya ingin membuat satu atau dua porsi dalgona coffee. Karena itu, Sobat Howie juga bisa menggunakan sendok atau whisk manual sebagai alternatif dari mixer. Namun jika menggunakan kedua alat tersebut,  Sobat Howie harus mengerahkan tenaga ekstra untuk mengaduk dengan cepat dalam waktu yang lama. Hal ini tentunya jauh lebih melelahkan dibanding menggunakan mixer.

Alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti mixer adalah hand frother dan better beater. Dari namanya saja, Sobat Howie pasti sudah tahu kalau portable hand frother sebenarnya berfungsi untuk membuat buih susu (milk froth) pada berbagai kopi seperti cappuccino, latte, macchiato, dan lain-lain. Alat ini menggunakan tenaga baterai sehingga tetap bisa digunakan saat tidak ada listrik. Cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu dengan menyalakan powernya dan meletakkan ujung alatnya pada adonan. Alat ini akan berputar secara otomatis dan Sobat Howie hanya perlu menggesernya ke kanan dan kiri serta menariknya ke atas dan kebawah beberapa kali. Alat ini tersedia dalam berbagai merk dengan harga yang bervariasi. Jika menggunakan alat ini, pastikan wadah yang Sobat Howie gunakan untuk membuat adonan berupa gelas atau wadah lain dengan dasar tidak terlalu luas dan dinding yang tinggi. Sebaiknya jangan gunakan mangkuk yang lebar agar adonan tidak mudah tumpah dan proses mengaduk menjadi lebih mudah.

Selain hand frother, better beater juga dapat menjadi alternatif pengganti mixer yang lebih praktis untuk membuat dalgona coffee. Alat yang sebenarnya berfungsi untuk mengocok telur ini dapat mengaduk adonan dengan lebih mudah dibandingkan dengan whisk manual, lebih mudah dicuci dari mixer, tidak memerlukan listrik maupun baterai, dan harganya sangat terjangkau. Untuk mengaduk adonan kopi dengan better beater, Sobat Howie hanya perlu meletakkan ujung alat ini di bagian tengah wadah, lalu menekan pegangannya ke bawah dan menariknya keatas berulang-ulang. Alat ini akan berputar dengan cepat saat pegangannya ditekan kebawah. Dengan begitu, adonan kopi Sobat Howie akan tercampur dengan merata dan mengembang seperti busa. Sama seperti saat menggunakan hand frother, Sobat Howie  sebaiknya menggunakan gelas dengan dasar yang agak sempit dan dinding yang tinggi jika menggunakan butter beater. Hal ini bertujuan agar adonan kopi tidak tumpah saat diaduk.

 

Sobat Howie, itu tadi tips membuat dalgona coffee yang viral di instagram ala Howie and Belle. Sobat Howie juga bisa menonton video tutorial cara membuat dalgona coffee dan dalgona matcha ala Howie and Belle di youtube. Selamat mencoba ya!

Write A Comment

eleven + sixteen =

Pin It