fbpx

Tips Puasa Saat Hamil: Memilih Makanan dan Minuman Untuk Sahur dan Berbuka

Tips Puasa Saat Hamil – Apa itu puasa? Dikutip dari wikipedia, puasa adalah tindakan sukarela dengan berpantang makanan, minuman dan perbuatan tercela dalam periode waktu tertentu.

Di bulan Ramadhan, seorang ibu hamil diizinkan untuk tidak berpuasa jika kondisi kesehatannya tidak memungkinkan dengan membayar fidyah. Namun, jika kondisi kesehatan anda memungkinkan, anda bisa tetap berpuasa meskipun dalam keadaan hamil. Tentunya dengan memperhatikan beberapa hal, seperti menghindari stress, menjaga waktu istirahat yang cukup, menghindari aktifitas fisik yang berat, dan menjaga asupan nutrisi bagi kandungan.

Untuk menjaga asupan nutrisi bagi kandungan anda selama berpuasa, anda harus memilih makanan dan minuman yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang wajib untuk dikonsumsi dan dihindari.

Baca juga : Tips Sehat Menjalankan Ibadah Puasa

Tips Puasa Saat Hamil : Memilih Asupan

#1 Makanan Dengan Kandungan Karbohidrat Kompleks

Makanan dengan karbohidrat kompleks

Ini dia tips puasa saat hamil yang pertama : Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, kentang, ubi, gandum utuh, rolled oat, quinoa, ketan hitam, dan kacang polong penting untuk dikonsumsi ibu hamil saat berbuka puasa dan sahur. Sebab, makanan-makanan ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga ibu hamil akan merasa kenyang lebih lama. Jika anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan berkarbohidrat kompleks saat sahur, anda bisa memilih jenis makanan yang bisa dikonsumsi dengan praktis, seperti sereal gandum utuh yang ditambahkan dengan susu dan beberapa potongan buah, roti dari gandum utuh dan quinoa bar.

#2 Makanan Dengan Kandungan Serat Tinggi

Makanan dengan serat tinggi

Makanan dengan serat yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah konstipasi pada ibu hamil. Jika anda kurang menyukai rasa dari sayur dan buah, anda bisa mengakalinya dengan membuat jus atau salad dari sayur dan buah favorit anda. Bisa juga dengan memberikan sedikit dressing untuk menambah rasa pada sayur dan buah anda, seperti selai kacang untuk dimakan bersama pisang dan krim keju berprotein tinggi sebagai dressing untuk beberapa potongan apel.

#3 Makanan Dengan Kandungan Protein Tinggi

Makanan dengan protein tinggi

Bagi ibu hamil, penting untuk mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi seperti kacang-kacangan, telur, dan daging yang baik untuk perkembangan janin. Untuk itu, pastikan makanan berprotein selalu ada dalam menu berbuka dan sahur anda.

#4 Madu

Madu

Madu bermanfaat untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh, mencegah dehidrasi, dan melancarkan sistem pencernaan. Jadi, jangan lupa tambahkan madu dalam menu minuman/makanan anda saat berbuka puasa atau sahur.

#5 Susu Untuk Ibu Hamil

Susu

Susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil berguna untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Susu untuk ibu hamil dapat dengan mudah ditemukan di departement store hingga minimarket berbagai jenis dan kemasan. Beberapa merk susu hamil menambahkan nutrisi tambahan pada produknya seperti asam folat, AHA, dan DHA yang penting bagi perkembangan janin; niacin yang dapat mengurangi frekuensi mual dan muntah ibu hamil, dan sebagainya. Untuk memilih susu yang tepat, anda dapat memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam susu tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhan anda. Susu wajib untuk menjadi pelengkap menu sahur dan berbuka anda.

#6 Air Putih

Infused water

Usahakanlah untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dengan meminum air putih sebanyak kurang lebih 2 liter per hari selama berpuasa, terutama saat cuaca panas.  Jika anda sedang bosan untuk meminum air putih, anda bisa mengakalinya dengan membuat infused water. Sebab, dehidrasi adalah masalah yang sangat riskan bagi ibu hamil. Dalam beberapa kasus, dehidrasi dapat diikuti dengan kontraksi dan kelahiran prematur.

Baca juga : Perhatikan! Ciri – Ciri Orang Hamil Muda Untuk Persiapan

Tips Puasa Saat Hamil : Hindari Konsumsi

Sebaliknya, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda hindari saat berpuasa dalam kondisi hamil, yaitu:

#1 Makanan Pedas

Makanan pedas

Langsung mengkonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa dapat menyebabkan diare. Selain itu, makanan ini juga dapat memicu kontraksi pada ibu hamil.

#2 Makanan dan Minuman Dengan Kandungan Gula Tinggi

Makanan dengan kandungan gula tinggi

Makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi dapat meningkatkan kandungan gula darah dalam tubuh dengan cepat. Namun, setelah itu kandungan gula dalam darah juga akan cepat menurun dengan drastis. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan pusing.

#3 Minuman Berkafein

Minuman berkafein

Kafein yang terdapat pada kopi dan teh membuat ibu hamil mengeluarkan air lebih banyak saat buang air kecil karena bersifat diuretik, sehingga dapat menyebabkan dehidrasi.  Selain itu, meminum teh bersama makanan dapat mengurangi kadar zat besi dalam makanan yang dapat diserap tubuh. Daripada meminum segelas es teh manis atau secangkir iced latte yang menyegarkan saat berbuka dan sahur, anda dapat menggantinya dengan minuman lain yang tak kalah menyegarkan, seperti jus buah, infused water, atau milkshake.

#4 Minuman Dingin

Minuman dingin

Meminum minuman yang dingin setelah menahan dahaga seharian memang sangat menyegarkan. Namun, langsung meminum minuman dingin setelah berpuasa seharian dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung sehingga perut menjadi nyeri. Jadi, usahakan untuk mengkonsumsi minuman/makanan lain yang tidak dingin terlebih dahulu sebelum meminum minuman dingin saat berbuka puasa.

Demikian tips puasa saat hamil dengan memilih menu makanan dan minuman yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa saat hamil. Semoga tipsnya bermanfaat bagi anda dan si calon buah hati. Howie and Belle mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.