√ Pengertian Wirausahawan Menurut Ahli & Secara Umum [Lengkap]

Pengertian Wirausahawan atau dalam bahasa Inggris entrepreneur merupakan orang yang melakukan aktivitas wirausaha. Atau dalam artian yang lebih luas, wirausahawan berarti mereka yang berkecimpung dalam dunia usaha.

Seorang wirausahawan memiliki ide – ide dan gagasan yang bagus dan unik untuk membuat suatu produk. Mereka juga memiliki skill atau keahlian dan insting untuk memberikan produk yang sesuai minat pasar, mampu melakukan riset pasar, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan suatu produk baru, memasarkannya dan juga mengatur modal operasinya.

Wirausahawan dalam menjalankan prosesnya mengombinasikan berbagai faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material dan peralatan lainnya. Serta juga melakukan suatu proses yang disebut dengan creative destruction untuk menghasilkan nilai yang lebih tinggi dari yang ada sehingga inti dari keterampilan wirausaha merupakan kreativitas. Para ahli juga memiliki pendapat masing – masing tentang wirausahawan namun pada hakikatnya sama.

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian wirausawahan menurut para ahli yang dapat menjadi referensi dalam memahami apa itu wirausahawan.

Drs. Joko Untoro

Pengertian wirausahawan menurut Drs. Joko Untoro adalah suatu keberanian yang dilakukan seseorang untuk melakukan berbagai macam upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan seseorang atas dasar kemampuan yang dimiliki dengan memanfaatkan segala potensi yang ada demi menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto kewirausahaan merupakan suatu usaha kreatif yang dilakukan atas dasar inovasi demi menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat serta menciptakan suatu lapangan kerja dan hasilnya bisa berguna bagi orang lain.

Ahmad Sanusi

Menurut Ahmad Sanusi arti kewirausahaan berarti suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sebagai suatu sumber daya, tenaga penggerak, siasat, proses, kiat, tujuan dan juga hasil bisnis yang baik.

Soeharto Prawiro

Menurut Soeharto Prawiro wirausahawan adalah suatu nilai yang diberikan seseorang untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha agar berpotensi maksimal dan mendapatkan kemajuan yang pesat demi mendapatkan keuntungan utama yaitu mendapatkan laba atau margin atau keuntungan.

Peter Drucker

Peter Drucker mengartikan kewirausahaan adalah suatu kemampuan yang dimiliki dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lainnya.

Zimmerer

Arti dari kewirausahaan menurut Zimmerer adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan serta menemukan peluang dalam melakukan perbaikan kehidupan bisnis.

Siswanto Sudomo

Menurut Siswanto Sudomo, wirausahawan adalah segala sesuatu yang penting tentang seorang wirausaha yaitu orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban yang memusatkan segala daya dan berani dalam pengambilan resiko demi mewujudkan gagasannya.

Pengertian Wirausahawan Secara Umum

Pengertian Wirausahawan Secara Umum

Dari pendapat para ahli diatas dapat kita simpulkan bahwa wirausahawan adalah seseorang yang memiliki keberanian untuk berusaha secara mandiri. Dengan mengerahkan segala sumber daya beserta upaya meliputi kepandaiannya dalam mengenali sebuah produk dan peluang suatu produk untuk dipasarka.

Kemudian menentukan cara produksi yang baru, menyusun operasi untuk menciptakan sebuah peluang usaha, pengadaan produk baru, memasarkannya dan mengatur modal operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih dengan memanfaatkan faktor – faktor resiko serta berani mengambil segala resiko yang akan dihadapinya.

Baca juga : √ Peluang Bisnis Tanpa Modal / Tanpa Resiko Untuk Anak Muda – 2018

Ciri – Ciri Wirausahawan

Ciri – Ciri Wirausahawan

Setiap orang yang memiliki jiwa wirausahawan tentu memiliki ciri yang bisa dikenali. Adapun ciri – ciri wirausahawan yang dapat dikenali diantaranya :

Memiliki keberanian serta daya kreasi yang tinggi

Seorang wirausahawan yang sukses adalah seseorang yang memiliki keberanian tinggi untuk berkreasi dan mengeksekusi semua ide yang ada di otaknya karena kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan berbisnis. Orang yang memiliki keberanian akan lebih sukses dibandingkan mereka yang hanya punya ide tanpa eksekusi karena ide tanpa eksekusi tentu saja percuma.

Memiliki semangat yang tinggi dan kemauan yang keras

Tak hanya daya kreativitas saja yang diharuskan dimiliki oleh seorang wirausahawan. Akan tetapi seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis juga harus memiliki semangat yang tinggi dan kemauan yang keras dengan tujuan dalam rangka membantu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang akan dikerjakan nantinya harus bisa membawa keberhasilan. Kemauan yang keras juga sangat dibutuhkan karena hal tersebut dapat membuat seseorang memiliki tekad yang kuat demi mewujudkan apa yang diinginkan.

Memiliki jiwa pemimpin dan tidak berperilaku konsumtif

Seorang wirausahawan atau calon wirausahawan haruslah memiliki jiwa pemimpin tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk bawahannya. Dalam artian seorang wirausahawan harus mampu memimpin dan mengendalikan dirinya sendiri dan anggotanya didalam suatu pengambilan keputusan.

Seorang pemimpin tak seharusnya memiliki perilaku konsumtif karena pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan mereka. Dengan jiwa yang seperti ini tentu saja bisnis yang tengah dibangun akan semakin berkembang terus menerus dan keuntungan bisa diputar kembali menjadi tambahan modal sehingga dengan cara ini bisnisnya bisa semakin bertambah besar dari waktu ke waktu.

Baca juga : Ide Seputar Nama Olshop yang Bagus Keren Islami Unik Lucu Hoki

Karakteristik Wirausaha

Karakteristik Wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausaha atau calon wirausahawan, Anda harus tahu dulu beberapa karakteristik wirausaha berikut ini :

  • Mengenali dan yakin dengan produknya
  • Mampu menerima kritik dan saran yang baik dengan tidak berdebat dengan pelanggan atau calon pelanggan
  • Memiliki sikap untuk ramah dan melayani pelanggan dengan baik
  • Memiliki kemampuan yang baik untuk berkomunikasi dengan anggota, bawahan atau pelanggan
  • Bersikap jujur, santun dan berani dalam pengambilan keputusan
  • Bertanggung jawab jika saja terjadi sesuatu terhadap produk atau jasa dalam bisnis yang berpotensi merugikan pelanggan

Peran Wirausahawan Dalam Perekonomian Nasional

Peran Wirausahawan Dalam Perekonomian Nasional

Suatu negara bisa dikatakan maju jika banyak diantara rakyatnya manjadi pengusaha atau wirausahawan. Sebab peran wirausahawan dalam perkenomian suatu negara sangat penting. Diantara perannya sebagai berikut.

Membantu menciptakan kesempatan dan lapangan kerja baru

Dengan memiliki jiwa wirausaha, faktor – faktor produksi bisa dikombinasikan dengan baik sehingga dapat menghasilkan sebuah produk yang baru. Jadi dengan adanya produksi tentu kesempatan kerja akan jauh lebih terbuka dan dalam hal ini dapat membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan nasional

Dengan kemunculan berbagai macam produk baru di tengah – tengah kita entah itu suatu produk yang berbentuk barang atau yang bentuknya jasa tentu hal ini sangat baik dalam memberikan kontribusi bagi peningkatan tumbuhnya ekonomi di Indonesia.

Membantu mengurangi kesenjangan ekonomi di tengah masyarakat

Banyaknya kesempatan kerja yang tersedia akan memberikan pengaruh yang besar atas pendapatan masyarakat sehingga kesenjangan ekonomi di antara masyarakat yang punya pendapatan tinggi dan yang berpendapatan rendah bisa dikurangi.

Membantu menumbuhkan daya kreasi bangsa

Dengan sifat kewirausahaan kreatif yang dimiliki seorang wirausaha hal tersebut membantu dalam menumbuhkan daya kreasi bangsa sehingga dapat turut membantu mengoptimalkan kelangkaan sumber daya ekonomi untuk digunakan secara efektif dan efisien.

Tujuan Berwirausaha

Tujuan Berwirausaha

Seorang yang berjiwa wirausaha tentu punya tujuan. Selain melakukannya untuk diri sendiri, seorang wirausahawan juga melakukan berbagai kegiatan wirausaha untuk kepentingan orang lain. Berikut beberapa tujuan berwirausaha seorang wirausahawan :

  • Membuka sebuah lapangan kerja baru bagi orang lain dan dalam rangka membantu mereka untuk menjadi pengusaha secara mandiri.
  • Membantu menciptakan suatu jaringan bisnis baru yang dapat menyerap banyak tenaga kerja yang ada di sekitarnya.
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan hidup dan juga bermasyarakat yang ada di sekitar usaha yang dijalankan dengan membuka sebuah lapangan kerja.
  • Membantu menularkan serta mengembangkan semangat wirausaha kepada orang lain.
  • Membantu para pengusaha muda dalam berinovasi dan berkreasi.

Dengan semua tujuan tentang dunia wirausaha bagi bangsa dan negara, sangat diharapkan ke depan akan semakin bermunculan generasi penerus bangsa yang memiliki cita – cita wirausaha. Dengan cara tersebut juga dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.