fbpx

10 Persiapan Melahirkan Normal WAJIB Untuk Calon Ibu!

Persiapan Melahirkan Normal – Beberapa waktu lalu, saya mengamati seorang teman yang sedang hamil dan memasuki trisemester terakhir dari masa kehamilannya. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah : (1) “Apakah ingin melahirkan secara normal?” atau (2) “Melahirkan dengan operasi sesar?“. Apalagi saat ini melahirkan dengan operasi Sesar juga ditanggung oleh BPJS.

Menurut kami, adalah sebuah keputusan yang baik apabila Moms memilih untuk melahirkan secara normal. Banyak penelitian dalam bidang kesehatan yang mengatakan bahwa proses persalinan normal mempunyai banyak manfaat untuk Moms dan buah hati. Dikutip dari BellyBelly.com, bayi yang dilahirkan secara normal akan mempunyai daya tahan dan pernafasan yang kuat.

Agar semakin lancar dalam masa kehamilan dan persalinan, tentunya Moms perlu melakukan persiapan melahirkan normal bukan? Yuk kita simak 10 persiapan melahirkan normal untuk Moms :

Baca juga : Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

Persiapan Melahirkan Normal

#1 – Pelajari Proses Persalinan

Proses persalinan untuk menyambut kehadiran buah hati merupakan salah satu proses paling penting dalam fase kehamilan. Ibaratnya ini adalah babak final, babak akhir, dari persiapan dan perjuangan yang telah Moms lakukan selama 9 bulan untuk mengantarkan buah hati ke dalam dunia.

Ibarat sebuah pertunjukan, maka Moms dan pasangan dituntut untuk belajar lebih banyak. Untuk berlatih lebih banyak. Hal ini penting untuk dapat menghadapi proses persalinan dengan sukses. Mungkin banyak dari Moms yang sedikit takut. Tentunya rasa takut tersebut adalah normal.

Survey dari para dokter kandungan menunjukkan bahwa Moms yang mengetahui dan mengerti mengenai proses persalinan akan lebih aktif dan mudah diajak bekerja sama. Moms dapat mempelajari hal tersebut dari buku, internet, atau bahkan mengikuti couple class. Pasti Moms dan pasangan ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati bukan?

Baca juga : Kata Kata Mutiara Cinta Indah untuk Buah Hati

#2 – Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Memilih Rumah Sakit dan Dokter Kandungan

Sebelum melahirkan, pastikan Moms telah mempunyai rencana mengenai rumah sakit dan dokter. Salah satu hal yang terpenting adalah memilih tipe kamar dan perkiraan biaya yang sesuai dengan budget Moms dan pasangan.

Selain itu, mengingat bahwa Moms dan suami telah memilih untuk melahirkan secara normal, memilih dokter kandungan yang berpengalaman dalam proses kelahiran normal menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan banyak dokter kandungan yang saat ini memilih operasi Sesar karena dirasa lebih praktis.

Ketika Moms melahirkan, dokter kandungan yang Moms pilih akan berperan menjadi dokter yang memimpin persalinan. Oleh karenanya, pilihlah dokter yang dapat bekerja sama dan nyaman bagi Moms dan pasangan.

#3 – Mentoring

Pengalaman adalah guru terbaik. Yang lebih baik lagi adalah apabila kita menggunakan pengalaman orang lain, sehingga kita tidak perlu atau mengurangi trial and error. Bagi Moms muda yang belum pernah melahirkan, tentunya dapat belajar dari teman yang sudah memiliki anak sehingga dapat kita jadikan panduan.

Moms yang pernah melewati proses persalinan untuk anak pertama tentunya akan lebih tenang dan dapat dijadikan rekan diskusi sekaligus penyemangat. Mereka juga akan lebih mengerti mengenai persiapan sebelum dan sesudah kelahiran buah hati. Pastikan Moms memilih teman diskusi yang jujur, positif serta nyaman untuk diajak berbagi ya.

#4 – Melatih Pernafasan

Napas adalah sahabat terbaik untuk Anda dalam proses melahirkan. Kalimat ini telah menjadi mantra selama bertahun – tahun dan kami tidak pernah capek untuk sharing hal ini ketika kami berbagi kepada pasangan muda.

Bernapas dengan baik dan benar akan membantu Anda untuk mengendalikan rasa sakit yang Moms alami. Selain menjadi lebih tenang, bayi Anda juga akan mengalami pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan.

#5 – Berolahraga

Berlatih dengan bola kehamilan

Saat sedang hamil, tentunya olahraga yang dapat ditekuni oleh Moms menjadi terbatas. Namun bukan berarti tidak ada loh! Ada beberapa pilihan olahraga yang dapat dijalankan karena aman dan bahkan membantu persiapan melahirkan normal nanti.

Beberapa olahraga yang disarankan adalah jalan kaki selama 15 menit, mengangkat dan memiringkan panggul (senam pelvis) selama 5 – 10 menit, berlatih duduk dengan menggunakan bola. Beberapa olahraga tersebut sangat mudah dilakukan dan tentunya akan berguna bagi Moms loh.

#6 – Ikut Couple Class

Mengikuti Couple Class Mengenai Kehamilan

Inti dari persiapan melahirkan normal yang keenam ini adalah Moms dan pasangan harus memahami dan mengenal benar kondisi diri calon Ibu. Hal ini perlu dilakukan berdua karena keterlibatan suami akan meningkatkan mental bagi sang Ibu.

Dengan mengikuti couple class seperti senam hamil, prenatal yoga sampai hypnobirthing, Moms dan suami akan berlatih tentang pernapasan, pain management, hingga pijatan – pijatan untuk mengurangi rasa sakit.

Penting untuk suami Anda mengetahui cara bernapas yang baik saat kontraksi dalam proses melahirkan normal karena Moms biasanya akan lupa teknik tersebut karena terfokus pada rasa sakit yang amat sangat. Suami Anda tentunya akan menjadi pahlawan untuk memandu Anda mengikuti cara bernapas yang baik untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Selain  itu, kelas mengenai prenatal yoga juga banyak disarankan untuk dilakukan secara rutin selama masa kehamilan, terutama ketiga Moms sudah memasuki bulan keempat masa kehamilan. Dari aktivitas tersebut, Moms tentunya akan dapat berkenalan dengan pasangan lain yang juga mengikuti kelas. Moms tentunya dapat saling bertukar info dan berbagi cerita sehingga masa – masa ini tidak perlu hanya dilewati oleh Anda berdua.

Baca juga : Kata Kata Cinta Romantis untuk Pasangan

#7 – Mempersiapkan KAKA

Apabila Moms telah memiliki anak pertama, Moms tentunya akan memiliki tugas tambahan. Tugas tambahan ini susah susah gampang, yaitu mempersiapkan sang KAKA. Pastikan siapa yang akan menemani sang KAKA saat Moms melewati proses persalinan. Intinya jangan sampai ia merasa ditinggalkan.

Moms dan pasangan perlu mengajarkan konsep adik sebelum Moms melahirkan. Konsep ini dapat ditanamkan dengan berbagi cerita dengan dongeng atau film edukatif, atau bahkan langsung melibatkannya dalam mengurus proses kehamilan.

Ketika sang KAKA menjenguk Moms setelah proses persalinan selesai, berbagilah saat yang berbahagia ini dengannya dan tentunya jangan lupa mengucapkan terima kasih. Buatlah si KAKA merasa penting dan kehadirannya tidak tergantikan ya Moms! Dengan begitu pastinya sang KAKA juga akan mencintai adeknya dengan sepenuh hati.

Baca juga : What is LOVE means? Here are 10 meanings about LOVE

#8 – Detail Planning

Dalam rangka persiapan kehamilan secara normal, pastikan Moms mengetahui apa saja yang perlu Moms lakukan ketika hal itu terjadi.

Hal – hal sederhana seperti mengetahui siapa yang harus ditelpon, kemana dan kapan harus pergi, menggunakan apa haruslah sudah disusun dengan rapi.

Moms harus percaya bahwa Moms tentunya tidak ingin direpotkan oleh hal – hal kecil ketika Moms hendak melahirkan bukan?

#9 – Sediakan Tas “Doraemon”

Mempersiapkan tas doraemon untuk perlengkapan melahirkan

Moms tentunya tau kantong ajaib doraemon kan. Kita bisa minta apa saja dari sana. Nah, hal ini juga penting untuk Moms dalam rangka persiapan melahirkan normal. Moms perlu memiliki tas yang berisi perlengkapan Moms dan calon buah hati seperti baju Moms dan suami, bra untuk menyusui, baju bayi, pampers, dan berbagai hal lainnya.

Ketika tas “ajaib” Moms sudah siap, maka ketika kontraksi pertama menyerang, maka Moms cukup membawa tas “ajaib” tersebut dan langsung menuju rumah sakit. Mantap bukan?

#10 – Dokumentasikan

Walaupun rasa – rasanya poin ini sangatlah mudah, ternyata banyak orang yang lupa loh untuk mendokumentasikan saat – saat berharga ini. Alhasil, banyak orang yang tidak mempunyai foto dirinya saat masih bayi. Pastinya Moms tidak ingin kalau bayinya tidak punya foto bukan?

Pengalaman saya selama di rumah sakit sih memang kita dilarang untuk membuat foto dan video selama proses persalinan, tetapi kita diizinkan untuk mendokumentasikan setelah bayi lahir. Pastikan bahwa Moms mengetahui mengenai peraturan dokumentasi di rumah sakit, tempat Moms melahirkan. Jangan sampai Moms dan pasangan sibuk sendiri sehingga menganggu dan merusak kedamaian rumah sakit ya Moms.

Itulah dia 10 persiapan melahirkan normal yang perlu Moms dan pasangan lakukan. Semoga Moms dapat melahirkan secara lancar. Anak yang dikaruniakan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan beriman serta berbakti kepada orang tua ya. Enjoy!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.