fbpx

Saat Saya Menembak di Blok M Shooting Range!

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk refreshing di Jakarta selain pergi ke mall. Salah satunya adalah melatih kemampuan anda untuk menembak. Jakarta memang memiliki beberapa tempat untuk latihan menembak, yang paling terkenal adalah Lapangan Tembak Senayan di Senayan, Jakarta Selatan. Selain itu, juga ada Jayakarta Shooting Range di Cililitan dan Satria Shooting Club di Pondok Gede, Jakarta Timur. Dari beberapa tempat tersebut, ada satu yang lain dari yang lain, yaitu Blok M Shooting Range. Perbedaannya dengan tempat lain adalah lokasinya yang terletak di dalam mall. Jadi, sebelum atau sesudah latihan menembak di tempat ini, anda bisa berjalan-jalan, belanja, makan, maupun nonton bersama teman dan keluarga.

Lokasi

Tempat ini berlokasi di lantai 4 Blok M Plaza. Kalau baru pertama kali ke tempat ini, jangan malu untuk bertanya ke security yang bertugas, karena lokasinya agak tersembunyi, yaitu di dalam tempat bermain Amazone. Setelah masuk Amazone, anda bisa berjalan mengikuti petunjuk yang ada (iya, di dalam amazon ada petunjuk berupa gambar anak panah menuju Blok M Shooting Range) dan anda akan menuruni tangga yang berujung pada pintu kaca dari Blok M Shooting Range.

Tempatnya cukup luas, terdiri dari 14 arena untuk menembak. Masing-masing arena dilengkapi dengan penjepit besi yang dihubungkan dengan tali untuk memasang sasaran tembak (sasaran tembak ini terbuat dari kertas karton yang cukup tebal dan berukuran sedang) dan dua tombol berwarna merah di sebelah kiri. Salah satu tombol berfungsi untuk mendekatkan kertas sasaran jika kita ingin mengambil / mengganti kertas sasaran. Sedangkan tombol lainnya berfungsi untuk mengembalikan kertas sasaran ke posisi semula jika anda sudah siap menembak.

Paket Menembak

Disini anda bisa memilih dua paket menembak dengan harga yang berbeda, yaitu paket seharga 35 ribu untuk 15 peluru dan 2 sasaran tembak, dan paket seharga 50 ribu untuk 35 peluru dan 3 sasaran tembak. Senjatanya bisa memilih pistol atau senapan match. Jika memilih menggunakan senapan, anda akan diberi kertas sasaran tembak dengan ukuran lebih kecil. Anda juga bisa meminta untuk berganti senjata di tengah sesi. Tadinya saya juga sempat memilih pistol, namun di tengah-tengah sesi saya meminta untuk mencoba senapan, dan dibolehkan juga. Durasi untuk setiap sesi tidak dibatasi. Pokoknya anda boleh menembak selama yang anda inginkan selama pelurunya masih ada dan tempatnya belum tutup. Untuk anda yang membawa senjata sendiri, anda bisa menyewa tempat saja seharga 50 ribu rupiah.

Jika anda benar-benar ingin belajar menembak secara profesional, anda bisa mencoba paket membership yang disediakan tempat ini dengan biaya 350 ribu rupiah per bulan. Dengan paket ini, anda akan dilatih oleh penembak profesional sebanyak 3 kali seminggu dengan durasi 4 jam setiap sesi.

Sebelum mulai menembak, anda akan diberikan tutorial singkat untuk bisa menembak tepat sasaran dan mengatur posisi kertas sasaran tembak. Ternyata penggunaan pistol dan senapan tidak semudah yang saya bayangkan. Saya juga sempat mengira bahwa menggunakan pistol lebih mudah dari senapan. Ternyata salah besar hehehe. Walaupun kertas sasaran untuk pistol lebih lebar, namun lebih sulit untuk mengarahkan tembakan tepat ke sasaran, karena kita harus berfokus pada besi yag membentuk tonjolan kecil diatas pistol, dan mengarahkan agar besi tersebut berada tepat dibawah sasaran tembak.

Serius amat sih

Untuk menggunakan senapan, anda bisa memilih menembak dengan posisi duduk atau berdiri. Jika anda memilih untuk berdiri, anda akan diberikan bantal kecil untuk menopang senapan agar posisinya lurus. Bagi saya, tentu saja lebih mudah untuk menembak dengan posisi duduk. Dibanding dengan pistol, penggunaan senapan agak lebih mudah bagi saya, karena anda bisa langsung meneropong target melalui celah lingkaran pada senapan. Anda hanya perlu memastikan sasaran tembak berada tepat di dalam lingkaran tersebut. Hasil latihan saya bisa dilihat dibawah ini. Masih jauh dari oke sih, namanya juga masih amatiran :p

Hasil latihan saya yang masih amatiran. Dua lubang yang terluar itu hasil tembak waktu masih pemanasan, kok. Beneran :p

Karena tempatnya tidak terlalu ramai dan suara tembakan disini tidak terlalu berisik, menurut saya tidak perlu menggunakan earmuff dan earplug. Namun jika anda ingin menggunakannya, anda bisa membawa earmuff atau earplug sendiri karena tempat ini tidak menyediakan peralatan tersebut.

Jika sudah lelah latihan menembak, di tempat ini juga disediakan meja kursi dengan beberapa pilihan soft drink untuk anda beristirahat sejenak.

Itu tadi sekilas review tentang Blok M Shooting Range. Tertarik? langsung aja datang ke lantai 4 Blok M Plaza 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.