5 Strategi Berbisnis Mainan Mulai dari Nol Sampai Sukses

Strategi Berbisnis Mainan – Berencana untuk memulai sebuah bisnis mainan? Jika iya, itu artinya Anda harus banget simak beberapa ulasan berikut ini jika memang Anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis mainan tersebut. Sebab, pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda tentang bocoran strategi berbisnis mainan mulai dari nol hingga sukses yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk memulai sebuah usaha.

Perlu untuk Anda ketahui terlebih dulu bahwa, mainan dan anak – anak pada dasarnya tidak bisa terlepas satu sama lain. Bermain jadi kegiatan yang paling menyenangkan bagi anak – anak. Sebab, dengan bermain maka anak – anak akan bisa mengeksplor dunianya sendiri dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan. Anak – anak pastinya tidak akan pernah bosan bermain selama seharian. Selain hal tersebut, bermain secara tak langsung juga bisa bantu perkembangan motorik, fisik, dan otak mereka.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa mainan anak ini memang sudah berkembang dengan sangat pesatnya dari tahun ke tahun, sehingga yang demikian tersebut sebabkan ada banyak permintaan dari para konsumen. Hal ini tentu saja jadi peluang bagus bagi Anda yang ingin memulai berbisnis mainan. Tapi untuk mencapai kesuksesan, ada strategi bisnis yang wajib Anda ketahui dalam memulai sebuah usaha atau bisnis, diantaranya sebagai berikut.

Baca juga : Ide Seputar Nama Olshop yang Bagus Keren Islami Unik Lucu Hoki

5 Strategi Berbisnis Mainan 

#1 : Pemilihan lokasi penjualan yang strategis

Strategi Berbisnis Mainan - Memilih Lokasi Yang Strategis

Lokasi nanti akan jadi penentu dari laku atau tidaknya mainan anak yang akan Anda jual. Makanya sangat disarankan sekali agar Anda mencari lokasi yang strategis untuk memulai bisnis atau usaha mainan ini. Salah satu lokasi yang diklaim paling strategis untuk jenis bisnis tersebut adalah yang dekat dengan sekolahan, tempat bermain atau atau playground, dan tempat – tempat lainnya yang sering dikunjungi oleh target market. Tetapi buat Anda yang masih belum punya cukup modal untuk memiliki toko fisik, Anda bisa menjualnya via online. Dengan memanfaatkan internet, maka jangkauan yang bisa Anda capai tidak akan terbatas, sehingga Anda bisa memasarkan produk hingga ke luar kota, pulau, atau bahkan luar negeri sekalipun.

#2 : Menentukan jenis – jenis mainannya

Strategi Berbisnis Mainan - Memilih Jenis Mainan

Untuk bisa menentukan jenis – jenis mainan yang akan Anda jual, ada baiknya tentukan terlebih dulu target marketnya. Contohnya saja target market Anda adalah anak – anak dengan usia dibawah 2 tahun, ini berarti Anda harus jual mainan dengan bentuk yang besar supaya tidak mudah tertelan. Dengan menentukan jenis mainan yang ingin Anda jual, maka Anda akan bisa memudahkan konsumen pada saat memilih jenis mainan yang cocok dan paling sesuai dengan usia anak mereka.

Baca juga : Peluang Bisnis Tanpa Modal / Tanpa Resiko Untuk Anak Muda

#3 : Memanfaatkan momen – momen tertentu

Mainan pada dasarnya merupakan jenis bisnis musiman. Bisnis satu ini akan sapi di masa – masa atau di waktu – waktu tertentu, seperti kenaikan kelas. Dan bisnis tersebut juga akan melonjak permintaannya pada saat momen liburan, lebaran, atau pun Natal. Tetapi Anda juga tak perlu khawatir dengan adanya fakta tersebut, Anda akan lebih mudah merencanakan strategi berbisnis agar nanti penjualan Anda tetap stabil. Contohnya saja dengan memberikan promo bundling mainan berhadiah perlengkapan sekolah selama masa – masa kenaikan kelas.

#4 : Mempromosikan barang – barang sisa

Jenis bisnis mainan satu ini pada dasarnya juga sangat ditentukan sekali oleh trend di kalangan anak – anak. Selain hal tersebut, anak – anak juga lebih sering merasa bosan dan jenuh, sehingga ia akan mencari mainan baru yang punya tantangan lebih dari mainan lamanya. Walaupun tidak memiliki masa kadaluarsa, akan tetapi menyimpan stok yang terlalu lama pasti akan membuat mainan dalam gudang beresiko cepat rusak, sehingga hal tersebut sebabkan kerugian bagi bisnis Anda. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa menjual mainan yang sudah lama tersebut dengan promosi diskon atau pun bonus yang pastinya akan menarik pelanggan untuk melakukan pembelian.

#5 : Melakukan negosiasi dengan supplier

Strategi Berbisnis Mainan - Memilih Supplier

Perlu Anda tahu bahwa dalam sebuah bisnis atau usaha, mencari supplier yang tepat bisa memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan beberapa pilihan supplier, maka Anda akan bisa mendapatkan harga atau pun penawaran yang terbaik sesuai yang Anda ingin – inginkan. Selain hal tersebut, Anda juga akan bisa melakukan negosiasi mengenai syarat – syarat pembayaran, bonus, atau pun diskon. Tidak hanya itu saja, akan ada beberapa supplier yang bisa berikan pinjaman barang sehingga Anda pun bisa mengembalikan stok yang tidak laku di pasaran dan membayar barang  barang yang telah laku terjual. Hal tersebut sudah pasti akan sangat menguntungkan sekali bagi bisnis Anda, terutama bagi Anda para pemula yang hanya punya modal kecil.

Untuk melakukan negosiasi dengan supplier ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut.

  • Menjaga Komunikasi dengan Supplier

Dalam hal ini Anda sangat disarankan sekali untuk menjaga komunikasi yang solid dengan supplier. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh besar dalam proses negosiasi di masa depan. Denagn perhatian yang penuh dan respon yang cepat terhadap masalah, maka pengusaha atau pebisnis akan bisa membangun hubungan baik dengan supplier, sehingga yang demikian ini akan semakin mudah bagi bisnis Anda untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Baca juga : 9 Langkah Memaksimalkan Keuntungan Dengan Bisnis Model Canvas

  • Kesepakatan yang Menguntungkan

Sebagai pemilik bisnis atau usaha Anda sangat disarankan sekali untuk meluangkan waktu untuk tingkatkan keuntungan yang bisa didapat dalam sebuah kesepakatan. Apabila supplier tidak berikan harga yang rendah, maka Anda bisa fokus pada kesepakatan lain, seperti uang muka rendah, garansi yang lebih lama, diskon dalam pembelian besar, bunga lebih rendah, atau jangka waktu pembayaran yang lebih murah.

  • Meminta Referensi dari Para Pelanggan

Data terbaik yang bisa didapat dari supplier asalnya dari para pelanggan mereka. Jadi, sebelum Anda melakukan negosiasai ada baiknya Anda meminta supplier untuk sediakan daftar pelanggan yang bisa jadi acuan untuk memilih jenis produk yang diinginkan. Dimana, pelanggan akan senang membicarakan produk yang mereka sukai dan ada pula beberapa pelanggan yang akan memberitahu harga yang mereka dapat.

  • Membuat Supplier Senang

Supplier pada dasarnya merupakan partner yang penting bagi perkembangan sebuah bisnis atau usaha. Oleh sebab itu, sangat disarankan sekali bagi Anda untuk mencari tahu tentang bagaimana cara Anda dalam membuat supplier bahagia pada saat bekerjasama dengan perusahaan Anda. Mungkin Anda bisa buat supplier lebih hemat waktu atau uang dari pesanan Anda. Dengan cara tersebut maka, pengusaha atau pebisnis dan supplier akan sama – sama diuntungkan. Anda bisa buat pesanan secara efektif seperti halnya dengan menurunkan biaya untuk semua orang.

  • Berpikir Seperti Supplier

Suppiler pada dasarnya punya produk dan ingin menjual sebanyak – banyaknya. Jadi, sebaiknya Anda menunjukkan diri Anda sebagai sumber daya dengan track record yang memang terbukti bisa menjual ke target industri yang ditentukan. Pahami juga bahwa uang yang berbicara dan supplier bisa lihat bahwasannya kerjasama dengan Anda bisa hasilkan uang yang banyak. Kepercayaan dan juga kredibilitas yang Anda bangun bisa menentukan persyaratan yang mudah dengan suku bunga yang menguntungkan pastinya.

Nah, itulah tadi beberapa strategi berbisnis mainan mulai dari nol hingga sukses yang Anda harus tahu bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...