Lifestyle

7 Hal Sederhana Yang Dapat Membantu Kita Fokus Bekerja

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam bekerja, kita tidak disarankan untuk multitasking. Salah satu alasannya adalah ketika multitasking, maka pekerjaan kita akan selesai 50% lebih lama dan tingkat kesalahan juga meningkat 50%. Hal ini sesuai dengan apa yang telah saya tulis di kompasiana dengan judul artikel “tidak ada orang yang bisa multitasking”. Oleh karena itu, kita perlu fokus untuk mengerjakan satu pekerjaan setiap waktunya dengan baik.

Walaupun kita berusaha untuk fokus, ternyata ada beberapa orang yang kesulitan untuk memperoleh konsentrasi karena beberapa hal. Lalu bagaimana caranya agar kita lebih mudah untuk mendapatkan konsentrasi? Kali ini, saya akan membahas mengenai 7 kebiasaan sederhana yang dianggap membuang waktu, padahal dapat berdampak signifikan dalam meningkatkan konsentrasi bekerja.

7 Kebiasaan Untuk Meningkatkan Konsentrasi

1. Sarapan Pagi

Banyak orang yang selalu melewatkan sarapan pagi karena tergesa – tergesa dan merasa tidak memiliki waktu lagi. Ya benar saja … setiap pagi selalu dilewatkan dengan “bercengkrama” di kasur lebih lama. Seperti kitab amsal berkata, “Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring”. Walaupun kita sudah men-set alarm jam 5 pagi, kok tiba – tiba waktu sudah menunjukkan pukul 7 pagi dan tentunya sudah telat untuk sarapan lagi.

Padahal sarapan pagi merupakan aktivitas yang dapat memberikan asupan energi penting bagi tubuh kita. Energi inilah yang dapat membantu Anda dan saya untuk berpikir dengan lebih fokus saat bekerja. Jadi bangunlah lebih pagi dan biasakanlah sarapan pagi dengan tidak buru – buru.

2. Menyediakan Air Putih

Di manapun kita berada, termasuk di meja kerja, usahakanlah untuk selalu menyediakan air putih. Kita perlu menghindari minum air putih hanya pada saat haus saja. Minum air putih dapat membantu otak kita untuk bekerja dengan lebih baik sehingga konsentrasi akan terjaga sepanjang waktu.

3. Berjalan Kaki

jalan pagi dapat memperlancar peredaran darah ke otak

Seberapa seringkah Anda berjalan kaki? Sediakanlah waktu untuk berjalan kaki pada pagi atau sore hari. Salah satu manfaat dari berjalan kaki adalah membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak sehingga akan membantu tubuh Anda terasa lebih bugar. Ketika berada di kantor, janganlah hanya duduk terus di sepanjang waktu. Pada saat break misalnya, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki ke lokasi makan ketimbang memesan makanan lewat aplikasi GoFood ataupun GrabFood.

Baca juga : Waktu Lari Yang Baik dan Manfaat Berlari Bagi Tubuh

4. Memejamkan Mata

Ketika bekerja, tubuh tentunya perlu waktu beristirahat. Terus memaksakan diri ketika badan sudah penat dan mata sudah mengantuk tentunya tidak akan banyak membantu. Daripada terus – terusan bekerja, Anda dapat memejamkan mata selama tiga sampai lima menit. Aktivitas ini diyakini dapat membantu refreshment otak Anda.

5. Berlatih Pernapasan

Coba sekarang Anda ikuti. Tarik Napas. 1.2.3. Hembuskan. Tarik Napas. 1.2.3. Hembuskan. Ulangi teknik pernapasan tersebut sebanyak 10 kali.

Walaupun nampak sederhana, ternyata cara ini diyakini dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan otak Anda terhadap oksigen. Sirkulasi oksigen yang stabil di dalam otak akan membantu Anda untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

6. Merebahkan Punggung

Aktivitas yang satu ini mirip sekali dengan memejamkan mata, kita perlu sesekali untuk merefresh tubuh. Apabila Anda merasa lelah, maka Anda dapat rebahan selama 5 menit. Anggap saja bahwa ini adalah hadiah untuk Anda yang telah fokus bekerja selama beberapa jam sebelumnya. Sederhana tetapi akan membantu tubuh Anda lebih rileks dan siap untuk bekerja lagi.

7. Menghitung sampai 1000. Eh 100

Aktivitas menghitung dipercaya dapat mengembalikan konsentrasi kita. Ada yang menghitung secara berurutan dari 1 – 100, tetapi ada juga yang menghitung terbalik dari 100 – 1. Mau mencoba? Jangan sampai ketiduran ya.

Itulah 7 aktivitas sederhana yang dipercaya dapat membantu Anda untuk lebih fokus bekerja. Semoga membantu ya.

Write A Comment

nineteen + sixteen =

Pin It