Inspirasi

Contekan Menu Diet Murah untuk Seminggu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pentingnya mengatur menu diet murah untuk seminggu. Gaya hidup sekarang ini semua serba instan dan secara tidak langsung ikut memberikan pengaruh pada pola makan seseorang. Orang-orang bahkan kerap makan makanan junk food dikarenakan sibuk oleh pekerjaan, jadi tidak sempat membuat makanan sehat sendiri. Jika ini berlangsung lama akan mengancam kesehatan. Bahkan jangka pendek pun juga mengganggu kesehatan.

Mungkin Anda sudah tahu makanan sehat apa saja yang bagus untuk diet dan murah harganya, tetapi bingung mengaturnya. Karena itu akan kami bantu, Anda bisa ikuti daftarnya di bawah ini:

Hari Senin

Untuk makan siang Anda dapat konsumsi roti gandum. Karena roti gandum ini bersifat mengenyangkan perut untuk jangka waktu lumayan lama. Juga dibuat menggunakan bahan biji-bijian murni kaya serat dan nutrisi. Karena rasanya hambar jika dimakan begitu saja, Anda boleh oleskan selai kacang, karena selai ini juga menyehatkan.

Untuk minuman boleh buat jus tomat. Buah tomat memiliki kandungan vitamin K, C, dan A, protein, zat besi, fosfor, kalsium, dan kalium.

Yang terakhir untuk menu hari Senin adalah oatmeal. Boleh untuk makan siang / makan malam, terserah Anda. Atau untuk makan siang dan makan malam sekaligus juga tidak masalah. Oatmeal sendiri mempunyai berbagai kandungan bermanfaat untuk tubuh, contohnya mineral, karbohidrat, dan serat. Oatmeal juga cocok untuk alternatif nasi dan sama-sama membuat kenyang tahan lama.

Hari Selasa

Hari kedua waktunya makan sayur-sayuran. Untuk sayurnya boleh yang sudah dimasak atau yang mentah. Yang pasti sudah dibersihkan dengan benar, agar tidak sakit perut, khusus yang mentah. Contoh sayur-sayuran yang dapat Anda jadikan menu untuk hari ini adalah sawi, bayam, kangkung, genjer, labu, wortel, brokoli, dan lain-lain.

Apabila malas makan sayur mentah boleh dimasak tumis atau dibuat sup. Atau mengikuti saran kami, direbus saja terus dimakan dengan kecap manis. Tapi ingat jangan pakai nasi ya, nanti dietnya gagal. Hanya sayur saja yang Anda makan untuk hari Selasa ini! Alternatif lain boleh dibuat urab sayur, pecel sayur, gado-gado, atau karedok. Untuk bumbu kacang jangan banyak-banyak. Untuk takaran makannya terserah Anda, yang penting kenyang.

Hari Rabu

Supaya tidak bosan karena makan sayur saja pada hari sebelumnya, hari ini menunya agak sedikit bervariasi. Anda boleh konsumsi nasi merah. Karena nasi merah bisa membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat tapi tidak cepat lapar, berbeda dengan nasi putih. Selain itu nasi merah kaya akan kandungan bermanfaat seperti protein, karbohidrat, dan serat yang bagus untuk pencernaan dan daya tahan tubuh.

Untuk minumannya bisa minum jus jambu. Dengan jus jambu, maka kebutuhan tubuh akan vitamin dan serat akan bisa dipenuhi dengan sempurna. Selain itu buah jambu juga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Lauk untuk disantap bersama nasi merah adalah orak-arik sayur. Pastikan orak-arik sayur yang dibuat harus tetap rendah lemak. Gunakan minyak zaitun untuk memasaknya. Jangan menggunakan minyak kelapa sawit ya.

Hari Kamis

Hari ini waktunya makan daging. Tetapi bukan sembarang daging melainkan daging ikan, tepatnya daging ikan tuna kalengan. Mengapa memilih menu ini? Karena ikan tuna kalengan itu memiliki kandungan lemak omega 3, rasanya juga lezat. Kalau mencari yang non-kalengan mungkin agak susah ya. Belum lagi harus buat bumbu-bumbunya. Yang kalengan juga cukup oke sih. Tuna kalengan juga terbukti memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi otak sekaligus memperbaiki sel tubuh yang rusak.

Untuk minumannya buatlah jus apel. Karena apel adalah buah dengan kandungan bermanfaat untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan. Apel mempunyai kandungan serat, mineral, dan vitamin tinggi. Apabila Anda konsumsi apel 1 buah akan kenyang hingga 2 jam, jus apel juga membantu memberikan energi untuk tubuh agar tidak mudah lelah. Kalau memang harga apel lagi mahal-mahalnya, bisa Anda kombinasikan dengan wortel. Apel dan wortel perpaduan rasanya sempurna dan menggoyang lidah.

Hari Jumat

Menu hari kelima yakni buah pisang dan susu. Sediakan pisang 8 buah dan susu 3 gelas. Jangan konsumsi makanan yang lain pada hari ini. Apabila memang Anda alergi pada susu sapi, boleh minum susu kedelai. Alternatif buah pisang adalah jambu klutuk yang sudah matang, atau orang-orang biasa menyebutnya dengan buah jambu biji, melon, atau buah kiwi.

Hari Sabtu

Oke, sekarang kita sudah memasuki hari keenam, dan menu untuk diet seminggu sudah hampir selesai. Lalu apa menu untuk hari keenam ini? Ini dia: Yoghurt, jagung, dan jus jeruk. Kenapa Yoghurt? Sebab Yoghurt kaya protein. Minum yoghurt ini ketika sarapan dan malam hari sebelum istirahat.

Kenapa jagung? Karena jagung cocok sebagai makanan alternatif nasi putih. Jagung ini boleh Anda makan dengan cara dikukus atau direbus. Jangan dibuat popcorn ya. Boleh juga dibuat sweet corn yang yummy, tambahkan keju dan susu di atas jagung rebus. Supaya Anda tidak bosan dan dapat makan dengan lahap.

Lalu jus jeruk, untuk melengkapi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

Hari Minggu

Ubi jalar, pancake buah, dan teh hijau. Yap inilah ketiga menu yang akan menemani diet Anda di hari Minggu. Sekaligus merupakan menu terakhir untuk diet seminggu Anda. Apabila Anda mau mengulang diet lagi di minggu berikutnya, silahkan dimodifikasi sendiri saja menunya. Ubi jalar merupakan makanan yang kaya karbohidrat dan untuk pengganti nasi putih.

Kemudian pancake buah. Karena pancake ini sifatnya mengenyangkan. Buah-buahan untuk memberi rasa pada pancake tersebut, dan untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, serat dan mineral juga.

Lalu teh hijau. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau teh hijau itu dapat membantu proses diet. Selain itu teh hijau juga bisa meningkatkan antibodi tubuh dan fungsi otak. Bahkan teh hijau bersifat menenangkan.

Write A Comment

fourteen + eighteen =

Pin It