Waktu Lari Yang Baik dan Manfaat Berlari Bagi Tubuh

Waktu Lari Yang Baik – Berlari saat ini telah menjadi bagian penting dari gaya hidup yang aktif dan sehat. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka menyukai berlari di pagi hari, di mana yang lainnya lebih menikmati untuk berlari di sore hari. Bahkan ada loh yang berlari di malam hari. Apakah ada keuntungan ketika kita berlari pada waktu – waktu tertentu? Banyak perdebatan yang terjadi ketika kita sedang menentukan waktu berlari yang tepat. Entah apa alasan dan tujuannya, apakah untuk berlari sendiri, ataukah berlari bersama, atau karena alasan kesehatan seperti menurunkan berat badan ataupun alasan pribadi untuk menjaga agar badan tetap bugar dan fit.

Sebenarnya tidak ada waktu lari yang paling tepat. Tidak ada pula waktu yang baik untuk menurunkan berat badan melalui pembakaran kalori dengan maksimal. Waktu kita berolahraga sebenarnya lebih terpengaruh kepada perasaan yang kita alami ketika melakukan aktivitas tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka lebih bersemangat ketika melakukan olahraga pada pagi hari karena faktor udara yang masih segar. Penelitian mengatakan jika kamu berolahraga pada pagi hari, kamu bisa meningkatkan kualitas tidur pada malam hari. Selain berolahraga, kita juga membutuhkan istirahat dan tidur yang berkualitas dan cukup (minimal 7-8 jam setiap harinya). Namun beberapa riset mengatakan bahwa olahraga saat sore hari lebih baik.

Yang terpenting sebenarnya bukan hanya menentukan waktu yang baik untuk berlari, tetapi juga menentukan lamanya aktivitas tersebut, target jarak yang ingin kita capai dan tempat yang sesuai dengan tujuan kita berlari. Yang tidak kalah penting adalah kita harus meluangkan waktu secara rutin dan konsisten untuk melaksanakan aktivitas tersebut. Hal ini sangat bergantung kepada kenyamanan, ketersediaan waktu yang ada ataupun jadwal sehari – hari yang kita miliki. Gaya hiduplah yang paling menentukan waktu yang pas untuk kita memilih waktu yang baik untuk berlari. Jika kita hanya memiliki waktu untuk berlari pada pagi hari, maka berlarilah pada pagi hari. Jika kita hanya memiliki waktu untuk berlari pada sore hari, maka berlarilah pada sore hari. Berlari yang paling dianjurkan adalah sebanyak 3x seminggu selama minimal 30 menit dalam masing – masing sesi. Berikut adalah manfaat berlari di lihat dari waktu kita melaksanakannya :

#1. 06.00 – 09.00 : Baik untuk menjaga stamina dan meningkatkan kesehatan.

#2. 09.00 – 11.00 : Penting bagi beberapa atlet untuk mempersiapkan perlombaan.

#3. 11.00 – 14.00 : Hal ini tidak dianjurkan karena sinar matahari yang sangat terik.

#4. 14.00 – 16.00 : Para atlet yang mengejar prestasi disarankan untuk berlari di saat ini karena cuaca yang cukup menantang untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

#5. 16.00 – 18.00 : Sangat disarankan untuk menjaga stamina.

#6. > 18.00 WIB : Tidak disarankan untuk para atlet pemula karena biasanya akan kesulitan untuk tidur pada malam hari. Hal ini disebabkan karena denyut nadi dan detak jantung yang meningkat tajam.

Saya sendiri memilih untuk memilih pagi hari untuk menjalani rutinitas lari setiap harinya. Jika kamu juga ingin menurunkan berat badan, seperti saya, ada baiknya untuk mempertimbangkan opsi ini. Seorang ahli berpendapat, berlari pada pagi hari merupakan waktu yang tepat karena lebih mudah menjadikannya rutinitas tetap sebelum menjalankan aktivitas lainnya.

Saya akui bahwa berolahraga pada pagi hari merupakan salah satu pilihan terbaik. Olahraga pada pagi hari sangat menguntungkan karena tidak akan menggantu kesibukan saya yang lainnya. Waktu yang pas untuk melaksanakan lari pada adalah antara jam 04.00 – 06.00 pagi karena cuacanya yang mantap dan masih jarang kendaraan lalu lalang. Berlari dengan kecepatan 8 km/jam (pace 7 kalau kata runner saat ini) sejauh 5 km atau selama 35 menit bisa menghabiskan 400 kalori di tubuh kita. Setara dengan 4 gelas susu ultra 250 ml atau sepiring makan dengan segelas teh hangat. Jadi daripada kita tahan – tahan diri tidak makan, mendingan saya berlari bukan?

Secara umum, manfaat berlari pada pagi hari ada 4 yaitu :

Berlari rutin untuk mendapatkan semua manfaat

Motivasi Pagi

Berlari di pagi hari dapat membantu kita untuk tetap termotivasi sepanjang hari. Penelitian menunjukkan bahwa orang berlari pagi merupakan aktivitas yang lebih konsisten daripada mereka yang berolahraga di sore atau malam hari. Ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa Anda bangun lebih awal hanya untuk tujuan menjalankan atau memukul gym. Segala macam rintangan dapat muncul sepanjang hari yang dapat mencegah Anda dari rutinitas berlari pada sore hari. Anda mungkin harus bekerja lembur, mengajak anak untuk berjalan – jalan, mampir ke toko, atau apa pun. Di pagi hari, Anda bangun dan siap untuk pergi tanpa rintangan di jalan Anda. Selain itu, pagi hari juga merupakan bagian paling keren dari hari selama musim kemarau. Anda akan lebih aman dan lebih nyaman jika Anda berlari di pagi hari saat cuaca panas.

Kebiasaan Pribadi

Menurut buku “The Psychology of Exercise: Integrating Theory and Practice,” pendekatan yang paling praktis adalah menyesuaikan rutinitas Anda sehingga sesuai dengan lifestyle Anda. Membiarkan waktu kita berlatih secara alami mengikuti jadwal dan kecenderungan pribadi dapat mengurangi stres karena desakan untuk berlatih, yang akan membantu Anda menaatinya. Beberapa orang memilih pagi yang cerah dan berlari membantu mereka bersiap-siap untuk hari itu. Orang lain mungkin menemukan latihan di sore hari sebagai waktunya untuk istirahat di hari itu atau latihan itu membantu mereka bersantai setelah bekerja dan melepaskan semua ketegangan.

Demikian juga, jadwal Anda mungkin lebih cocok untuk berlari pagi daripada olahraga malam. Antara komitmen keluarga dan pekerjaan, mungkin juga Anda hanya memiliki jendela sempit untuk memeras latihan di malam hari. Meskipun Anda mungkin tidak ingin berolahraga selama waktu itu, Anda dapat mengubah ritme berlari Anda agar sesuai dengan jadwal Anda. Burung hantu malam juga dapat menemukan kenyamanan dalam fakta bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga sebelum tidur mungkin tidak mempengaruhi kualitas tidur Anda. Ini dapat meningkatkan detak jantung Anda selama beberapa jam pertama tidur, tetapi para atlet dalam satu penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan dalam tidur antara hari latihan dan non-latihan.

Ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang mengatakan olahraga pagi lebih baik untuk tidur. Namun, satu hal yang dapat disetujui oleh semua orang adalah Anda harus mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Atlet yang kurang tidur menunjukkan penurunan kinerja yang signifikan.

Jadwal Acara

Jika Anda berlatih untuk acara tertentu atau event olahraga tertentu, waktu latihan optimal Anda harus sesuai dengan waktu lomba tersebut akan dilakukan. Misalnya, jika Anda berlatih marathon, berlari di pagi hari dapat mempersiapkan Anda untuk acara tersebut karena sebagian besar maraton dimulai pada pagi hari. Sebaliknya, banyak pertandingan bisbol dan bola basket dimainkan di malam hari sementara pertandingan sepak bola mungkin dijadwalkan untuk sore hari.

Tidak peduli olahraga mana yang Anda ikuti, pelatihan selama waktu itu akan membantu tubuh Anda tampil lebih baik di hari pertandingan atau balapan. Jika itu tidak mungkin, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ketahanan pagi dapat mengimbangi perbedaan waktu ini.

Beradaptasi terhadap Perubahan

Sebagian besar waktu yang disarankan untuk latihan berkaitan dengan ritme sirkadian Anda. Ini adalah siklus harian yang mengatur banyak fungsi fisiologis, termasuk kewaspadaan Anda, tekanan darah, suhu tubuh, dan metabolisme.

Setiap orang memiliki ritme 24 jam dan mungkin untuk menyesuaikan atau “mengajari” tubuh Anda untuk tampil lebih baik pada waktu-waktu tertentu. Ini seperti menyesuaikan dengan waktu baru di jam alarm Anda. Satu atau dua minggu pertama bisa sulit dan Anda mungkin harus berjuang bangun lebih awal. Dalam sebulan atau lebih, tubuh Anda terbiasa dengan perubahan dan banyak orang menemukan bahwa mereka bangun sebelum alarm berbunyi. Hal yang sama bisa dilakukan dengan latihan rutin Anda. Setelah Anda menentukan bahwa waktu tertentu hari bekerja paling baik untuk jadwal Anda, tubuh, acara, dan semua faktor lainnya, Anda dapat mulai melatih tubuh Anda untuk mencocokkannya.

Sementara seluruh penelitian membuktikan tidak ada waktu lari yang baik dan yang tidak baik, intinya adalah bahwa melakukan latihan lebih baik daripada tidak sama sekali. Berlatihlah di saat yang paling sesuai untuk jadwal Anda. Tidak masalah berapa lama Anda melakukannya, Anda masih akan mendapatkan semua manfaat dari olahraga teratur.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.