7 Ide Liburan Seru di Rumah

Sobat Howie, tanpa terasa libur akhir tahun ini sudah semakin dekat ya. Kalau sudah punya plan mau liburan kemana, sobat Howie tinggal mempersiapkan transportasi, akomodasi, dan barang-barang yang perlu dibawa. Tapi bagaimana kalau tiba-tiba ada satu dan lain hal yang membuat sobat Howie terpaksa harus menghabiskan waktu liburan di rumah? Jangan sedih dulu, Howie and Belle punya 7 ide liburan seru di rumah untuk membuat hari-hari liburanmu tetap seru dan menyenangkan!

1. Pesta Barbeque

Pesta Barbeque

Punya pemanggang barbeque yang sudah lama tidak dipakai? Sobat Howie bisa undang teman-teman dan kerabat ke rumah untuk acara pesta kebun dengan barbeque di pekarangan rumah sebagai perayaan hari raya atau pergantian tahun. Hias halaman rumah dengan lampu-lampu cantik dan berbagai hiasan, pindahkan beberapa meja dan kursi dari dalam rumah (atau cukup meja saja untuk standing party), siapkan pemanggang barbeque serta bahan-bahan makanan yang akan dibakar, dan pesta barbeque siap dimulai! Untuk menu menunya, selain daging sapi dan daging ayam, sobat Howie juga bisa memilih berbagai bahan makanan lain yang tidak kalah nikmat dan siap dibakar seperti sosis, jagung, ikan dan seafood lainnya, bakso, dan marshmallow. Supaya rasa makanan jadi lebih enak, jangan lupa siapkan bumbu-bumbunya juga ya. Untuk menambah keseruan, putar musik dari gadget kesayangan atau minta teman yang jago nyanyi dan jago alat musik untuk perform dengan instrumen akustik. kalau mau lebih niat dan punya sarana yang memadai, siapkan pangung kecil-kecilan agar mirip konser beneran, dan izinkan tamu untuk request lagu kesayangan mereka.

Kalau cuaca sedang kurang bersahabat, pestanya bisa dipindahkan ke dalam rumah dan bakar-bakar barbeque bisa dilakukan di teras. Kalau tidak ada pemanggang barbeque yang bisa dipakai, sobat Howie tetap bisa mengadakan pesta kebun dengan menu makanan yang sudah jadi. Khusus untuk acara tahun baru, sobat Howie bisa menyiapkan kembang api dan terompet untuk membuat suasana makin meriah.

2. Movie Marathon

Movie Marathon

Kapan lagi sobat Howie punya waktu untuk nonton semua film-film kesayangan yang belum sempat ditonton atau serial favorit yang terlewatkan dari episode awal sampai akhir sekaligus? Liburan inilah saatnya! Biar lebih seru, ajak keluarga atau teman-teman nonton bareng di rumah. Sobat Howie cuma perlu menyiapkan cemilan favorit dan tempat duduk yang nyaman. Gampang kan?

Mau lebih greget? Maksimalkan pemanfaatan sarana yang ada di rumah. Kalau tidak ada home theater di rumah, gunakan proyektor LCD dan speaker yang ada di rumah (tapi jangan sampai suaranya ganggu tetangga ya 😀 ), dan matikan lampu di ruangan supaya serasa lagi nobar di bioskop. Cara ini juga bisa dipakai untuk nonton rekaman konser musisi kesayangan (bisa sambil loncat-loncat juga), pertandingan olahraga, dan lain-lain.

3. Fun Sleepover

Fun Sleepover (from graziadaily.co.uk)

Punya sepupu atau teman-teman yang tidak pergi ke luar kota? Ajak mereka menginap di rumah dan siapkan ide sleepover yang menyenangkan. Untuk para cewek, bisa sleepover sambil grooming nih. Maskeran, luluran, waxing, manicure, dan pedicure pasti lebih seru dilakukan bareng teman-teman di rumah. Kalau mau lebih seru lagi, masker dan lulurnya  juga bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami. Step by step pembuatannya bisa searching di internet. Setelah grooming, bisa lanjut dengan bermain make up. Biar makin seru, buat make up challenge untuk mendandani 1 orang dengan teknik make up terbaik dengan batas waktu tertentu. Hasil make up nya jangan lupa difoto, ya! Hadiahnya, pemenang boleh meminta satu permintaan tertentu kepada teman-teman yang lain. Kalau teman-temanmu kurang suka grooming dan make up, pilih kegiatan seru lain seperti karaoke, memasak, baking, membuat kerajinan, dan lain-lain.

Untuk para cowok, sleepover pasti lebih seru sambil nonton bola atau pertandingan olahraga lain yang disukai. Bisa juga dengan bermain online game, card game, board game, dan atau beberapa games sederhana seperti truth or dare, tebak nama makanan dengan mata tertutup, dan tebak judul lagu. Apapun jenis kegiatan yang dipilih, pastikan semua peserta sleepover merasa nyaman dan bergembira, ya.

4. Camping atau Glamping di Halaman Rumah

Camping atau Glamping di Halaman Rumah

Pernah nyobain serunya camping atau glamping di alam bebas? Gimana kalau kali ini sobat Howie nyobain camping atau glamping di halaman rumah sendiri? Pastinya lebih aman dan ga mungkin kekurangan peralatan, kan tinggal ambil dari dalam rumah :p Tinggal sesuaikan peralatan yang diletakkan di dalam tenda dengan pilihan gaya campingmu (camping biasa atau glamping). Biar makin mirip dengan alam bebas, putar rekaman suara jangkrik atau aliran air sungai dan matikan lampu halaman. Sebagai gantinya, buat api unggun kecil dengan jarak yang tidak jauh dari tenda. Pasti seru deh 😀

5. Game Competition

Game Competition

Suka main online game? Ajak teman-teman ke rumah dengan gadget masing-masing dan buat kompetisi game kecil-kecilan. Siapkan hadiah kecil untuk pemenang. Kalau sobat Howie tidak suka main online game, ganti saja dengan permainan lain, yaitu  board games seperti halma, ular tangga, catur, scrabble, dan igo; card game seperti uno, remi, capsa, dan blackjack; atau olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan sekitar rumah seperti basket, futsal, lomba sprint, lomba renang, dan lain-lain.

Bisa juga membuat kompetisi board games tradisional Indonesia, seperti damdas 16 batu, catur Karo, catur Surakarta, dan congklak. Hayoo, sobat Howie masih ingat tentang aturan 4 permainan ini ga, ya? (kalau lupa masih bisa lihat di google kok 😉 )

6. Dekor Ulang Rumah Bareng Keluarga

Dekor Ulang Rumah Bareng Keluarga

Bosan dengan dekorasi rumah yang tidak pernah diubah? Mumpung lagi libur, yuk dekor kembali rumahmu bersama keluarga. Selain hemat biaya (tidak perlu sewa tukang), mendekor ulang rumah bersama keluarga juga bisa menambah kekompakan antar anggota keluarga dan melatih kreatifitas, nih.

Tidak perlu buru-buru beli barang-barang baru, sobat Howie bisa memindahkan dan menukar beberapa furniture dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Jangan lupa untuk melihat kembali barang-barang yang disimpan di gudang. Siapa tahu ada furniture atau hiasan-hiasan yang masih bisa digunakan dan cocok untuk suasana baru di rumah. Kalau ingin perubahan suasana yang lebih ekstrim, ganti warna cat dinding atau wallpaper rumah. Permak juga beberapa hiasan dan furniture dengan mengecatnya dengan warna baru, melukisnya dengan motif tertentu, atau melapisinya dengan lapisan lain. Bisa juga dengan menambah pencahayaan pada sudut-sudut tertentu di rumahmu. Kalau butuh inspirasi, sobat Howie bisa buka internet atau mencarinya di beberapa majalah tentang dekorasi rumah. Manfaatnya double nih: dapet kegiatan yang seru bareng keluarga sekaligus suasana rumah yang baru.

7. Masak Bareng Keluarga

Masak Bareng Keluarga

Di beberapa keluarga, masakan buatan ibu atau ayah untuk anak-anaknya memang hampir selalu terasa enak. Tapi bagaimana kalau seluruh anggota keluarga ikut bantuin masak? Bisa jadi lebih enak ga, ya? Apapun rasa hasil masakannya, memasak bareng keluarga bisa mempererat kekompakan dan menambah skill memasak anggota keluarga, lho. Biar makin seru, jangan cuma masak satu menu saja, buatlah beberapa menu untuk makanan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Untuk pemula, bisa pilih menu-menu sederhana dengan resep yang mudah diikuti dari internet seperti garlic soup, aneka pasta, nasi goreng, dan pudding.

Selain makanan, sobat Howie juga bisa bereksperimen dengan aneka menu minuman seperti es buah dan coktail. Butuh inspirasi? cari saja resep minuman segar di internet dan kombinasikan dengan bahan-bahan favorit sobat Howie. Kalau eksperimen masakan dan minuman sudah berhasil, masakan dan minuman kreasi keluarga sobat Howie bisa disajikan di arisan atau acara kumpul keluarga besar yang akan datang dan ceritakan proses dibaliknya. Mungkin ada saudara atau teman yang terinsprasi membuat kegiatan serupa bersama keluarganya.

Nah sobat Howie, itu tadi 7 ide liburan seru di rumah. Masing-masing ide bisa dikombinasikan satu sama lain sesuai keinginan sobat Howie. Kira-kira ide apa yang akan sobat Howie pilih?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.