Teknologi

10 Aplikasi Terbaik Untuk Bantu Kamu Bekerja Remote Dari Rumah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Aplikasi untuk bekerja dari rumah – Saat ini dunia sedang gempar karena penyebaran virus COVID-19 atau virus CORONA yang berasal dari Wuhan, China. Dikutip dari worldomoters, virus corona telah membunuh lebih dari 35.000 di akhir bulan Maret 2020.

Salah satu dampak dari pandemik global ini adalah aturan untuk bekerja dari rumah alias remote working dan social distancing. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi interaksi antar manusia sehingga memperlambat penyebaran virus corona.

Budaya work from home atau kerja dari rumah memang masih tergolong baru dan jarang diberlakukan oleh perusahaan di Indonesia. Banyak perusahaan yang merasa produktivitas karyawan akan menurun karena tidak melakukan tatap muka. Namun kondisi saat ini tentunya berbeda, di mana sekarang mau tak mau sejumlah perusahaan harus menerapkan kebijakan work from home untuk mengurangi dampak penyebarang virus corona.

Sebagai seorang karyawan, kamu harus memanfaatkan kesempatan ini untuk menunjukkan komitmen dan budaya kerja yang tinggi pada perusahaan. Harapannya adalah perjalanan karier yang cemerlang karena perusahaan memandang kamu adalah karyawan yang disiplin dan dapat diandalkan.

Tim howieandbelle telah menyusun daftar aplikasi yang bisa membantu kamu untuk tetap produktif, walaupun bekerja dari rumah. Yuk disimak!

Baca juga : Kata Kata Motivasi Kerja Karyawan Untuk Berjuang Keras Gapai Mimpi

Daftar Aplikasi Untuk Bekerja Dari Rumah

1. Microsoft Office 365

aplikasi untuk kerja di rumah - microsoft office 365

Siapa yang tidak kenal perusahaan IT nomor 1 dunia besutan Bill Gates ini. Office 365 memiliki beberapa aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas kerja karyawan dan meningkatkan kolaborasi antar bagian di dalam perusahaan.

Kamu dapat tetap terhubung dengan rekan kerjamu melalui Microsoft Teams. Melalui aplikasi ini kamu dapat membentuk group, chatting dengan rekan kerja, berbagi file, bahkan melakukan video conference untuk bertemu secara online.

Howie juga telah mencoba Microsoft Teams dan merasa aplikasi ini sangat praktis untuk digunakan. Selain itu, Microsoft juga memiliki aplikasi lain yang powerful seperti Outlook, OneDrive, dan OneNote. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

2. Google Hangouts

aplikasi untuk kerja di rumah - google hangouts

Google Hangouts adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Google untuk melayani instant messaging, video chat, SMS dan fitur VOIP. Google menyatakan bahwa Hangouts adalah produk masa depan untuk komunikasi jarak jauh.

Apabila Anda menggunakan handphone berbasis android, maka Anda dapat menemukan bahwa Hangouts adalah aplikasi default yang digunakan dalam text messaging. Dengan menggunakan Hangouts, Anda dapat chatting sambil video call dengan 10 orang secara bersamaan. Wow!

3. Skype for Business

aplikasi untuk kerja di rumah - logo zoom

Saya yakin bahwa Anda sudah familiar dengan aplikasi yang satu ini. Skype for Business telah lama dipercaya oleh kalangan profesional dan perusahaan sebagai aplikasi untuk bekerja dari rumah. Dengan menggunakan Skype, Anda dapat tetap bertemu dengan rekan / klien Anda secara digital.

Skype for Business memampukan kamu untuk melakukan webinar dengan kualitas audio yang superb. Dengan menggunakan Skype, Anda dapat menambahkan hingga 250 user dari 1x pertemuan online. Apalagi Anda dapat mengintegrasikan Skype ke dalam aplikasi resmi perusahaan Anda

4. Zoom

aplikasi untuk kerja di rumah - skype for business

Zoom adalah salah satu aplikasi yang sedang nge-tren ketika pemerintah menerapkan kebijakan work from home. Zoom dirasa cukup powerful untuk membantu karyawan tetap terhubung dan produktif walaupun tidak berada di satu tempat.

Dengan menggunakan Zoom, Anda dapat mengundang lebih dari 500 partisipan di saat bersamaan dengan kualitas video dan audio yang di atas rata – rata. Howie rasa itu lebih dari cukup untuk Anda dapat melaksanakan meeting online. Aplikasi Zoom juga cocok untuk digunakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa untuk mengadakan training online.

5. WhatsApp Business

aplikasi untuk kerja di rumah - whatsapp business

Tahukah Anda bahwa WhatsApp, atau WA, mempunyai 2 versi? Apabila sekarang Anda telah menggunakan WhatsApp, ini saatnya untuk Anda juga menggunakan WhatsApp Business. WhatsApp Business dapat membantu Anda untuk mengirimkan pesan dan dokumen kantor secara cepat dan akurat.

Aplikasi berlogo telepon hijau ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan video call untuk 4 orang secara sekaligus. Selain itu, Anda dapat mengakses WhatsApp Business melalui handphone dan dekstop secara bersamaan sehingga Anda dapat bekerja dan berkomunikasi dengan rekan kerja Anda.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat menambahkan profil dan kategori perusahaan Anda sehingga masyarakat menjadi lebih percaya. Apabila Anda memiliki toko online dan wabah corona membuat Anda kebanjiran order, Anda juga dapat mengaktifkan fitur autoreply seperti ucapan salam dan formulir yang perlu diisi konsumen untuk memesan produk Anda.

Baca juga : Ide Seputar Nama Olshop yang Bagus dan Unik

6. Slack

aplikasi untuk kerja dari rumah - slack

Aplikasi Slack memiliki basic function yang sama dengan WhatsApp, namun lebih lengkap dan kompleks. Slack cocok untuk penyelesaian setiap tugas dan pekerjaan yang bersifat project, untuk tetap sinkron dan terkoordinasi antara satu sama lain.

Kita dapat membuat sebuah tim yang berisikan beberapa anggota untuk memudahkan komunikasi dan berbagi dokumen. Selain itu, Anda juga dapat melihat proses kinerja dalam mengelola project dan meningkatkan produktivitas tim karena memastikan setiap anggota bekerja dengan baik.

Dengan menggunakan Slack, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dimanapun dan kapanpun Anda bisa karena setiap anggota dapat melihat progress pekerjaan Anda tanpa harus bertatap muka.

7. Toogl

aplikasi untuk kerja dari rumah - toogl

Toogl adalah aplikasi untuk membantu Anda produktif saat WFH (work form home). Howie sadar bahwa bekerja dari rumah tidaklah seenak yang dipikirkan oleh banyak orang, khususnya untuk mereka yang telah berkeluarga. Akan ada banyak gangguan serta distraksi yang akan menghambat produktivitas.

Dengan menggunakan Toogl, Anda dapat mengatur jam kerja sesuai dengan keinginan Anda. Toogl akan membantu mengingatkan kapan Anda harus berhenti dan kembali bekerja. Kita dapat melihat penggunaan waktu kita di Toogl seperti berapa lama waktu kita bekerja, berapa lama waktu kita beristirahat, dan lain sebagainya.

8. Forest

aplikasi untuk kerja dari rumah - forest

Apakah Anda pernah merasa kesulitan untuk menahan urgensi untuk mengecek HP saat sedang bekerja? Nah, Howie rasa bahwa Forest adalah aplikasi yang dapat membantu masalah tersebut. Forest adalah aplikasi yang sangat simpel dan praktis.

Jika Anda ingin mulai fokus untuk bekerja, cobalah buka aplikasi ini dan Anda akan diminta untuk menanam sebuah pohon. Cobalah untuk tidak menyentuh layar ponselmu itu selama setidaknya 30 menit ke depan dan Anda akan mendapatkan reward apabila berhasil. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini ketika mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian CFA. (Baca juga : 5 Keuntungan Menjadi CFA Charterholder)

9. Monday

aplikasi untuk tetap produktif ketika work from home - monday

Diluncurkan pada tahun 2014 dan berkantor di Tel Aviv serta New York, Monday.com adalah sebuah platform yang dapat mengoneksikan banyak orang untuk membantu mengelola project, membagi beban kerja, dan monitoring perkembangan project secara real time.

Dengan menggunakan Monday.com, tim Anda akan mendapatkan sebuah single dashboard yang sangat komplit dengan tampilan fleksible. Setiap anggota tim dapat membuat dan memasukkan jadwal mereka sendiri. Apalagi Anda dapat menggunakan Monday.com di dekstop dan layar smartphone Anda secara bersamaan sehingga Anda tidak akan ketinggalan notifikasi penting yang mungkin muncul di tengah perjalanan proyek.

Baca juga : 10 Tips Bekerja Dari Rumah ala howieandbelle

10. Trello

aplikasi untuk tetap produktif ketika work from home - trello

Trello adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membantu Anda bekerja dari rumah. Anda dapat berkolaborasi dengan antar anggota tim untuk menyelesaikan sebuah project walaupun tidak bertatap muka.

Aplikasi besutan Fog Creek untuk membantu monitoring progress pekerjaan yang sedang kamu selesaikan. Selain itu, Anda dapat mengundang orang lain serta berbagi pekerjaan sehingga bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Apalagi Anda dapat mengatur deadline tugas sehingga setiap anggota perlu berkomitmen untuk menyelesaikannya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Howie mencatat setidaknya ada 3 fitur unggulan yang dimiliki oleh Trello seperti Board untuk menyematkan project yang sedang digarap; Label untuk memberikan prioritas pada setiap pekerjaan; dan Check List untuk membedakan pekerjaan yang telah ataupun belum diselesaikan.

Baca juga : Stop Panic Buying! 7 Produk ini Tidak Perlu Diborong Saat Wabah Corona

Nah, itulah sepuluh aplikasi yang Howie rekomendasikan untuk membantu Anda kerja dari rumah selama masa work form home ini. Beberapa aplikasi dapat Anda gunakan secara gratis, dan beberapa aplikasi lainnya mengharuskan Anda untuk berlangganan. Gunakanlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan perusahaan sehingga Anda dapat tetap produktif di tengah wabah virus corona ini.

Yang penting jaga kesehatan dan jangan keluar dari rumah apabila tidak perlu. Semoga wabah ini cepat berlalu. Amin!

Write A Comment

13 + 13 =

Pin It