Bisnis

10 Tips Bekerja Dari Rumah Untuk Tetap Efektif & Produktif

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tips bekerja dari rumah – Saat ini dunia dikejutkan dengan penyebaran virus COVID-19 yang begitu cepat. Virus COVID-19 atau CORONA adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Dilansir dari situs resmi WHO (world health organization), virus COVID-19 bersifat zoonosis yang berarti ditularkan dari hewan ke manusia.

Novel Coronavirus atau Virus CORONA yang menyebabkan penyakit pernapasan ini pertama kali muncul di pasar makanan laut kota Wuhan, China, pada akhir 2019 tahun. Per 21 Maret 2020 ditemukan lebih dari 300ribu kasus corona di seluruh belahan dunia dan 13ribu orang diantaranya meninggal dunia (sumber : worldometers.info/coronavirus).

Kasus penyebaran virus corona begitu cepat dan membuat masyarakat menjadi panik. Bahkan beberapa perusahaan mengizinkan karyawan-nya untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Pada kesempatan kali ini, tim howieandbelle akan memberikan 10 tips work from home agar pekerjaan Anda tetap berjalan dengan lancar

10 Tips WFH

1. Tetap Mandi

Walaupun Anda tidak bertemu langsung dengan rekan kerja ataupun client, biasakanlah untuk tetap mandi di pagi hari. Mandi dapat meningkatkan sterilitas dan kebersihan sehingga membuat badan segar dan mulai untuk memulai aktivitas.

2. Absensi Online

Eits … bekerja dari rumah itu berbeda dengan liburan. Perusahaan menuntut Anda untuk tetap bekerja walaupun sedang tidak berada di kantor. Kesempatan ini janganlah sampai Anda persalahgunakan. Tunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda adalah karyawan yang bertanggung jawab dengan memberikan update foto sebagai bentuk dokumentasi waktu kerja Anda.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Kerja Karyawan Untuk Berjuang Keras Gapai Mimpi

3. Membuat Daftar Pekerjaan

Tips bekerja dari rumah berikut adalah untuk dapat menjadi pegawai yang produktif, Anda perlu menyusun daftar pekerjaan yang akan Anda selesaikan dalam waktu satu hari. Daftar pekerjaan akan membantu Anda untuk tetap fokus bekerja secara efektif dan efisien. Diskusikanlah dengan atasan Anda mengenai target yang ingin Anda capai selama masa work from home.

4. Aktif Berkomunikasi

Ketika bekerja, Anda pasti dituntut untuk berkomunikasi secara aktif. Ketiadaan komunikasi akan memperbesar potensi miskomunikasi sehingga pekerjaan tidak selesai tepat waktu atau hasil pekerjaan yang tidak sesuai harapan. Pastikan Anda telah menginstall media komunikasi seperti Microsoft Teams, Zoom, Whatsapp atau Telegram untuk mendukung komunikasi.

5. Mematikan Televisi

Salah satu godaan terbesar di rumah adalah menonton televisi atau scrolling media sosial seperti Instagram. Selain itu, Anda juga pasti memiliki keluarga di rumah yang mungkin membuat distraksi dan menghilangkan konsentrasi Anda. Berilah pengertian kepada keluarga bahwa Anda perlu ruang dan waktu yang cukup untuk bekerja.

6. Rapat Secara Reguler

Dengan teknologi media sosial seperti saat ini, rapat virtual dapat dengan mudah untuk dilakukan. Jadwalkan rapat secara virtual dengan seluruh related party untuk tetap saling memberikan data dan update informasi terbaru.

7. Jangan Lupa Beristirahat

Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk beristirahat dan makan siang ketika bekerja dari rumah. Hal ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda. Ingat bahwa tujuan Anda bekerja dari rumah adalah menjaga kesehatan.

8. Kerja Produktif

Tips bekerja dari rumah yang berikutnya adalah bekerja sesuai dengan ketentuan kerja. Salah satu ketentuan tersebut adalah bekerja selama +- 8 jam. Jadilah karyawan yang bertanggung jawab dengan memenuhi ketentuan tersebut.

Baca juga : 7 Alasan Untuk Memberikan Yang Terbaik di Tempat Kerja

9. Menjaga Kerahasiaan Data

Tantangan terbesar ketika bekerja dari rumah adalah menjaga data perusahaan. Pastikan Anda menjaga integritas dengan tidak lalai menjaga data yang bersifat rahasia dan non public. Hindarilah berbagi password dengan rekan kerja untuk menjaga diri Anda dari potensi masalah di kemudian hari.

10. Mini Perks

Kondisi penyebaran virus corona memang bisa membuat kita stress. Oleh karena itu, kita perlu memotivasi diri dengan kata kata motivasi dan memberikan hadiah sederhana ketika menyelesaikan pekerjaan. Mungkin secangkir kopi hangat bisa memberikan senyum di wajah Anda.

Itulah 10 tips work from home (WFH) ala howieandbelle. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan berkah dalam pekerjaan. Amin.

Write A Comment

2 + thirteen =

Pin It