Jaya di Era Digital? Ubah Pemasaran Tradisional ke Pemasaran Online!

Pemasaran Online – Apakah Anda menyadari bahwa kehadiran internet telah menjadi kebutuhan primer untuk diri Anda? Howie tidak tahu bagaimana dengan kalian, tetapi Howie merasa kehilangan setengah jiwa apabila internet di rumah putus ataupun paket kuota habis …

Menurut data yang dikumpulkan dan dilaporkan oleh wearesocial.com, total populasi penduduk di dunia mencapai 7,6 Miliar orang. Dari jumlah tersebut, 4 Miliar atau 57% diantaranya telah aktif menggunakan internet setiap harinya. Bahkan dikabarkan bahwa rata – rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet di dunia adalah 6 jam dan 42 menit setiap harinya. Wow … amazing!

Jadi bisa disimpulkan bahwa hampir semua orang sudah menggunakan internet.

Kita patut berbangga karena Indonesia termasuk ke dalam daftar negara dengan pertumbuhan ekonomi internet yang terpesat di Asia. Google mencatat bahwa pada tahun 2019, pengguna internet di Indonesia menempati peringkat keenam dunia. Secara lebih gamblang disampaikan oleh Henri Kasyfi, Sekjen APJII, jumlah penduduk Indonesia yang sudah terhubung ke Internet mencapai 171 juta jiwa atau sekitar 64%.

Teknologi, terutama internet, sudah berhasil mengubah perilaku manusia dalam berbagai aspek kehidupan! Teknologi mengubah cara kita untuk mendapatkan informasi, teknologi mengubah cara kita belajar, teknologi mengubah cara kita belanja, teknologi mengubah … (silahkan dilanjutkan sendiri).

Dulu, apabila kita ingin membeli baju baru, kita perlu datang ke toko fisik atau mall untuk memilih dan membeli produk secara langsung. Saat ini, kemajuan teknologi yang ada menawarkan kemudahan kepada kita untuk membeli baju hanya melalui genggaman tangan. Tidak hanya baju, Anda bisa masuk ke aplikasi toko online terbaik & terpercaya untuk mendapatkan semua yang Anda inginkan!

Mengutip data yang disajikan oleh KOMINFO, jumlah pelaku UKM dan UMKM di Indonesia mencapai 59 juta jiwa. Namun! baru 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sudah memanfaatkan pemasaran online dalam mempromosikan produknya. Jumlah ini baru 8% loh. Masih sangat kecil!

Dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar dan jumlah penjual online yang masih kecil, nampaknya dunia online menawarkan kesempatan yang TIDAK TERBATAS bagi mereka yang mau belajar berbisnis secara online. Peluang dan prospek yang ada sangatlah menarik bagi pemula yang ingin terjun ke dunia online marketing.

Baca juga : Jangan menggandalkan gaji … Tebalkan kantong dengan 8 ide bisnis ini!

Hal pertama yang perlu kita pahami adalah bagaimana cara memulai pemasaran online dan cara marketing yang efektif serta menguntungkan. Sebenarnya, prinsip – prinsip penjualan online sama saja dengan penjualan tradisional. Hanya saja media atau channel yang digunakan itu berbeda. Banyak metode yang bisa Anda gunakan dalam pemasaran online, seperti forum, media social, atau menawarkan produk melalui website. Yuk kita kupas pemasaran online secara lebih mendalam.

Baca juga : Bisnis Model Canvas – 9 Langkah untuk Memaksimalkan Keuntungan

Apa itu Pemasaran Online

1 - apa itu pemasaran online

Sebelum Howie membahas lebih jauh mengenai pemasaran online dalam bisnis, sebaiknya kita mengakrabkan diri terlebih dahulu dengan konsepnya. Pada dasarnya, penjualan atau pemasaran online berarti menggunakan sebuah situs / website untuk mendirikan toko online.

Toko online tersebut dapat digunakan sebagai sarana iklan, penjualan atau branding produk yang dijual. Atas alasan inilah, pemasaran online juga disebut sebagai internet marketing. Toko online tersebut dapat didirikan melalui media sosial, aplikasi Android, situs web, bahkan email.

Strategi Penjualan dalam Pemasaran Online

2 - strategi penjualan dalam pemasaran online

Langkah #1 Membangun Website

Pemasaran online pastinya memerlukan situs website untuk mulai berjualan. Anda dapat membuat situs web untuk toko online Anda sendiri atau bergabung dengan platform toko online yang sudah mature seperti Tokopedia dan Shopee.

Untuk membuat toko online Anda sendiri biasanya menggunakan landing page dan juga sales letter atas penjualan online Anda. Untuk membangun situs website ini, tentu saja Anda memerlukan domain dan hosting! Domain adalah ibarat alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Dalam prakteknya, domain adalah nama situs, misalnya saja https://ngurusduit.com dan hosting adalah server yang menyimpan database dari situs tersebut.

Untuk Anda yang masih pemula dan rasa – rasanya tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengelola situs website tersebut, Anda dapat mulai berjualan online dengan membuat toko di Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak.

Langkah #2 Mendapatkan Trafik atau Pengunjung

Seperti halnya toko fisik, Anda tentu perlu pengunjung atau pelanggan yang datang untuk memastikan penjualan produk berlangsung dengan lancar. Tentunya promosi situs website Anda penting untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang umum dilakukan untuk memastikan konversi penjualan yang besar.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Bagi Anda yang mempunyai telah lama berkecimpung di internet marketing, rasanya istilah SEO sudah tidak asing lagi. SEO adalah sebuah upaya yang kita lakukan untuk mendapatkan rangking terbaik pada mesin pencari agar mendapatkan kunjungan.

Dengan menggunakan SEO, kita bisa mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget, natural, dan tentu saja lebih murah. Hal ini dilakukan dengan syarat utamanya adalah memastikan situs website Anda berada pada halaman 1 hasil pencarian Google dengan kata kunci atau keyword yang Anda bidik.

Misalnya saja ada Anda ingin membidik kata kunci “beli kaos”. Apabila ada orang yang mengetikkan kata kunci tersebut, website Anda harus berada di urutan terdepan dari mesin pencarian, seperti Google dan Bing! Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan klik dari pengunjung potensial akan semakin besar.

  • Beriklan

Iklan merupakan sebuah pesan yang dirancang untuk membujuk potential customer / buyer untuk membeli barang dan jasa yang kita jual. Mau tidak mau, suka tidak suka, beriklan sepertinya menjadi menu wajib untuk Anda yang ingin mendapatkan akselerasi penjualan online yang menguntungkan.

Iklan secara online dapat dilakukan melalui Google Adword, Facebook Ads, Instagram Ads, sponsored content, guest post atau pemasangan banner pada situs website. Untuk dapat berhasil menggunakan iklan, pastikan Anda memiliki anggaran yang cukup. Semakin sering Anda beriklan, maka semakin besar biaya yang akan Anda keluarkan untuk beriklan.

Berapa sih anggaran yang pas? Howie menyarankan Anda untuk menganggarkan 3 juta per bulan (selama 3 bulan) dan menjalankan teknik split testing. Ingat! Jangan berharap penjualan toko online Anda akan melejit sejak hari pertama … semua butuh waktu … semua butuh proses … yang penting adalah pembelajaran!

  • Forum dan Media Sosial

Saat ini media sosial telah menjadi marketing kit yang sangat powerful. Banyak potential customer yang berkumpul di media sosial sehingga medsos dapat menjadi ladang emas bagi mereka yang bisa memanfaatkannya. Anda dapat menggunakan Instagram, Twitter, atau Facebook untuk menjajakan dagangan secara online. Bahkan Anda juga bisa live streaming loh!

Hal yang sama juga berlaku dalam sebuah forum. Di dalam sebuah forum, pengunjungnya pasti mempunyai minat yang spesifik. Apabila Anda menjual produk yang tepat, pasti konversinya akan jauh lebih tinggi dibandingkan berjualan di media sosial. Banyak sekali forum – forum yang menyediakan lapak berjualan seperti Kaskus, Ads.id, atau Multiply.

Untuk berhasil mengundang pengguna media sosial menuju ke landing page dari toko online Anda, pastikan Anda memposting gambar dan caption yang menarik. Anda dapat mengunjungi kumpulan caption ig instagram kekinian jaman now untuk mendapatkan inspirasi!

Manfaat Menggunakan Pemasaran Online

3 - manfaat menggunakan pemasaran online

Hosting Unlimited Indonesia
  • Jangkauan luas. Keberadaan teknologi dan internet yang semakin canggih membuat banyak orang bisa terhubung dengan mudah. Bahkan! Jarak dan waktu sepertinya sudah tidak menjadi masalah besar. Para pelanggan Anda bisa berkunjung 24 jam ke toko online milik Anda. Mereka bisa bisa mengakses kapanpun dan dimanapun mereka mau selama mereka memiliki akses internet.
  • Lebih hemat biaya. Siapapun pasti ingin menjalankan bisnisnya dengan efisien. Nah dengan pemasaran online, maka Anda bisa memangkas banyak waktu, tenaga, dan biaya! Anda tidak dibatasi sumber daya fisik seperti banner atau pamphlet karena sekarang Anda bisa membuat video atau grafik yang bisa disebarkan dengan gratis!
  • Hasil terukur. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang sulit untuk diukur tingkat keberhasilannya. Ketika menggunakan pemasaran online, Anda bisa memantau perkembangan bisnis Anda hanya dari genggaman tangan. Prosesnya pun tidaklah sulit karena banyak sekali tools yang tersedia di luar sana untuk membantu Anda.

Kerugian dalam Pemasaran Digital

4 - kerugian dalam pemasaran digital

  • Pasar bergerak dengan cepat. Peraturan dan tren yang ada di dunia online berubah dengan cepat. Ini dapat disebabkan karena pasar masih mencari jati diri mereka. Selain itu, algoritma dari platform seperti Google dan Facebook juga mempengaruhi minat dari customer. Kita perlu terus belajar untuk memastikan ilmu yang dimiliki selalu terupdate!
  • Sangat teknis. Apabila Anda tidak terlalu paham dengan teknologi, kehadiran toko online bisa jadi malah membingungkan. Terlalu banyak pilihan yang ada di luar sana sehingga Anda tidak yakin harus mulai dari mana. Oleh karena itu, belajar dari orang – orang yang berpengalaman menjadi kunci sukses Anda untuk berjualan online …
  • Penipuan. Pemasaran secara online tidak mengharuskan kita untuk bertatap muka secara langsung. Karenanya, banyak sekali oknum yang memanfaatkan hal ini untuk menjebak mereka yang masih pemula. Banyak sekali website yang tidak original dan merampok uang para pelanggan mereka. Akibatnya? Banyak orang yang masih takut untuk membeli produk secara online …

Nah! Langkah untuk melakukan pemasaran online ternyata sangatlah mudah bukan? Apabila kita simpulkan hanya ada 3 langkah loh : (1) Buat situs website; (2) Promosikan toko online; (3) Dapatkan pembeli. Untuk dapat berhasil dalam penjualan online, tentu saja Anda perlu rencana bisnis yang matang dan tentu saja : TAKE ACTION!

Kata Kata Motivasi Diri : Tidak perlu melompat jauh … langkah kecil pun tak apa, yang penting arahnya benar!


Semoga berhasil. See you on top!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.