15 Strategi Pemasaran Produk Terbaik Untuk Meningkatkan Konversi

Strategi pemasaran produk sangat penting diterapkan demi mencapai hasil maksimal, sebab perusahaan pasti menetapkan target penjualan kepada semua tim marketing atau tim pemasarannya. Perusahaan menuntut kinerja baik dari tim pemasaran untuk mendukung performa perusahaan sehingga diperlukan strategi pemasaran produk untuk menghasilkan penjualan dan mendapatkan keuntungan.

15 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan 15 strategi pemasaran produk terhandal menghasilkan penjualan tertinggi. Berikut penjabarannya :

#1 : memanfaatkan media sosial

01 - memanfaatkan media sosial Social media semakin canggih dan semakin digemari. Penggunaan social media setiap tahunnya mengalami peningkatan. Bahkan banyak warga yang menjadi penggemar berat social media. Nah kondisi ini bisa menjadi peluang atau strategi yang baik untuk meningkatkan penjualan. Promosi menggunakan sosial media juga memiliki cakupan yang luas dan menjangkau semua kalangan. Memanfaatkan social media di zaman sekarang ini memang cara termudah melakukan penjualan.

Perusahan juga bisa memiliki akun jual beli sendiri di social media serta bisa dengan mudah memilih komunitas yang cocok dengan produk yang ditawarkan sehingga peluang penjualan akan semakin tinggi.

#2 : memberikan sampel produk secara gratis

02 - memberikan sampel produk secara gratis

Pemberian sampel secara gratis juga bisa menjadi strategi yang tepat untuk memikat hati konsumen. Pemberian sample ini biasanya di awal-awal peluncuran produk, bisa diberikan langsung atau door to door serta melalui berbagai even salah satu temanya adalah peluncuran produk, atau anda juga bisa menawarkan free trial bagi perusahaan yang menawarkan produk dalam bidang jasa. Jika konsumen telah jatuh hati kepada barang yang kita tawarkan maka kemungkinan produk terjual akan semakin tinggi.

#3 : lokasi penjualan yang strategis

03 - tempat penjualan yang strategis

Lokasi penjualan yang strategis juga bisa menarik pengunjung. Sehingga cara ini patut anda perhitungkan. Letaknya yang strategis seperti pusat kota serta berdekatan dengan tempat keramaian memungkinkan barang sering dilihat oleh calon konsumen. Lokasi penjualan agar menjadi strategi harus menyesuaikan dengan target, serta berada di tempat yang mudah dijangkau.

Contoh tempat yang strategis adalah  saat anda berencana membuka fotocopy tentunya anda harus membuka toko di area sekitar sekolah serta perkantoran. Jika anda ingin membuka warung makan maka anda harus membua toko disekitar sekolah atau kampus.

#4 : memberikan fee untuk rekomendasi

04 - memberikan fee untuk rekomendasi

Memberikan fee atau insentif kepada konsumen yang merekomendasikan pembelian produk yang anda jual juga perlu anda pertimbangkan. Cara ini akan menarik para konsumen untuk ikut mempromosikan produk anda. Anda bisa memberikan potongan harga, atau bonus produk serta insentif menarik bagi rekomendasi.

#5 : menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen

05 - menjaga komunikasi yang baik

Keramah-tamahan penjual juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Calon konsumen atau pembeli memang membutuhkan kenyamanan saat bertransaksi. Saat ini memang jumlah penjual dengan barang yang sama semakin meningkat, oleh sebab itu jika anda ingin menarik pembeli dan tak ingin kehilangan pelanggan sebaiknya jaga hubungan baik anda. Berbicaralah yang sopan dan ramah. Ciptakan kenyamanan antara anda dan konsumen.

Baca juga : Ujung Ujungnya Duit … 6 Tujuan Utama Marketing

#6 : menciptakan produk berkualitas

06 - menciptakan produk berkualitas

Untuk memulai bisnis dengan tujuan bisa berkelanjutan yang harus anda perhatikan adalah kualitas produk. Para konsumen memang mengidolakan produk berkualitas tinggi ketimbang barang abal-abal. Kualitas produk ini mencakup bahan baku, proses pembuatan, serta hasil produksi. Terjaganya kualitas produk anda secara tidak langsung  menarik banyak pelanggan untuk mencoba produk anda.

#7 : menciptakan kemasan yang menarik

07 - strategi pemasaran produk - menciptakan kemasan menarik

Tak bisa dihindari bahwa jatuh cinta pada pandangan pertama adalah hal yang paling sering terjadi meski tak boleh menilai sesuatu dari sampulnya namun tampak luar yang menarik dan cantik memberi nilai plus tersendiri. Begitu juga dengan konsumen yang akan membeli barang akan melihat dari kemasannya yang menarik lalu jatuh cinta. Jika kemasannya menarik  maka kesempatan terjual semakin tinggi

#8 : menawarkan promo

08 - strategi marketing produk - menawarkan promo

Strategi pemasaran produk selanjutnya adalah menawarkan promo atau sale. Apalagi jika target jualan anda adalah kaum hawa dimana memang penggila sale dijamin produk anda akan laris terjual. Salah satu promosi yang ampuh adalah beli satu gratis satu, beli dua dapat tiga, diskon 70 % serta mengumpulkan poin dengan grand price tertentu, dsb.

#9 : mensponsori berbagai kegiatan

09 - menjadi sponsor

Menjadi sponsor suatu event juga bisa menarik konsumen. Seperti yang sudah banyak dilakukan perusahaan besar contohnya rokok Djarum yang mensponsori olahraga badminton, rokok Matra yang mensponsori pertandingan bola kaki dan bola voli. Cara ini cukup efektif meningkatkan penjualan.

#10 : kegiatan amal menjadi strategi pemasaran produk

10 - kegiatan amal sebagai salah satu strategi pemasaran produk

Program CSR yang ramah lingkungan dan berkegiatan amal juga bisa menarik konsumen. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan psikologis konsumen bahwa perusahaan ramah lingkungan dan peduli lingkungan.

Baca juga : Jaya di Era Digital? Ubah Pemasaran Tradisional ke Pemasaran Online!

#11 : konsisten memberikan yang terbaik

11 - konsisten memberikan yang terbaik

Konsisten memberikan yang terbaik bagi konsumen adalah strategi yang sangat baik dan disukai pelanggan. Cara ini membuat pelanggan anda tetap setia pada produk anda. Oleh sebab itu tetaplah berusaha melakukan yang terbaik agar hasil yang ada peroleh juga baik, meski kadang banyak juga penilaian yang kurang baik dari pelanggan.

#12 : menambah media komunikasi

12 - strategi marketing produk - enambah media komunikasi

Media komunikasi yang baik seperti bertemu langsung, melalui media elektronik, media cetak, serta media social juga bisa anda lakukan. Di media komunikasi ini lah anda bisa mendengarkan keluhan konsumen, kritik dan saran yang membangun.  Cara ini juga membuat pelanggan senang karena berbagai keluh kesahnya bisa diterima dengan baik. Meski terkadang anda mendapat kritikan pedas anggap saja itu sebagai masukan yang membangun usaha anda.

Hosting Unlimited Indonesia

#13 : menggunakan icon idola terkenal dengan popularitas tinggi

13 - menggunakan icon yang terkenal

Jika pemasaran dilengkapi dengan bajet yang lumayan anda juga bisa mencoba strategi pemasaran produk menggunakan icon idola terkenal yang memiliki popularitas dan penggemar tinggi. Tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat kita banyak yang meniru tokoh idola mereka sehingga cara ini bisa kita manfaatkan bagi kemajuan produk anda.

#14 : berani tampil beda

14 - berani tampil beda

Dalam pemasaran ide kreatif yang beda dari produsen lain atau berani tampil beda memang penting dilakukan. Tim pemasaran dituntut mampu menciptakan sesuatu yang menakjubkan.  Ide kreatif ini bisa dilakukan dalam segi promosi serta cara pemasaran yang keluar dari pemasaran pada umumnya. Selain itu dengan membuat produk baru dengan kualitas tinggi juga bisa kita lakukan.

#15 : memahami peta persaingan dengan baik

15 - memahami peta persaingan dengan baik

Salah satu tugas tim pemasaran adalah memahami peta persaingan dengan baik. Persaingan di pasar bisa mencakup  produk yang dijual serta cara tim marketing menarik pelanggan, selain itu kita juga harus memahami kelebihan, kekurangan, serta target pasar pesaing kita. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut kita bisa mengambil tindakan yang tepat.

Peta persaingan yang dibaca dengan baik juga membantu Anda dalam setiap kali membuat keputusan baik yang bersifat teknis strategi pasar atau yang sifatnya hanya insidental.

Demikianlah ulasan mengenai strategi pemasaran produk terhandal  menghasilkan  penjualan tertinggi. Terapkan cara tersebut pada tim marketing anda jika menginginkan penjualan yang maksimal. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.