√ Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula | Kunci Dasar Gitar Lengkap

Cara belajar bermain gitar – Sejak dulu hingga sekarang, gitar memang selalu jadi alat musik yang bisa dibilang paling disukai, khususnya oleh kalangan muda. Dengan alat musik tersebut maka seseorang bisa menghasilkan berbagai jenis musik keren.

Bahkan bisa dibilang, bermain gitar merupakan salah satu keterampilan yang cukup mengagumkan, yang mana hampir semua orang menginginkan yang bisa mereka lakukan. Jika kebetulan Anda saat ini sedang ingin belajar bermain gitar, atau bahkan hanya ingin perbaiki keterampilanmu dalam bermain gitar.

Mungkin saja artikel ini bisa bantu Anda dalam melakukan hal tersebut. So, luangkan sedikit waktu Anda untuk menyimak dan membaca cara belajar bermain gitar lengkap yang akan kami ulaskan berikut ini.

Pastikan Anda mempelajari cara belajar bermain gitar yang benar, juga penting sekali agar Anda meluangkan waktu untuk pelajari keterampilan dasar dalam bermain gitar yang baik. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mendapatkan guru, buku, ikut kursus gitar online, atau pun belajar bermain gitar lewat internet.

Selain itu, Anda juga harus selalu ingat agar Anda tidak melewatkan pelajaran apapun agar Anda bisa cepat mahir dalam bermain gitar.  Agar tidak mudah bosan, silakan coba beberapa variasi pada saat bermain gitar.

Seperti yang sudah kami singgung di awal, berikut ini akan kami informasikan kepada Anda beberapa langkah dan cara belajar bermain gitar lengkap yang pastinya mudah sekali untuk Anda praktekkan sendiri nanti.

Silakan di simak ulasannya, lalu langsung coba praktekkan sendiri ya! Kami yakin, dengan cara berikut Anda pastinya akan jadi lebih mudah belajar bermain gitar hingga akhirnya Anda jadi mahir dalam memainkan gitar tersebut.

Belajar Kunci Dasar Gitar

kunci dasar gitar untuk pemula

Sebelum Anda mulai belajar bermain gitar, penting sekali bagi Anda semuanya untuk tahu kunci dasar dalam bermain gitar. Biasanya gitar memiliki sekitar 6 senar, mulai dari senar yang ada di bagian paling bawah hingga yang paling atas sendiri.

Selain itu juga terdapat dua jenis gitar yang bisa dikatakan paling sering digunakan oleh banyak orang, yakni gitar elektrik dan akustik. Meskipun kedua jenis gitar tersebut memiliki nada yang hampir mirip, akan tetapi ada perbedaan dari kedua jenis gitar ini, salah satunya ada pada bagian tuningnya.

Di bawah ini adalah sinar gitar yang bisa menghasilkan nada super keren.

  • Senar 1 hasilkan nada E’
  • Senar 2 hasilkan nada B
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 3 hasilkan nada G
  • Senar 4 hasilkan nada D
  • Senar 5 hasilkan nada A
  • Senar 6 hasilkan nada E

Kunci Gitar A

Chord Kunci Dasar A

Kunci Gitar B

Chord Kunci Dasar B

Kunci Gitar C

Chord Kunci Dasar C

Kunci Gitar D

Chord Kunci Dasar D

Kunci Gitar E

Chord Kunci Dasar E

Kunci Gitar F

Chord Kunci Dasar F

Kunci Gitar G

Chord Kunci Dasar G

Baca juga : √ 2019 Kumpulan Contoh Pantun Cinta yang Romantis

Tips Dasar Bermain Gitar yang Harus Diketahui

Dasar Bermain Gitar untuk pemula

Selanjutnya, sebelum kami membahas tentang cara belajar bermain gitar, ada baiknya Anda ketahui terlebih dulu dasar – dasar bermain gitar. Ini nanti akan semakin memudahkan Anda dalam bermain gitar yang baik dan benar.

Sekadar informasi saja, bahwa belajar bermain gitar ini pastinya tak bisa secara instan, membutuhkan proses yang cukup panjang sekali. Sebab di sini Anda masih harus mengenali dasar dalam bermain gitar, khususnya bagi Anda para pemula. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengenali bagian – bagian gitar

Baik itu jenis gitar elektrik maupun akustik, pada dasarnya semuanya dibuat dari kayu dan juga logam. Selain itu, senarnya sendiri diberi lapisan logam, ini nanti yang akan hasilkan getaran keren untuk kemudian menghasilkan nada – nada yang diinginkan.

Sementara itu untuk bagian tubuh kayunya sendiri bakal hasilkan resonansi suara, supaya bisa menghasilkan nada – nada khas gitar. Adapun bagian – bagian gitar yang harus Anda tahu, diantaranya adalah bagian leher gitar yang biasanya berupa kayu memanjang dan senar pada gitar.

Juga penting sekali untuk Anda tahu bahwa khususnya untuk jenis gitar akustik ini biasanya memiliki bagian lubang suara di bagian tubuhnya. Lalu pada jenis gitar listrik ada tiga elemen pickup magentis. Ini nanti akan sampaikan suara pada amplifier.

Pastikan sudah memegang gitar dengan benar

Meskipun butuh proses yang tak singkat, tetapi cara belajar bermain gitar ini cukup mudah sekali. Setelah Anda sudah tahu bagian – bagian gitar, langkah selanjutnya adalah memastikan Anda sudah tahu juga cara memegang gitar yang benar.

Bila tidak, Anda bisa saja menggunakan tangan kiri untuk menekan senar – senar gitar di leher gitarnya, lalu menggunakan tangan kanan untuk menggosok atau memetik senar yang ada di depan lubang suara.

Untuk bermain gitar, pastikan terlebih dulu gitar yang dipegang ada pada posisi horizontal. Silakan pegang bagian belakang gitarnya agar gitar bisa menyentuh perut dan dada Anda. Selain itu pastikan pula posisi gitarnya bertumpu di kaki Anda. Letakkan digitar di bagian paha Anda, lalu pastikan gitar tersebut ada di pangkuan Anda.

Pakai tangan kiri untuk menahan leher gitar serta menstabilkan suara. Untuk jari jempolnya swendiri bisa digunakan untuk menahan gitar di bagian leher , sementara itu keempat jari ada di bagian datar gitar.

Silakan coba stem gitarnya

Ya, untuk menghasilkan suara yang bagus dan tidak sumbang, maka Anda harus bisa mengatur senar gitarnya tersebut, sehingga bunyi yang dihasilkan bisa terdengar pas. Dalam hal ini Anda bisa pelajari dan hafalkan nama – nama tiap senar yang ada, mulai dari senar yang ada di bagian paling bawah hingga atas, dengan urutan sebagai berikut, yakni E’, B, G, D, A, dan E. Menyetem gitar ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat khusus.

Coba belajar menekan fret pada senar gitar

Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa, fret ini merupakan garis – garis yang dibatasi oleh logam, dan berada tegak lurus di bagian leher gitar untuk pisahkan nada – nada. Silakan Anda coba tekan senar dengan menggunakan ujung jarimu, lalu pastikan pula Anda juga menekan senar sesuai kunci dengan tepat.

Jangan lupa gunakan pick untuk membunyikan gitar

Pick atau yang juga disebut dengan plektrum ini adalah salah satu jenis benda berukuran kecil dan dibuat dari bahan plastik. Biasanya pick tersebut digunakan untuk membunyikan gitar. Nah, Anda bisa kok coba pakai pick ini supaya bunyi yang didapatkan bisa terdengar lebih keren dan tangan Anda pun juga tidak akan terasa sakit pula.

Baca juga : Kumpulan kata kata bijak menyentuh hati

Cara Menyetem Chord Gitar yang Mudah

cara menyetem gitar untuk pemula

Apabila Anda memang ingin tahu cara belajar bermain gitar, itu artinya Anda juga harus alias wajib banget tahu cara stem chord gitar yang benar. Menyetem gitar ini bertujuan agar bunyi yang dihasilkan jadi lebih baik dan pastinya juga akan sangat cocok sekali dengan nada – nada gitar.

Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menyetem gitar, yakni dengan menggunakan tuning standar, tuner, atau oun teknik harmonik. Silakan dipilih yang Anda sukai untuk menyetem gitar elektrik atau pun akustik.

Tak hanya itu, ternyata Anda juga bisa banget menyetem gitar dengan cara manual. Cara tersebut bisa dibilang bisa dilakukan oleh siapapun, tak terkecuali bagi pemula, sebab memang cara ini sangatlah mudah dan sederhana.

  • Pertama pada fret ke-5, silakan tekan senar 6 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 5.
  • Kedua pada fret ke-5, silakan tekan senar 5 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 4.
  • Ketiga pada fret ke-5, silakan tekan senar 4 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 3.
  • Keempat pada fret ke-4, silakan tekan senar 3 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 2.
  • Kelima pada fret ke-5, silakan tekan senar 2 tanpa menekan fret, kemudian sesuaikan nadanya dengan senar 1.

Khususnya untuk para pemula yang ingin tahu cara berlajar bermain gitar, kami yakin Anda pastinya belum tahu atau paham dengan cara – cara di atas. Anda bisa kok mencoba menyetem gitar dengan menggunakan tuning standar.

Alasannya adalah karena tuning standar ini umumnya digunakan untuk lagu – lagu yang ada di pasaran. Anda bahkan juga bisa mencoba menyetem gitar dengan tuning standar secara manual. Caranya sebagai berikut.

  • Pertama – tama, silakan Anda coba dengarkan lagu dengan intro atau pun lagu yang diawali dengan chord E. Sebab, dengan intero maka Anda bisa mengerti nada E walaupun sedang tidak dipetik. Beberapa jenis lagu yang punya intro sebagai permulaan lagu adalah jenis lagu yang berjudul “Tak Bisakah, Bintang di Surga, dan Mimpi Yang Sempurna dari Peterpan”.
  • Langkah berikutnya adalah mencoba mendengarkan beberapa lagu tersebut, jika sudah silakan Anda coba sesuaikan saja nadanya dengan 6 sinar pada gitar Anda.

Tak hanya melakukannya dengan cara manual, Anda ternyata juga bisa menyetem gitar dengan menggunakan instrumen lain. Yang mana dalam hal tersebut Anda bisa coba cocokan nada gitar dengan piano.

Tak hanya gitar bahkan Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk stem bass pula, yang perlu Anda lakukan di sini adalah menyesuaikan nada gitar atau pun bass dengan nada piano. Selain itu pastikan pula nada yang dihasilkan semirip mungkin dengan nada pada pianonya.

Baca juga : Sudah tahu kata kata dilan paling romantis?

Cara Belajar Bermain Gitar untuk Pemula

cara belajar bermain gitar untuk pemula

Menggunakan dan memanfaatkan referensi untuk belajar bermain gitar

Ya, untuk cara belajar bermain gitar pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencoba menggunakan serta memanfaatkan dengan baik referensi yang ada, baik itu lewat internet atau buku panduan belajar gitar.

Seperti yang kita tahu, internet memang sediakan banyak sekali informasi yang dibutuhkan seseorang, tak terkecuali mengenai belajar gitar yang mudah.

Anda bisa lihat kunci – kunci gitar hanya dari internet. Jika masih masih bingung atau justru lupa kunci gitar, maka Anda bisa langsung browsing. Tak perlu waktu lama Anda pastinya akan dapat menyelesaikan semua masalah tersebut dengan baik.

Selain itu, di internet Anda juga bisa temukan banyak sekali jenis lagu plus chordnya. Tak hanya lewat internet saja, jika mau Anda juga bisa belajar kunci serta chord lagu dari buku panduan belajar gitar yang sudah banyak dijual di toko – toko buku yang ada.

Melatih memori otot tangan

Di awal – awal Anda belajar bermain gitar, otot tangan dan jari Anda pastinya akan merasa kurang nyaman dengan posisi kunci – kunci yang bisa dibilang cukup susah tersebut. Makanya di sini Anda perlu membiasakan ototmu dengan posisi tersebut. Silakan biasakan berlatih supaya jari – jari Anda terbiasa dengan letak senar juga fret. Apabila sudah terbiasa, bisa dipastikan Anda akan jadi lebih mudah lagi dalam memainkan kunci pada gitr tanpa melihat sekalipun.

Membangun kekuatan fret jari – jari tangan

Penting sekali bagi Anda untuk membangun kekuatan jari – jari tangan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meremas – remas bola kecil kurang lebih selama 5 menit. Yang demikian ini bertujuan agar jari – jari tangan Anda tidak kaku pada saat digunakan untuk bermain gitar. Tak hanya menggunakan bola, Anda juga bisa menggunakan spons atau pun squishy. Silakan lakukan secara rutin setiap harinya selama 5 menit.

Mulailah dengan belajar satu lagu yang mudah

Cara belajar bermain gitar yang selanjutnya adalah dengan belajar satu lagu yang mudah. Ya, di sini Anda sangat disarankan sekali untuk memilih satu lagu yang mudah, dengan chord yang simpel. Silakan Anda belajar satu lagu tersebut hingga Anda benar – benar bisa memainkannya dengan baik dan lancar. Usahakan agar Anda tidak berpindah ke lagu yang lain sebelum Anda menguasai dengan benar lagu tersebut.

Beberapa jenis lagu yang memiliki chord paling mudah adalah Demi Waktu “Ungu”, Anugerah Terindah “Sheila On 7”, dan beberapa lagu Peterpan. Usahakan jangan dulu memilih lagu dengan chord yang susah, sebab yang demikian ini justru akan membuat Anda semakin sulit lagi dalam belajar bermain gitar.

Belajar bermain gitar secara rutin

Meskipun terasa cukup sulit, akan tetapi agar Anda bisa jadi mahir dalam bermain gitar ada baiknya Anda belajar bermain gitar secara rutin setiap harinya. Jangan sampai Anda malas untuk belajar bermain gitar, agar tangan Anda terbiasa, tidak kaku, dan pastinya bisa nyaman saat memegang gitar. Paling tidak dalam satu harinya Anda sediakan waktu sekitar 1 jam untuk bermain gitar.

Mencari musisi atau gitaris idola

Mencari musisi atau pun gitaris idola juga jadi salah satu hal paling penting pada saat Anda belajar bermain gitar. Sebab yang demikian ini diyakini bisa membuat Anda termotivasi untuk terus belajar bermain gitar hingga mahir agar bisa menjadi seperti sang idola.

Idola biasanya juga bisa mendorong minat seseorang pada saat sedang malar belajar bermain gitar. Silakan Anda cari gitaris idola yang paling baik dan hebat untuk jadi kiblatmu dalam bermain gitar.

Jangan sampai semangatmu justru semakin kendor di tengah jalan saat Anda sudah mulai bosan dan jenuh dalam berlajar bermain gitar. Makanya penting sekali bagi Anda untuk mencari gitaris idola untuk menjaga stabilitas semangat belajar Anda dalam bermain gitar.

Nah, itulah tadi beberapa cara belajar bermain gitar lengkap yang mudah dipraktekkan terbaru 2018. Oh iya, perlu Anda tahu pula bahwa di sini Anda juga harus berhati – hati lagi pada saat belajar bermain gitar, terutama ketika Anda memetik atau mentuning senar paling bawah, yakni senar E tinggi.

Sebab senar ini sangat tipis sekali dan mudah putus. Jauhkah wajahmu untuk menghindari terjadinya luka apabila secara tiba – tiba dan tak disengaja Anda memutuskan senar tersebut ketika mentuningnya. Dan semoga informasi di atas bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.