Lifestyle

Cara Cepat Menuju Bandara Bikin Anti Gagal Naik Pesawat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak orang masih bingung bagaimana caranya pergi ke bandara. Terutama bagi mereka yang pertama kali bepergian menggunakan pesawat terbang. Rasanya pasti resah kalau belum menemukan jawaban besok hendak naik apa.

Sebenarnya banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju bandara terdekat dari rumah Anda. Mulai dari bus kota hingga kereta bandara sudah disiapkan oleh pemerintah untuk menunjang mobilitas Anda.

Semuanya dijamin aman dan nyaman. Namun, kalau masih ragu mau naik apa ke bandara esok hari, silahkan simak informasi aneka moda transportasi yang bisa Anda akses untuk menuju bandara berikut ini.

1. Naik Kereta Bandara

Beberapa kota besar di Indonesia sudah menyiapkan kereta bandara sebagai alternatif transportasi yang aman dan nyaman. Layanan kereta bandara ini tersedia di kota Medan dan DKI Jakarta.

Bagi Anda yang tinggal di Medan, kereta bandara Kualanamu siap melayani perjalanan ke bandara setiap hari. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu untuk bisa menikmati kereta yang nyaman ini.

Bagi Anda yang bertempat di wilayah Jakarta, pemerintah juga sudah menyiapkan kereta bandara Soekarno Hatta yang anti macet. Kereta ini berangkat setiap 30 menit sekali.

Ada lima stasiun yang dilewati oleh kereta bandara Soekarno Hatta, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan yang terakhir adalah Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Tiketnya pun cukup terjangkau, yakni Rp 70 ribu saja.

2. Naik DAMRI Bandara

Siapa yang tidak kenal dengan bus DAMRI yang legendaris ini? Semua orang pasti tahu lah. Terlebih perusahaan angkutan ini milik negara.

Bus DAMRI adalah angkutan resmi menuju bandara yang ada di Indonesia. Sebagai contoh DAMRI bandara Soekarno Hatta. Wilayah cakupan DAMRI di Jabodetabek sangat luas. Tarifnya pun bervariasi tergantung masing-masing rute.

Bus DAMRI dari dan ke bandara Soekarno Hatta di dalam kota Jakarta biasanya dikenakan tarif Rp 40 ribu. Adapun bus DAMRI tujuan Bekasi dan Tangerang dikenakan tarif Rp 45 ribu.

Rute terjauh adalah bus DAMRI dari Merak atau Cilegon menuju ke bandara Soekarno Hatta. Harga tiket yang dikenakan sedikit lebih mahal, yaitu Rp 60 ribu.

3. Cobalah Taksi Online

Taksi yang disediakan oleh penyelenggara jasa angkutan online ini bisa disebut sebagai sewa kendaraan secara pribadi sih. Argo yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan penyelenggara jasa angkutan online.

Anda hanya perlu install aplikasi jasa angkutan online ini di ponsel pintar dan memasukan beberapa data penting sebelum bisa menggunakan layanan taksi online. Setelah itu Anda bisa langsung melakukan pemesanan dan taksi online menjemput Anda tepat di depan pintu rumah.

4. Taksi Konvensional Juga Bisa

Perbedaan taksi online dan taksi konvensional tidak terlalu banyak sih, sama-sama jasa menggunakan angkutan secara pribadi. Perbedaannya adalah taksi konvensional menggunakan plat warna kuning, sopirnya biasanya menggunakan seragam, dan tarif yang dibayarkan sesuai dengan argo.

Untuk wilayah Jakarta, biasanya argo pertama saat kita membuka pintu ada di kisaran Rp 6.500 per kilometer. Untuk kilometer selanjutnya, Anda akan dikenakan argo sebesar Rp 4.100 per kilometer.

Namun acapkali di kota besar terjadi kemacetan. Apabila Anda menggunakan taksi online harus diingat bahwa argo akan terus berjalan walaupun Anda terjebak di kemacetan.

5. Naik Kendaraan Pribadi

Pilihan transportasi lain yang bisa Anda ambil adalah menggunakan kendaraan pribadi. Apabila Anda memiliki mobil pribadi akan lebih baik menggunakan mobil tersebut di masa pandemi seperti ini.

Mobil sendiri biasanya jauh lebih terjaga kebersihannya karena setiap hari memang Anda rawat. Dari sisi waktu, naik mobil pribadi juga lebih fleksibel. Anda bisa berangkat kapanpun Anda mau.

Tak perlu khawatir apabila Anda menyetir mobil sendiri tanpa menggunakan sopir dan harus meninggalkan mobil di bandara. Pelabuhan udara di Indonesia sudah menyiapkan tempat parkir yang aman dan nyaman bagi kendaraan pribadi Anda.

6. Naik Travel

Saat ini tidak semua kota memiliki bandara. Walhasil apabila ada penduduk di suatu daerah yang akan bepergian menggunakan pesawat maka dia harus mengambil penerbangan di kota terdekat.

Sebagai contoh, naik pesawat dari bandara di kota Malang biasanya menjadi pilihan transportasi bagi penduduk di kota Malang, Blitar, Kediri, dan Tulungagung daripada bandara Juanda di Surabaya. Hal ini dikarenakan jarak tempuh dari kota mereka ke Surabaya lebih jauh daripada ke kota Malang.

Jarak yang jauh dari kota yang belum memiliki bandara ke kota yang memiliki tentunya bukan hambatan lagi. Sebab saat ini banyak sekali jasa travel yang menyediakan layanan pengantaran dari depan rumah menuju bandara. Satu mobil travel biasanya diisi maksimal 5 orang.

Tarif jasa travel ini juga bervariasi tergantung jarak masing-masing kota menuju bandara. Biasanya sih berkisar antara Rp 100.000 – Rp 200.000. Cukup terjangkau kan.

Pastikan Anda tiba di bandara 2 jam sebelum keberangkatan untuk check in dan pemeriksaan dokumen keberangkatan. Terutama di masa PPKM Level 4 diberlakukan usahakan untuk hadir lebih awal minimal 3 jam sebelum keberangkatan.

Itu dia aneka moda transportasi yang bisa Anda pilih untuk bepergian dari rumah menuju bandara terdekat di kota Anda. Jangan lupa cek juga harga tiket pesawat di promo tiket di Traveloka. Anda juga bisa pesan berbagai kebutuhan wisata lainnya melalui Traveloka Lifestyle SuperApp lho. Tidak perlu banyak aplikasi karena semua kebutuhan perjalanan Anda ada di Traveloka.

Semoga informasinya bermanfaat dan tetap taat prokes dimanapun Anda berada ya.

Write A Comment

seven − six =

Pin It