Investasi

Punya Modal 1 Juta? Inilah Deretan Jenis Investasi yang Bisa Kamu Coba

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika kamu memiliki uang nganggur 1 juta setiap bulannya, bisa lho melakukan investasi. Uang 1 juta tersebut merupakan sisa-sisa gajian yang sudah dipotong tabungan, biaya kebutuhan sehari-hari sampai dana darurat. Intinya, perlu uang yang nganggur supaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat investasi, kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi, tabungan juga masih aman.

Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu pilih. Salah satu yang paling happening banget untuk dicoba adalah investasi kripto yang dianggap memberikan cuan atau keuntungan yang cepat. Kamu bisa melakukan investasi aset kripto di Pluang sekarang atau setelah mempelajari berbagai metode investasi seperti berikut ini.

Dengan uang satu juta kamu sudah bisa memilih berbagai jenis investasi seperti berikut ini,

Jenis Investasi Yang Menguntungkan

investasi aset kripto

1. Investasi Emas

Bagi yang masih pemula dalam bidang investasi, sebagian besar memilih emas untuk mengamankan uangnya. Karena bisa dibilang jenis investasi ini memiliki resiko sangat kecil dengan keuntungan yang cenderung naik. Tidak hanya itu saja kelebihan lainnya dari investasi emas ini adalah sangat mudah untuk dicairkan. Jadi jika butuh sewaktu-waktu, gampang dijual. Harga dari emas ini juga terjangkau, bisa disesuaikan dengan uang yang dimiliki.

Untuk pilihan emas yang akan dijadikan investasi, bisa batangan (Antam) atau dalam bentuk perhiasan. Beberapa tahun terakhir ini, emas Antam lebih banyak dipilih untuk investasi. Bagi yang belum terlalu familiar, emas Antam ini merupakan emas bentuk batangan yang dibuat oleh PT. Antam Atau Aneka Tambang.

Emas Antam memiliki ciri tertentu sehingga sangat sulit untuk dipalsukan. Selain itu ada sertifikat khusus atau surat berharga berisi informasi mengenai emas Antam saat kamu membelinya. Untuk mendapatkannya juga sangat gampang. Sudah banyak tempat-tempat resmi yang menawarkannya, salah satunya di PT Pegadaian. Bisa dibeli langsung atau lewat online.

2. Investasi Reksadana

Dibandingkan dengan emas, investasi reksadana memang kurang populer di telinga masyarakat. Meski begitu, sama-sama menguntungkan jika dilakukan dengan teknik yang tepat dan perencanaan yang matang. Modal yang dibutuhkan juga sangat kecil, bahkan mulai belasan ribu.

Reksadana sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang nantinya mengumpulkan uang dari para pemodal atau investor dan akan dikelola oleh Manajer Investasi setelah sebelumnya dipaparkan Portofolio Efek.

Sejauh ini yang paling banyak diminati, jenis reksadana adalah pasar uang. Apalagi belakangan ini semakin banyak platform online yang menawarkan investasi reksadana dengan modal sangat ringan atau kecil, tambah diminati lagi jenis reksadana pasar uang ini.

Padahal jika ditelisik lebih jauh lagi, jenis investasi reksadana banyak sekali selain pasar uang. Ada reksadana pendapatan tetap, dana terproteksi, campuran, indeks, sampai dengan saham. Setiap jenis reksadana memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Menabung Deposito

Bagi kamu yang tidak terlalu tertarik dengan investasi beresiko besar, bisa memilih deposito. Secara mudahnya, sebenarnya memasukkan uang ke deposito ini kurang lebih sama dengan menabung. Bedanya, deposito tidak bisa ditarik sewaktu-waktu. Karena itulah deposito juga disebut dengan tabungan berjangka. Ada yang memilih 1 bulan, 6 bulan, 1 tahun sampai dengan 2 tahun.

Perbedaan lainnya dari menabung, nilai bunga yang ditawarkan deposito lebih besar. Bagi yang berinvestasi di Bank Indonesia atau BI, keuntungan yang didapatkan bisa 4,5 persen. Dan di bank-bank umum lebih tinggi lagi mencapai 5 persen. Tapi memang, jika dibandingkan dengan investasi lainnya, keuntungan di deposito ini relatif kecil dan cukup lama.

Namun dalam hal keamanan, deposito sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Jadi tidak perlu was-was lagi tertipu investasi bodong.

4. Investasi Aset Kripto

Pilihan lainnya adalah investasi aset kripto. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, investasi ini sedang banyak banyak diperbincangkan dan diminati orang-orang. Karena memberikan keuntungan yang besar dan cepat. Selain itu, modal yang diperlukan untuk memulai investasi ini juga kecil, uang 1 juta pun sudah sangat cukup untuk memulainya.

Meski modal kecil, jangan salah ya, profit yang didapatkan bisa berkali-kali lipat. Nah, aplikasi Pluang menawarkan berbagai jenis kripto yang bisa dibeli Harganya mulai dari Rp 10.000. Dengan uang 1 juta, kamu bisa membeli berbagai jenis aset kripto.

Beberapa jenis kripto yang bisa dibeli di aplikasi Pluang antara lain Bitcoin, Ethereum, Binance, PolkaDot, Cardano, Chainlink, Litecoin, sampai dengan Ripple. Setiap jenis kirito dapat dibeli dengan minimal pembelian berbeda, mulai dari Rp 10 ribu sampai dengan Rp 150 ribu.

5. Investasi Saham

Investasi saham juga banyak sekali dikenal karena memberikan return yang tinggi. Peminatnya pun datang dari orang muda sampai tua. Namun, tingginya profit yang diterima juga berbanding lurus dengan risiko yang akan diterima. Meski begitu tentu saja hal tersebut tidak menghalangi banyak orang untuk melakukan investasi jenis ini. Banyak orang malah merasa tertantang untuk menaklukkannya.

Kamu yang tertarik untuk investasi saham, pahami betul bagaimana ‘cara mainnya’. Investasi jenis ini juga tidak memerlukan banyak modal. Dengan 100 ribu saja kamu bisa mencobanya. Banyak perusahaan di Indonesia yang sepertinya cuan untuk segera dibeli sahamnya, jadi teliti dengan betul sebelum memutuskan untuk membeli.

Cukup sekian pembahasan tentang berbagai jenis investasi yang bisa kamu lakukan dengan modal uang 1 juta. Pilih satu, dua atau bahkan beberapa untuk mencoba mana sekiranya jenis investasi yang paling profit. Jangan takut untuk mencoba ya.

Write A Comment

two × five =

Pin It