fbpx

Cara Mudah! Mendapatkan Ratusan Backlink Gratis Tanpa Link Building

Mendapatkan backlink gratis – kita semua sudah tahu bahwa mendapatkan backlink berkualitas merupakan cara untuk memastikan bahwa website kita menjadi nomor 1 di google! Pertanyaan selanjutnya : Bagaimana sih cara kita mendapatkan backlink gratis yang berkualitas?

Salah satu cara yang sekarang saat umum digunakan adalah menggunakan content placement dan guest post. Yang menjadi kekurangan dari metode ini adalah kita harus : (1) membuat artikel yang bagus ; (2) menghubungi admin dari website yang kita incar ; dan (3) kita perlu membayar nominal tertentu.

Namun, ternyata ini bukan satu – satunya cara loh. Kita bisa mendapatkan backlink secara gratis. Gratis … Tiss. Tiss!

Cara Mendapatkan Backlink Gratis

#1 – Membuat Data Statistik

Cara Mendapatkan Backlink Gratis - 2 - Mulai membuat data statistik

“Statistik Akan Mendapatkan Backlink”. Jadi buatlah data statistikmu sendiri.

Itu dia kata kuncinya!

Apakah kamu sadar bahwa seseorang akan menyebarkan website milik kita ketika kita memerlukan data yang relevan? Yup! Website kita tentunya akan mendapatkan backlink gratis ketika hasil riset kita digunakan dan disebarkan oleh banyak orang. Hal ini terjadi juga loh ketika kita menggunakan hasil riset dari orang lain. Jadi bukanlah sesuatu yang aneh bukan.

Dalam pembuatan statistik, tentunya kita perlu menyajikan data tersebut dalam bentuk terbaik. Cara menyajikan data statistik pun bisa bermacam – macam seperti diagram lingkaran, diagram batang, diagram garis ataupun infographic.

#2 – Artikel Unik

Cara Mendapatkan Backlink Gratis - 3 - artikel unik

Setelah kamu mengetahui bahwa statistik akan membuat kamu mendapatkan backlink gratis, tentunya kamu mulai berpikir : “Hmm… saya mau buat statistik apa ya?”.

Jawabannya : KAMU bisa buat statistik tentang apapun.

Seperti saya membuat infographic mengenai 3 alasan mengapa instagram booming.

Atau kita buat studi kasus ketika saya ingin membuat kedai kopi favorit, tentunya saya harus melakukan riset mengenai biji kopi aja saja yang digunakan? Bagaimana cara mengolah biji kopi tersebut? Saya nanti mau jualan di mana? Berapa banyak karyawan yang saya perlukan? Nanti dijual dengan harga berapa? Mungkin semua  itu bisa saja ada di google.

Tapi saya memilih cara yang lebih sulit untuk mendapatkan data – datanya. Saya akan melakukan wawancara terhadap beberapa pemilik kedai kopi untuk melihat mereka mengolah segelas kopi dari hulu sampai dengan hilir. Dari cara memilih biji kopi sampai menyajikan segelas kopi kepada customer.

#3 – Mendapatkan Informasi dari Ahlinya

Cara Mendapatkan Backlink Gratis - 4 - mendapatkan infor dari ahlinya

Artikel yang kita buat tentunya akan menjadi unik dan berkualitas karena kita telah melakukan wawancara kepada praktisi yang ahli di bidangnya. Siapa yang dapat menyangsikan hasil dari riset yang kamu lakukan?

Praktisi tersebut tentunya tidak memiliki waktu untuk membuat post bukan? Itulah keunggulan kamu. Kamu dapat mengirimkan email atau WA kepada mereka untuk mendapatkan informasi yang kamu perlukan.

Janganlah berpikir bahwa hal ini akan memerlukan waktu yang lama.

Kamu hanya perlu mengirimkan daftar pertanyaan melalui email atau WA. Setelah 1 minggu, yakinlah ada orang yang akan menjawab pertanyaanmu itu! Ketika data tersebut sudah terkumpul, merupakan hal yang mudah untuk merangkainya menjadi sebuah content.

#4 – Sebarkan Artikel

Cara Mendapatkan Backlink Gratis - 5 - sebarkan artikel

Hasil kerja keras kalian dapat kalian sebarkan kembali kepada para relawan yang ikut memberikan sumbangsih data melalui email / WA. Howie yakin bahwa mereka akan dengan senang hari menyebarkan kembali hasil riset tersebut karena nama mereka tercantum di situ.

Selain itu, kalian juga dapat menyebarkan melalui media social. “Jemput Bola” merupakan sebuah cara akhir memastikan dunia mengetahui content tersebut.

Nah, itu dia cara Howie untuk mendapatkan backlink gratis dan berkualitas. Share ya kalau kalian berhasil mengikuti jejak tersebut. Atau share juga cara kalian untuk mendapatkan backlink berkualitas tapi gratis. Hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.