Inspirasi

5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

Pinterest LinkedIn Tumblr

cara mengatasi batuk berdahak – Batuk merupakan penyakit yang meskipun ringan namun sangat mengganggu dan membuat penderitanya tidak nyaman, tapi terkadang ada juga batuk yang mengindikasikan terkena penyakit berat seperti TBC maupun paru-paru basah.

Dikutip dari alodokter, batuk merupakan suatu reaksi pada tubuh yang merespon benda asing yang masuk melalui sistem pernafasan seperti debu, polusi maupun zat allergen (zat yang dapat mengakibatkan alergi). Reaksi tersebut terjadi ketika otak mengirimkan sinyal melalui saraf tulang belakang ke otot-otot yang berada di dada dan perut untuk mengeluarkan zat yang masuk tersebut.

Ketika otot-otot tersebut berkontraksi maka zat akan keluar melalui sistem pernafasan yang kemudian terjadilah batuk. Adapun jenis batuk terdiri dari dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk berdahak disebabkan ketika tubuh mengeluarkan lebih banyak lendir pada saluran pernafasan sehingga batuk yang keluar akan di sertai cairan lendir atau dahak, untuk itu agar terhindar dari batuk berdahak yang mengganggu berikut beberapa cara mengatasi batuk berdahak.

Baca juga : 8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan [Runner Wajib Baca]

5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak

#1. Lemon dan Jeruk Nipis

cara mengatasi batuk berdahak dengan lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi serta anti bakteri alami yang berkhasiat untuk membasmi bakteri yang masuk kedalam tubuh.

Cara menggunakan lemon sebagai obat alami batuk adalah dengan ambil satu buah lemon kemudian potong menjadi dua, setelah itu peras dan ambil air perasannya kemudian minum dengan dicampur menggunakan air hangat sedikit saja dan madu secukupnya.

#2. Minyak Astiri

cara mengatasi batuk berdahak dengan minyak atsiri

Minyak astiri adalah adalah minyak essensial yang di buat dengan campuran tumbuh-tumbuhan yang di suling. Banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh dari minyak esensial astiri ini terutama sebagai obat alami yang dapat membantu meredakan beberapa penyakit salah satunya adalah batuk berdahak.

Minyak astiri sangat efektif untuk meredakan batuk berdahak karena mengandung anti virus dan anti bakteri alami yang yang bagus bagi tubuh. Cara menggunakannya adalah dengan oleskan minyak astiri ini pada tenggorokan anda, tunggu beberapa saat maka akan terlihat reaksinya yaitu batuk akan mereda dan lendir atau dahak akan keluar saat batuk dan anda merasa lega.

#3. Daun Sirih

cara mengatasi batuk berdahak dengan daun sirih

Daun sirih sudah lama dikenal dengan daun yang memiliki antiseptic alami yang dapat di gunakan untuk berbagai obat antiseptic yang manjur, diantaranya adalah sebagai obat alami untuk meredakan batuk berdahak. Antiseptic yang terdapat pada daun sirih dapat menjadikan tenggorokan lega dan lendir atau dahak akan perlahan lahan menghilang.

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu ambil beberapa lembar daun sirih kemudian di rebus, untuk lebih memaksimalkan fugsi daun sirih sebagai obat batuk berdahak maka anda perlu menambahkannya dengan jahe. Rebus beberapa lembar daun sirih dan jahe secukupnya, kemudian ambil air rebusan tersebut untuk diminum. Minum minimal satu kali sehari agar pernafasan anda lancar dan terbebas dari dahak.

#4. Minyak Kayu Putih

cara mengobati batuk berdahak dengan minyak kayu putih Kandungan dalam minyak kayu putih juga bisa membuat pernafasan menjadi lega dan lendir atau ingus keluar dengan mudah. Caranya cukup oleskan minyak kayu putih ke tenggorokan, perut dan dada akan badan terasa hangat, tunggu hingga beberapa menit sampai bereaksi.

Itulah beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengurangi gejala batuk berdahak dan mengobatinya. Usahakan untuk selalu jaga kondisi tubuh anda agar tidak lemah dan mudah terserang flu, karena flu pada umumnya menyerang penderita yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit dan kurang sehat.

#5. Air Putih Hangat

Salah satu pilihan terbaik dalam mengobati batuk berdahak adalah dengan minum air putih hangat. Suhu hangat pada air mempunyai fungsi utama untuk mengencerkan lendir sehingga nantinya lebih mudah dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk menjaga selaput lendir tetap lembap sehingga akan melegakan tenggorokan Anda.

Meskipun hal ini terlihat sepele, memang Howie akan minum air puti terbilang cukup ampuh. Pengalaman membuktikan ketika Anda minum air putih hangat, maka batuk Anda akan mereda dan keadaan menjadi jauh lebih baik. Segala gejala seperti tenggorokan sakit, suara serak, dan nyeri pada bagian perut akan hilang dengan perlahan.

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

Itulah 5 cara mengatasi batuk berdahak dengan menggunakan bahan alami. Semoga Anda yang terkena batuk berdahak bisa segera sembuh. Stay healthy! Stay strong!

Write A Comment

thirteen − 2 =

Pin It