8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan [Runner Wajib Baca]

Manfaat buah semangka – Di tengah teriknya matahari, howieandbelle rasa tidak ada yang lebih segar daripada sepotong buah semangka. Buah semangka merupakan salah satu buah yang kerap dijadikan pencuci mulut setiap kali Anda selesai makan.

Buah ini sangat disukai oleh banyak orang karena warnanya yang cerah dan menyegarkan serta dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Walaupun murah, ternyata buah semangka tidaklah murahan karena manfaat buah semangka sangat baik untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah semangka diketahui merupakan anggota keluarga dari tanaman berbunga yang bernama Cucurbitaceae. Buah ini memiliki nama ilmiah Citrullus Lanatus) dan dikenal sebagai tanaman merambat yang ternyata! Berasal dari negara – negara Afrika Selatan dan kemudian mulai menyebar secara meluas hingga ke seluruh dunia.

Walaupun berasal dari Afrika, ternyata negara yang memproduksi buah semangka paling banyak adalah China, Iran dan Turki. Sampai dengan saat ini, riset memperkirakan bahwa terdapat lebih dari 1200 varietas semangka yang tumbuh di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan buah semangka dapat ditumbuhkan dengan mengombinasikan bibit unggul dari berbagai varietas. Beberapa varietas yang terkenal adalah Sugar baby, Sangria, Starlight, Jubilee, dan Starbrite.

Kandungan Gizi Pada Buah Semangka

Kandungan gizi pada buah semangka

Apa sih kandungan terbesar pada buah semangka? Howie yakin Anda bisa menebaknya! Yup betul. AIR. Hampir 90% dari buah semangka adalah air sehingga menjadi buah semangka sebagai buah yang menyegarkan dan dapat membantu hidrasi tubuh.

Satu porsi buah semangka atau sekitar dua potong buah semangka mengandung 80 kalori dan 21 gram kabohidrat. Walaupun buah semangka mengandung gula sebesar 17 gram, ternyata gula tersebut baik untuk kesehatan. Gula yang baik ini bernama fructose atau gula buah. Namun ingat, tidak semua gula baik untuk kesehatan.

Gula buah atau fructose dapat kita temukan hampir di semua buah dan sangat baik untuk kesehatan karena mudah diserah oleh tubuh sehingga kandungan gula dalam darah tidak meningkat secara tidak karuan seperti ketika Anda memakan permen atau cokelat.

Buah semangka merupakan buah yang kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Sebagai contoh buah semangka juga mengandung niacin, thiamin, zink, magnesium dan kalium dapat membantu mengatasi keram otot. Terlebih lagi! Kandungan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang tinggi pada buah semangka dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

khasiat buah semangka bagi kesehatan

Sementara buah semangka memiliki rasa yang manis dan memberikan kesegaran bagi kita yang memakannya, terdapat lima khasiat buah semangka yang membuat Anda harus memakan buah semangka sekarang juga!

#1 : Meningkatkan Kinerja

Salah satu khasiat buah semangka yang terbaik adalah dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan oksigen secara efisien. Hal ini dikenal dengan istilah VO2 max. Jadi secara tidak langsung tubuh Anda akan selalu terasa segar dan kebugaran tubuh Anda bertambah secara tajam.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lori Nedescu, R.D – seorang pelari marathon dan nutrisionist – ,”buah semangka mengandung asam nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah dan kemampuan darah mengikat oksigen.” Mengemil buah semangka secara rutin dipercaya dapat membantu Anda dalam jangka panjang karena Anda tidak akan mudah merasa lelah.

Baca juga : 10 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Sehat dan Aman Untuk Dikonsumsi!

#2 : Membantu Pemulihan

Makan karbohidrat setelah berolahraga memiliki manfaat yang sangat dianjurkan untuk mengisi ulang glycogen. Namun ada baiknya, Anda jangan langsung makan setelah berolahraga. Berikan jeda 30 menit sampai 1 jam dan barulah Anda dapat mulai makan sehingga seluruh nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Kita jadi tahu kan bahwa makan karbohidrat setelah makan sangat penting untuk pemulihan, tetapi terkadang walaupun sudah makan kita akan tetap merasa lapar. Jadi menyantap buah semangka setelah berolahraga merupakan cara yang sangat manjur untuk memastikan asupan dalam porsi yang pas. Dalam 1 sajian buah semangka memiliki kandungan 21 gram karbohidrat dan ini sangat cocok untuk mengisi ulang cairan dan nutrisi tubuh.

Anda juga dapat melengkapi asupan tersebut dengan sedikit protein, seperti greek yoghurt. Howie yakin Anda akan mendapatkan tubuh Anda sangat segar setelahnya!

#3 : Mengurangi Rasa Sakit

Jus buah semangka sangat kaya akan kandungan  asam amino L-cirulline. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa meminum jus buah semangka setelah berolahraga memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri otot setelah berlatih. Anda dapat minum jus buah semangka atau membuat smoothie dengan resep favoritmu!

#4 : Menghindari Dehidrasi

Manfaat buah semangka yang berikutnya adalah menghindari dehidrasi. Tidak perlu heran karena buah semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Berdasarkan USDA, satu takaran saji dari buah semangka mengandung 140 mililiter atau lebih dari setengah gelas air.

#5 : Mencegah Kanker

Khasiat buah semangka yang satu ini memang memberikan harapan bagi anak – anak muda. Buah semangka mengandung lycopene yang tinggi dan dipercaya dapat membantu pria untuk mencegah kanker prostat. Mengonsumsi buah semangka dengan es green tea dapat membuat Anda bisa mendapatkan manfaat antioksidant secara maksimal.

#6 : Mencegah Impoten

Disfungsi ereksi (impotensi) merupakan suatu kondisi di mana pria tidak mampu mempertahankan ereksi secara optimal saat berhubungan intim.  Pria yang mengalami impotensi akan mengalami kesulitan untuk melakukan penetrasi ke dalam vagina.

Menurut Bhimu Patil, seorang professor di Texas A&M University, buah semangka memiliki kandungan asam amino yang unik, citrulline, di dalamnya. Citrulline dipercaya mampu dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah yang mengalir ke dalam penis meningkat. Dengan begitu, seorang pria dapat dengan mudah mengalami ereksi saat dia merasa terangsang.

#7 : Mengontrol Diabetes

Diabetes merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kita memproduksi sangat sedikit hormone insulin. Hormon Insulin merupakan hormon yang bertugas untuk mengatur kadar gula dalam darah. Semangka memiliki GI (indeks glikemik) yang tinggi dan GL (beban glikemik) yang rendah sehingga menjadikan buah semangka direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengontrol kadar gula di dalam. Pastikan Anda mengonsumsi buah semangka secukupnya ya.

#8 : Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet, ternyata buah semangka dapat membantu Anda untuk dapat sukses dalam program tersebut loh. Buah semangka mengandung serat yang sangat tinggi sehingga membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Dengan begitu, secara tidak langsung buah semangka dapat memicu penurunan berat badan secara sehat dan alami.

Nah, Anda jadi tahu kan bahwa di balik rasa buah semangka yang enak dan sangat menyegarkan, ternyata mempunyai khasiat yang sungguh luar biasa. Itu adalah ulasan delapan manfaat buah semangka untuk tubuh kita, dan ternyata masih banyak jarang diketahui. Jadi jangan sungkan untuk share informasi ini di social media Anda ya. Semoga bermanfaat.

Buah semangka ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Ini dia ulasannya!Click To Tweet

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.