Inspirasi

[Terbukti!] 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Dengan Cepat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat – Ketika anda pilek dan flu, salah satu hal yang mengganggu adalah hidung mampet atau hidung tersumbat yang menyebabkan anda tidak nyaman dan susah untuk bernafas.

Hidung tersumbat biasa terjadi karena lendir atau ingus yang harusnya keluar namun terhambat dan mengendap di hidung sehingga anda harus mengeluarkannya agar pernafasan anda kembali lancar dan hidung anda kembali lega.

Namun meskipun lendir atau ingus sudah di buang biasanya lendir atau ingus tersebut akan datang lagi dan menyebabkan hidung anda tersumbat lagi sehingga anda harus berkali kali membuangnya.

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Untuk itu, berikut kami berikan beberapa cara mengatasi hidung yang tersumbat yang sangat mengganggu diantaranya adalah sebagai berikut.

#1 – Minum air hangat

mengatasi hidung tersumbat dengan minum air hangat

Yang pertama untuk cara alami mengatasi hidung tersumbat adalah cukup sederhana yaitu dengan menggunakan air hangat, anda cukup dengan meminum air hangat ketika hidung anda mulai tersumbat karena air hangat dapat mencairkan lendir yang megendap yang terdapat pada hidung anda.

Caranya ambil air hangat dalam gelas secukupnya kemudian bisa anda campurkan dengan teh, lemon, mint atau bahan yang mengandung antiseptik sehingga disamping anda lega meminum air hangat juga dapat menjadi obat untuk hidung anda yang tersumbat.

#2 – Mengkonsumsi makanan pedas

cara mengobati hidung tersumbat dengan makanan pedas

Cara ini mungkin adalah cara yang paling menyenangkan apalagi untuk anda penggemar makanan pedas, caranya adalah cukup memakan makanan yang pedas maka nanti otomatis ketika anda merasa kepedasan lendir atau ingus akan keluar dengan sendirinya karena dipercaya rasa pedas yang anda makan dapat merangsang otak untuk mengeluarkan ingus yang ada di hidung.

Bahkan meskipun anda sedang sehat dan hidung anda tidak tersumbat pun hidung anda akan refleks dapat mengeluarkan ingus karena saking pedasnya makanan yang anda makan.

#3 – Menggunakan semprotan saline atau dekongestan

cara mengatasi hidung tersumbat dengan semprotan saline

Kalau yang satu ini bukan obat-obatan alami, tapi obat yang sudah banyak di jual di pasaran terutama di apotik-apotik.

Semprotan saline atau dekongesten ini terbukti ampuh mengatasi hidung tersumbat karena kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu yang dapat menyebabkan hidung menjadi lebih lembab sehingga lendir atau ingus akan keluar dengan sendirinya. Selain itu, semprotan saline atau dekongesten juga membuat hidung anda lega dan memberi efek yang segar dan plong.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara semprotkan larutan saline atau dekongesten ke hidung yang tersumbat kemudian diamkan dan ulangi lagi setelah sepuluh menit. Hidung anda akan dengan sendirinya mengeluarkan ingus atau lendir dan anda akan terbebas dari hidung tersumbat, untuk mendapatkan cairan saline atau dekongesten anda dapat dengan mudah mencarinya di apotik-apotik dan biasanya sudah di kemas dalam kemasan botol semprot.

#4 – Kompres hidung dengan air hangat

cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan kompress air hangat

Cara ini juga ampuh untuk bayi anda yang sedang flu dan pilek serta hidung tersumbat, karena kompres tidak memiliki efek samping apapun.

Caranya cukup siapkan air hangat dan handuk kering kemudian masukan handuk ke air panas dan peras, tempelkan pada hidung anda. tunggu beberapa saat maka hidung anda akan lebih lega dan ingus akan keluar.

#5 – Menggunakan uap air panas

cara mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan air hangat

Cara lain untuk mengobati hidung tersumbat secara cepat adalah dengan mengencerkan dan mengalirkan lendir / ingus keluar melalui hidung. Cara praktisnya adalah dengan memberikan uap air hangat kepada anak.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasak air panas dengan menggunakan panci. Apabila telah mendidih, tuangkan air panas tersebut ke dalam wadah dan letakkan di ruangan tertutup. Hal ini bertujuan untuk membuat sauna portabel di rumah. Selanjutnya, Anda dapat berdiam diri di dalam ruangan tersebut selama 15 – 20 menit atau sampai pernapasan Anda menjadi lega.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan ketika anda sedang mengalami flu dan pilek yang menyebabkan hidung tersumbat. Selalu jaga kesehatan dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin C agar terhindar dari flu dan pilek yang mengganggu.

Write A Comment

13 − 2 =

Pin It